Cara Cek Kode Region Game PS2 untuk Mengetahui Nama

Bagaimana cara mengetahui nama game PS2 dengan cek kode region game PS2 via ID agar muncul nama gamenya. Era PlayStation 2 merupakan zaman terbaik Sony PlayStation. Ada ribuan jenis game yang dapat dimainkan dari ratusan genre. 

Mulai dari game untuk anak-anak hingga orang tua, semua ada di PS2. Zaman keemasan PlayStation 2 adalah ketika GTA San Andreas dirilis yang jadi alasan kenapa PS2 memecahkan berbagai rekor. 

cara cek kode region game ps2 daftar lengkap

Saking banyaknya game PS2 yang bisa kita tampung di Harddisk eksternal dan internal, bakal bikin pengguna kebingungan saat memfilter game sebanyak itu. Cek juga: Rental PS5 Pertama di Bandung.

Cek Kode Region Game PS2

Oleh karenanya terciptalah trik teknologi untuk cek kumpulan Kode Region Game PS2, supaya saat kita ingin bermain game tertentu jadi tidak bingung mencari namanya karena bisa disortir dengan kodenya saja. 

Ketika dimasukkan ke dalam harddisk nanti kode region game PS2 akan berubah otomatis menjadi nama file game yang asli. Kamu pun bisa menghapus daftar game yang tidak dimainkan atau tak dibutuhkan lagi. 

Ada sejumlah metode untuk mengetahui nama game PS2 dari HDD eksternal seperti lewat PSX Data Center, USB, dan menggunakan browser andalan di smartphone kamu. 

Periksa Lewat PSX Data Center

Salah satu situs web bermanfaat untuk mengetahui nama game PS2 dengan kode region PS2 ialah PSX Data Center. Berikut kami pandu tutorial melakukannya agar tidak bingung. 

1. Buka browser bisa Google Chrome, Mozilla Firefor, Microsoft Edge. Admin sarankan lewat PC/Laptop ya agar lebih mudah. 

2. Kemudian buka website atau ketik di halaman pencari "PSX Data Center Site". 

3. Balik lagi ke penyimpanan internal PC, bukalah Drive HDD pada Windows Explorer di PC kamu. 

4. Selanjutnya pilih dulu file yang mau dicek, dan salin kode region game PS2 itu. 

5. Kembali ke browser yang kamu gunakan dengan tetap buka halaman PSXDataCenter. 

6. Tekan CTRL + F secara bersamaan, maka akan muncul kolom kecil di pojok atas kiri atau kanan. 

7. Tempelkan atau paste kode region game PS2 yang tadi kamu salin. 

8. Ganti namanya jika ada underscore diganti jadi strip, kalau ada titik, hapus saja. Contoh: BQVZ_719.35, ubah menjadi BQVZ-71935

9. Jika sudah, maka tekan tombol Enter pada PC nanti bakal muncul otomatis. 

10. Kini kamu sudah mengetahui nama game PS2 dari kode region setiap gamenya. 

11. Ulangi langkah tadi untuk mengecek file dan buat ketahui nama game lain. 

Cek Kode Region Game PS2 via Google

Zaman sudah serba canggih, internet dimana-mana, gadget juga harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Termasuk buat cek kode region game PS2 dengan memanfaatkan halaman pencarian Google (Search Engine). 

Bisa dibilang cara ini paling praktis dan efektif. Tanpa perlu menggunakan software, USB, website, bahkan bisa dilakukan di HP atau ponsel tanpa PC. Caranya sebagai berikut: 

1. Buka Harddrive di PC Windows kamu dan pilih folder tempat menyimpan game.

2. Edit nama atau rename salah satu file, copy/salin kodenya dan jangan copy kalimat/teks lain dulu. 

3. Buka lagi browser andalan yang kamu gunakan tadi. 

4. Paste kode region game PS2 di kolom pencarian dengan menghapus tanda titik. Misal: SLES_5328700. 

5. Lalu cari dengan tap tombol Enter, maka halaman Google akan memunculkan judul game PS2 dari kode region PS2 yang kamu ketikkan tadi. 


Memang mudah bukan untuk menyortir game PlayStation 2 hanya dengan cek kode region game PS2 dari harddisk yang kamu miliki agar bisa bersih-bersih file yang jarang dimainkan dan menyimpan game favorit.