2 Fungsi MsgStore WhatsApp dan Bahaya Hapus File WA

Apabila sobat memiliki aplikasi WhatsApp, pada file manager kemungkinan akan menemukan msgstore WA. Lantas apa fungsi file MsgStore WhatsApp dan apakah berbahaya jika dihapus dari HP kalian? Silakan simak terus pembahasannya. 

Pengguna WA sering dibuat bingung, kenapa memori penyimpanan internal pada smartphone mereka cepat penuh. Padahal hanya menginstal aplikasi dalam jumlah sedikit, sedangkan foto dan video disimpan di SD Card. 

fungsi msgstore whatsapp dihapus

Tahukah kamu, meski hanya install WhatsApp saja pun memori internal ponsel bisa cepat penuh. Kenapa demikian? Jawabannya adalah: File Msgstore yang juga berformat msgstore.db.crypt.12. 

Apa Itu Msgstore WhatsApp

Msgstore merupakan file yang muncul dan otomatis tersimpan pada smartphone dengan aplikasi WhatsApp di dalamnya. Biasanya file msgtore terletak di memori internal. 

Kamu bisa cek langsung letak keberadaan msgstore WA melalui aplikasi bawaan File Manager. Terdapat folder WhatsApp yang secara ukuran lumayan besar. 

Ketika dibuka, ada banyak sub-folder lain yang juga tak kalah besar sizenya. Termasuk file msgstore salah satunya dan biasanya letak file tersebut ada di dalam DB atau database. Baca juga: Stiker WhatsApp Squid Game.

Fungsi MsgStore WhatsApp

Terdapat dua fungsi utama file msgstore WA. Yang pertama ialah msgstore merupakan database berisi riwayat chat atau obrolan yang kamu lakukan di WhatsApp bersama orang lain. 

Tugas msgstore adalah mencadangkan atau back up isi chatting WA kamu. Jadi apabila suatu waktu kamu menghapus aplikasi WhatsApp lalu install lagi di kemudian hari, maka isi chat tidak akan hilang. 

Nah yang kedua adalah untuk membackup konten media berupa video dan foto yang kamu terima dari orang lain. Tidak hanya chat, file msgstore berfungsi untuk mencadangkan gambar juga. 

Misal suatu waktu aplikasi WA kamu terhapus secara tidak sengaja, maka cukup login pakai nomor WhatsApp yang sama dan semua foto/video bisa dipulihkan berkat msgstore ini. Termasuk WhatsApp Web di PC yang kamu gunakan.

Risiko Bahaya Hapus Msgstore WA

Mungkin kamu penasaran, apakah boleh menghapus msgstore WhatsApp dari file manager HP Android? Lalu apakah berbahaya dan berisiko jika hapus file msgstore? 

Jawabannya adalah: Tergantung. Apabila kamu merasa ada isi chat yang sangat penting untuk diabadikan, silakan backup terlebih dahulu sebelum hapus Msgstore. 

Setelah di-backup, file akan tersimpan di memori eksternal atau internal HP kamu. Saran dari Kibezaka adalah upload semua file backup secara online misalnya via Google Drive, OneDrive atau penyimpanan awan (Cloud Storage) lain. 

Karena percuma kalau kamu menghapus msgstore dengan niat melegakan memori internal, tapi file backup masih tersimpan di smartphone. Sama saja menambah penuh itu memorinya, sementara kapasitas internal tidak bisa ditambah.

Hapus file msgstore juga wajib dilakukan kalau HP yang kamu gunakan sekarang akan segera berpindah tangan atau dijual ke orang lain. Semua file dalam berbagai aplikasi harus bersih, bukan cuma WhatsApp saja. Demi kenyamanan pengguna baru dan menjaga privasi kamu sendiri.

Rerata total file Msgstore berukuran di atas 500MB. Jelas, untuk sebagian smartphone bakal menutupi atau mempersempit ruang penyimpanan internal pada HP. Makanya pas dicek via Play Store tiba-tiba WhatsApp isinya 4GB atau bahkan 10GB. 

Seperti itulah fungsi msgstore WhatsApp dan risiko bahaya menghapus file Msgstore pada WA yang bisa kamu jadikan referensi apakah mau hapus atau tidak.