Kode Region Nintendo Switch: Cara Ganti dan Cek Nomor Seri

Inilah daftar kode region Nintendo Switch. Sejak dirilis pada 2017 silam, perangkat gaming Nintendo Switch berhasil menarik perhatian para gamers di seluruh dunia. Lebih khusus fanboy Nintendo yang menunggu inovasi perusahaan asal Jepang ini. 

Semenjak itu pula beberapa macam-macam Nintendo Switch mulai dari generasi pertama, jenis CFW, V1/V2, Lite version, bermunculan di pasaran. 

kode region nintendo switch

Ditambah banyaknya developer atau pembuat game ikut meramaikan Nintendo eShop yang bikin Switch makin menjadi-jadi dalam hal angka penjualan. 

Mungkin kamu sebagai gamers Switch juga penasaran tentang kode region Nintendo Switch, serta bagaimana cara ganti region dan cek nomor seri device milikmu tersebut. 

Kode Region Nintendo Switch Terbaru

Secara hardware, mesin gaming Nintendo Switch punya sejumlah varian yang dibedakan ke dalam kategori region yakni Asia, Eropa, Amerika Serikat, Australia dan Jepang (Eksklusif meski negara Asia juga). 

Lalu apa saja ciri-ciri dan tips membedakan kode region Nintendo Switch saat ini? Berikut kami rangkum panduannya terutama untuk pemula yang baru terjun ke Switch. Baca juga: Mendapatkan Switch Online.

Region Asia

Pertama kita mulai dari benua Asia, yang beredar di Indonesia kebanyakan adalah kode region Nintendo Switch versi Asia karena tentu saja negara kita berada di Asia bagian Tenggara. 

Berbeda halnya dengan PlayStation buatan Sony, sayangnya Switch belum punya dukungan langsung karena tidak ada perusahaan resmi Nintendo di Indonesia. 

Sehingga pemain kebingungan menentukan perbedaan region Switch, apalagi jika tidak bertanya kepada penjual saat membeli secara online khususnya. 

Tiga huruf bertuliskan ASI adalah kode region game Nintendo Switch untuk Asia. Tapi ada juga yang KOR, JPN, EUR, USA semua didistribusikan di Indonesia saat ini. Baca juga: Game Nintendo Switch Terlaris di Dunia.

Region Amerika

USA atau United States of America alias Amerika Serikat. Kode region Nintendo Switch USA juga banyak ditemukan di Indonesia baik secara game atau hardware Switch yang dimaksud. 

Maklum saja sekarang tidak ada market e-Shop Nintendo Indonesia yang resmi. Masih menantikan Nintendo masuk ke tanah air kira-kira kapan ya? 

Jika kamu beli game fisik, dalam Cartridge terdapat kode kombinasi huruf dan angka diakhiri dengan USA maka itu kode region Nintendo Switch Amerika. 

Region Eropa

EUR singkatan untuk sebutan Europe atau Eropa. Kalau kamu melihat tulisan PEGI pada cover depan atau belakang dari kaset game fisik Nintendo Switch itu tandanya berasal dari Eropa. 

Selain itu di bagian depan juga terdapat angka minimal batas usia untuk siapa game tersebut layak dimainkan. Jangan lupakan juga di cartridge tulisan EUR pada game tetap muncul. 

Region Australia

Nah untuk yang satu ini paling jarang ditemukan di Indonesia. Region AUS atau Australia, beberapa retailer memilih impor produk dari AUS ini untuk dijual kembali di tanah air. 

Tips Menentukan Region Game Switch

Sedikit trik tambahan untuk kamu yang mau beli, cara menentukan kode region Nintendo Switch saat ingin membeli game ialah melihat tanda-tanda yang disebutkan tadi baik di bagian depan atau belakang kotak game. 

Beruntungnya ialah game dari Jepang atau JPN sekarang sudah banyak yang memiliki subtitle English (Bahasa Inggris) tinggal bagaimana kamu rajin update saja. 

Seperti itulah kode region Nintendo Switch yang berguna untuk menentukan game atau hardware sebelum membeli di toko terdekat.