Ini Cara Mengatasi SIM Card Not Provisioned Error di Android iOS

cara mengatasi sim card not provisioned

Bayangkan sobat gamers lagi main game online pakai data seluler, lalu mendadak muncul & menemukan notifikasi pada status bar HP kalian dengan angka error #MM2 SIM Not Provisioned pasti sangat terganggu. 

Ini bisa dialami dan terjadi pada siapa saja, juga dengan operator seluler apa pun termasuk by.U. Apalagi jumlah pengguna smartphone di tanah air sudah sangat meningkat signifikan tiap tahunnya, dan orang banyak yang pakai HP. 

Penyebab SIM Card Not Provisioned Error Android iPhone iOS

Penyebab SIM Not Provisioned pada HP Android seperti realme, Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus, Advan, dan Infinix itu ada berbagai macam. Namun kartu SIM Card tidak terbaca menjadi alasan utama. 

Jika ini kartu SIM sobat yang menjadi cadangan mungkin bukan masalah besar, tapi apa jadinya kalau ternyata dialami oleh SIM Card utama yang sudah lama digunakan? Tentu akan mengecewakan mengingat banyak data yang tersimpan terutama kontak keluarga, teman, kerabat kerja dan pasangan. 

Ada juga yang bilang bahwa nomor telah terhapus, bisa jadi sobat sudah tidak menggunakannya lagi terlalu lama dikeluarkan dari HP. Nah ketika dimasukkan dan ingin digunakan kembali justru muncul pemberitahuan SIM Card Not Provisioned

Beberapa operator seluler punya kebijakan masing-masing, ada yang tiga bulan tak terpakai atau tidak tersambung ke sinyal utama provider dan tidak menerima pesan masuk SMS, Telepon, maka akan dinonaktifkan atau diblokir oleh operatornya dari sistem database untuk kemudian didaur ulang. 

Selain itu alasan kenapa SIM Not Provisioned terjadi mungkin saja chip kuningan pada SIM Card rusak, tergores secara tidak sengaja, akibat dari gesekan benda lain. 

Tidak lupa juga penyebabnya kemungkina karena slot kartu SIM pada smartphone bermasalah, seperti terlalu longgar karena sering dibuka-tutup oleh penggunanya. Semua itu belum mutlak.

Sekarang sobat tidak perlu khawatir karena kami akan berbagi solusi sesuai pengalaman cara mengatasi SIM Not Provisioned Error MM2 ini di ponsel Android dan iOS. Bisa buat semua provider Tri/Three, Indosat IM3 Ooredoo, XL Axiata, AXIS GSM yang baik, Telkomsel / byU, by.U, hingga Smartfren 4G. 

Cara Memperbaiki SIM Card Not Provisioned Error Android iPhone iOS

Ada beberapa langkah awal yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi SIM Not Provisioned Error yang muncul pada HP jika mengalami kendala dan masalah seperti yang dijelaskan tadi. 

1. Pindahkan Mode Pesawat

Sebagai pertolongan pertama kalian bisa mencoba metode ini, cukup aktifkan Airplane Mode pada pengaturan HP. Semua smartphone saat ini sudah mendukung / support fitur tersebut. Diamkan beberapa menit, kemudian menonaktifkan lagi atau restart perangkat. 

2. Mengunjungi Gerai Operator Seluler

Langkah kedua bisa kunjungi gerai dimana operator seluler yang sobat gunakan berada. Dengan mengunjungi dan menyampaikan kepada Customer Service lalu menjelaskan kenapa kartu SIM Card Not Provisioned di nomor HP kalian. Bawa KTP dan SIM Card cadangan jika sewakru-waktu dibutuhkan. 

3. Perbaiki di Service Center HP

Kalau penyebab sim not provisioned masalahnya terletak pada SIM Tray yang mengalami kerusakan, maka solusinya meminta bantuan pada tim yang menangani permasalahan smartphone sobat. Ini mengharuskan kalian datang ke Pusat Perbaikan terdekat dari brand HP yang dimaksud. Kalau masih dalam masa garansi maka gratis. Baca juga: Pengalaman Klaim Garansi Realme.

4. Tips Atasi Sendiri

Apabila dirasa Service Center terlalu jauh, sobat bisa coba sendiri metode yang kami berikan berikut. Trik memperbaiki SIM Card Not Provisioned ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan alat SIM Tray Ejector. 
  • Lepas kartu SIM Card sobat, lalu diamkan atau kalau mungkin bersihkan saja pakai kain katun berbahan dasar halus.
  • Kemudian setelah itu coba pasang kembali SIM Card ke HP sobat harusnya langsung terbaca normal.
  • Kalau belum bisa juga, cobalah pasangkan SIM Card ke HP lain untuk mengujinya. 
  • Jika berhasil maka kerusakan disebabkan oleh ponsel sobat, sebaliknya bila gagal juga berarti SIM Not Provisioned memang disebabkan kartu itu sendiri. 
Umpamanya slot kartu SIM memiliki konektivitas yang longgar, maka kartu SIM tidak akan muat dengan benar penyebab paling umum & sering terjadi. Ini akan mengakibatkan kartu SIM tidak terbaca, bisa menyebabkan rusak juga. Untuk mengetahui apakah slot kartu SIM bermasalah, keluarkan kartu SIM dari slot saat ini dan coba masukkan kartu SIM yang sama di smartphone lain.

Sekiranya panduan tadi bisa membantu cara mengatasi SIM Card Not Provisioned. Memang kartu yang mendadak tidak terbaca baik di HP Android atau iPhone itu agak mengganggu keseharian khususnya yang sibuk komunikasi jarak jauh.