Penyebab Kenapa Instagram Checkpoint Required dan Memperbaiki

Cara mengatasi Instagram Checkpoint Required dan penjelasan penyebab utama terjadinya error tersebut di akun IG. Belakangan tidak sedikit pengguna Instagram yang mengalami akun IG mereka bermasalah. 

Awalnya ketika login atau mau masuk ke akun IG mendadak tidak dapat diakses lalu muncul sebuah notifikasi. Pemberitahuan yang juga mengalihkan pengguna dari halaman utama (Timeline Instagram) ke laman khusus. 

kenapa instagram checkpoint required

Notifikasinya muncul berwarna merah "Instagram Checkpoint Required". Menandakan seolah akun sedang mengalami masalah dan error yang harus segera diperbaiki.

Namun, pihak Instagram sendiri tidak menjelaskan kenapa hal ini terjadi di banyak user sekaligus dalam satu waktu. Bahkan mereka pun tidak memberikan panduan atau solusi sehingga pengguna terpaksa harus memecahkan masalahnya sendiri. 

Arti dan Maksud Instagram Checkpoint Required

Instagram Checkpoint Required merupakan notifikasi atau warning pada akun IG yang terdeteksi adanya aktivitas mencurigakan. 

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor utama. Umumnya akibat pengguna login di perangkat baru atau yang sebelumnya tidak pernah digunakan. 

Di musim lebaran seperti ini, banyak user yang memiliki smartphone atau laptop baru. Sehingga kemungkinan mereka untuk login di device barunya itu juga lebih besar. 

Sehingga potensi terkena error warning Instagram Checkpoint Required (Pemeriksaan Diperlukan) itu juga lebih tinggi. Lantas apa solusi dari semuanya?

Cara Mengatasi Instagram Checkpoint Required

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan jika akun Instagram mengalami error demikian. Berikut merupakan rangkuman tim Kibezaka untuk melewati atau mengatasi Instagram Checkpoint Required.

Verifikasi dengan Nomor HP atau Email

Instagram akan meminta otentikasi ketika login, untuk memastikan bahwa kamu adalah pemilik asli akun IG tersebut. 

Ada beberapa opsi untuk mengirimkan kode. Bisa lewat email atau nomor telepon. Nantinya sebuah kode dikirim dan harus dimasukkan ke kolom yang diberikan, lalu tap "Submit" atau Send.

Bug Instagram

Karena terjadi di banyak pengguna, bukan cuma satu atau dua orang saja dan kejadiannya pun juga dialami user Instagram di negara lain. 

Asumsi adanya bug Instagram yang menyebabkan pengguna harus memverifikasi kepemilikan akun memang bukan tidak mungkin. 

Jumlah Follow yang Masif

Jika kamu merasa jumlah following IG yang terlalu banyak atau mengikuti banyaknya akun Instagram orang lain belakangan ini, maka saran kami lakukan pembersihan atau perampingan. Baca: 12 Aplikasi Unfollow Instagram Terbaik.

Pencegahan terbaiknya ialah dengan menghindari penggunaan tools seperti Auto Like atau penambah followers secara instan.

Update Aplikasi IG

Jika memang ada bug yang jadi penyebab, maka solusi terbaiknya adalah menunggu update dari Instagram. Kamu bisa cek Google Play (Android) atau App Store (iOS) secara berkala untuk mengetahui apakah ada pembaruan. Jika ada, langsung saja update. 

Hapus Data dan Cache

Cache adalah file sampah di aplikasi yang aman jika dihapus, sementara data itu lebih penting. Kalau menghapus data, artinya kamu akan otomatis logout atau keluar dari semua akun IG. 

Jika tidak masalah dan pastikan ingat username serta sandi pada semua akunnya, maka bisa hapus Data serta Cache secara bersamaan. Menghapus data berarti juga hapus Cache, sementara kalau hanya Cache yang dihapus maka Data tidak terhapus.

Uninstall dan Install Ulang

Menginstal ulang dengan mencopot pemasangan lalu lakukan pemasangan aplikasi kembali bisa jadi solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan Instagram Checkpoint Required. 

Anda bisa mencoba semua langkah yang telah dijelaskan tadi untuk mengatasi Instagram Checkpoint Required pada ponsel Android dan iPhone.