4 Bahaya Custom ROM Android: Kelebihan dan Kekurangan Buat HP

Bahaya Custom ROM Android Pada HP Apa Saja? Sebagai sistem operasional yang bersifat Open Source, Android memang menjadi OS paling banyak digunakan. Itu juga tidak lepas dari jumlah brand smartphone di berbagai negara yang menggunakan produk milik Google ini.

Karena sifatnya Open Source, maka pengguna bisa sesuka hati melakukan kustomisasi pada ponsel Android mereka. Mulai dari mengubah tampilan, menginstal aplikasi yang sedianya tidak kompatibel, hingga Custom ROM. 

bahaya custom rom android hp

Lalu apa saja kegunaan Custom ROM dan juga fungsi, manfaat atau kelebihan serta kekurangan CusROM buat HP? Apakah berbahaya jika melakukan Custom ROM untuk ponsel? 

Penjelasan Custom ROM

Seseuai namanya, Custom ROM atau kustomisasi/modifikasi ROM merupakan proses menambahkan atau mengganti fitur bawaan pada sebuah perangkat Android. 

Umumnya smartphone Android tiap brand memiliki keterbatasan fitur. Contoh, Xiaomi dengan MIUI punya fitur atau tampilan yang tidak dimiliki oleh HP buatan Samsung (OneUI). 

Alhasil, jika misalnya, pengguna Xiaomi Redmi Note 11S ingin mengubah penampilan ponselnya seperti Samsung Galaxy S22 Ultra misalnya, maka harus melakukan yang namanya Custom ROM. 

Kelebihan Custom ROM

Kita bisa memodifikasi ponsel dengan melampaui keterbatasan yang ditentukan produsen. Mengganti tampilan HP sepenuhnya hingga mirip User Interface brand lain. Hingga memasang aplikasi yang tidak kompatibel khususnya di Android khususnya smartphone lawas.

Kelemahan dan Bahaya Custom ROM

Melakukan Custom ROM Android berarti kamu mengubah firmware hasil modifikasi pihak ketiga (Third-party), bukan resmi milik produsen HP yang kamu miliki. Karena third party inilah jika ada kesalahan atau kerusakan maka ditanggung sendiri oleh pengguna atau pemilik ponsel. 

Selain itu, kekurangan Custom ROM Android ialah risiko adanya bug pada software atau firmware yang bakal digunakan. Hal ini sering sekali dialami oleh user Android, makanya kamu harus teliti lagi. 

Bug Custom ROM

Bug yang dimaksud pada Custom ROM itu berbagai macam. Ada yang tadinya audio atau speaker HP normal, tiba-tiba jadi rusak atau suaranya tidak jelas & berubah drastis dibanding sebelum Cusrom. 

Lalu jangan lupakan soal software. Aplikasi bisa saja mendadak tidak dapat digunakan seperti kamera bawaan HP yang mental otomatis keluar sendiri (Force Close) saat akan memotret obyek. 

Bahkan jika kamu menyimpan gambar dari media sosial atau internet, terkadang tidak bisa membuka aplikasi galeri atau pengelola file pada smartphone Android yang sudah Custom ROM. 

Belum lama ini ada kasus user Asus Zenfone Max Pro M1 yang lakukan Custom ROM Nusantara tapi ternyata terdapat bug notifikasi, yamg mengakibatkan pemberitahuan tidak muncul di status bar bagian atas layar HP. 

Mengakibatkan Bootloop Mentok Logo

Kalau kamu memutuskan untuk Custom ROM Android, pastikan kamu sudah paham betul semua langkah-langkahnya dengan benar tanpa ada yang terlewat atau salah sedikit pun. 

Karena salah-salah dikit saja bisa berakibat fatal. Paling umum terjadi bahaya Custom ROM Android ialah menyebabkan HP menjadi Bootloop atau mentok logo meski kamu sudah anggap selesai prosesnya. 

Iya kalau kamu paham mengatasi bootloop di HP Android, nah jika tidak mengerti sama sekali itu bisa bikin kamu tambah pusing. Ujung-ujungnya dibawa ke tukang servis lagi. 

HP Mati Total

Inilah risiko Custom ROM Android terparah. Bisa dibilang potensi dan bahaya Cusrom yang harus dihindari sebisa mungkin ya ini, HP bisa mati total tidak dapat menyala kembali. 

Biasanya diakibatkan kesalahan atau kekurangan pada proses kustomisasi ROM. Paling ribet mengatasi HP yang matii total, kamu akan membutuhkan bantuan PC atau Laptop untuk memulihkannya kembali.

Garansi Tidak Berlaku

Misalnya HP kamu baru beli sebulan dengan masa aktif garansi 1 tahun sebagaimana garansi smartphone pada umumnya. Tapi langsung di-custom ROM, maka otomatis garansinya hilang alias tidak berlaku lagi. 

Cusrom HP Android membutuhkan akses Root. Sedangkan Root itu berpotensi atau sudah pasti menghilangkan garansi jika masih berlaku. Makanya rerata orang lebih suka Cusrom di HP yang sudah lama rilisnya dan masa garansinya sudah habis.

Custom ROM Tidak Memambah RAM

Inilah yang sering menjadi salah paham. Apakah custom ROM bisa menambah RAM? Jawabannya, tidak. Memang HP Android keluaran tahun 2021 dan lebih baru itu punya fitur Extended RAM atau menambah memori RAM. 

Tapi itu memanfaatkan ruang pada penyimpanan memori internal. Jadi tidak sepenuhnya efektif. Bahkan tanpa Custom ROM pun kamu bisa mengaktifkan memori tambahan di HP zaman sekarang.

Mencegah Kesalahan Custom ROM

Saran saya kalau sobat bersikukuh ingin Custom ROM HP Android tapi belum pernah melakukannya, cobalah meminta bantuan yang sudah ahli atau berpengalaman. Lalu pahami bagaimana mereka melakukannya agar ke depannya kamu bisa Cusrom sendiri. 


Namun kalau nggak mau dibuat ribet, tinggal minta tolong teman atau siapa saja yang sudah pengalaman dan punya ilmu Custom ROM Android. Setelah selesai, maka jangan dioprek sendiri sembarangan untuk cegah terjadinya kerusakan atau error pada ponsel. 

Seperti itulah risiko dan bahaya Custom ROM Android, apakah aman atau tidak untuk smartphone ya balik lagi tergantung firmware serta paham atau tidaknya melakukan Cusrom di ponsel.