3 Cara Mengatasi Video YouTube Shorts Buram dan Blur Saat Diputar

Permasalahan dan solusi memperbaiki video Shorts blur dan buram & tidak jernih saat diputar/diunggah ke YouTube. Jadi ini dialami oleh saya juga saat upload Shorts ke channel YT saya yang baru lima belas ribu subscribers. 

Ketika akan unggah satu video unik ke Shorts YouTube untuk pertama kalinya memang kualitas video cukup jernih kalau dicek dari galeri di smartphone. 

mengatasi video youtube shorts buram

Sayangnya saat berhasil diunggah dan diputar di YouTube, itu videonya sangat berbeda dalam hal kualitas yang notabene lebih buruk, buram dan kualitas rendah alias blur. 

Ibaratnya kalau digambarkan itu di HP 1080p, tapi ketika diupload turun drastis jadi 240p. Sangat mengganggu sekali bukan? Tentu saja, terutama buat kreator besar yang jumlah pelanggannya ratusan ribu sampai jutaan subscribers. 

Penyebab Video Shorts di YouTube Buram Blur

Ada banyak penyebabnya, tapi salah satu yang paling mempengaruhi ialah koneksi internet yang lambat. 

Kita harus akui, internet berpengaruh terhadap kualitas video yang diunggah di YouTube berdasarkan apa yang ditulis olej YT sendiri dalam halaman penggunaan. 

Namun selain koneksi, bisa juga karena butuh waktu lama untuk proses pengunggahan sepenuhnya ke Shorts.

Kalau kamu punya channel YouTube pernah mengalami keanehan soal kualitas video yang terunggah hanya maksimal bisa diputar 360p saja, nah itu merupakan bagian dari prosesing saat unggah.

Dan kalau proses mengunggah sudah sepenuhnya dianggap selesai, kualitas video bisa kembali normal seperti sediakala tergantung seberapa tinggi resolusi yang kamu upload ke channel YouTube kamu. 

Mengatasi Video Blur dan Buram di YouTube Shorts

Penanganan awal adalah dengan memastikan koneksi internet stabil, tidak perlu terlalu kencang yang penting stabil. Agar ketika upload tidak ada drama macet, glitch, error dan sebagainya. 

Kedua bisa juga mengecek kembali kamera perekaman pada HP kamu apakah sudah maksimal? Karena resolusi saat merekam jelas menentukan seberapa tingginya kualitas video yang dapat diputar. 

Langkah alternatif, sobat dapat mengatur preferensi pemutaran video dengan mengganti kualitas gambar di pengaturan/setelan atau Settings pada aplikasi YouTube. 

Saran kami adalah upload dan putar menggunakan WiFi, jika kualitasnya ternyata lebih jernih dan bagus dibanding saat memakai paket data seluler artinya permasalahan ada pada koneksi & jaringan internet. 

Atau bisa juga memakai alternatif seperti aplikasi YouTube Vanced yang kini sangat banyak digunakan pengguna smartphone Android.

Selain itu Anda bisa cek: Trik Dapat YouTube Premium Gratis, karena kabarnya pilihan kualitas video untuk upload dan menonton di YT akan lebih baik.

YouTube Shorts dibuat untuk menyaingi TikTok, sama halnya Facebook dan Instagram ketika membuat Reels. Video durasi pendek lebih diminati orang meski jumlahnya banyak. 

Itulah panduan Cara Mengatasi Video YouTube Shorts Buram dan Blur Saat Diputar, jadi sobat bisa praktikan panduan tadi supaya ke depannya video short lebih jernih lagi.