Kapan IVE Bubar? Cek Berapa Tahun Durasi Kontrak Profesional Grup

Kehadiran girlband rookie seperti IVE memang membawa angin segar buat industri musik K-Pop. Tapi sebagai penggemar setia Jang Wonyoung, saya sempat penasaran kapan IVE bubar. 

Hal itu karena tersiar kabar bahwa girlgroup bentukan Starship Entertainment ini memiliki masa aktif durasi kontrak yang cukup pendek yakni tidak lebih dari lima tahun. Padahal IVE bukan grup jebolan program survival show layaknya KEP1ER

ive bubar disbandment wallpaper liz

Namun grup beranggotakan 6 personel yakni Ahn Yujin (Leader), Jang Wonyoung, Liz (Kim Jiwon), Naoi Rei, Leeseo (Maknae IVE), dan Kim Gaeul tersebut tetap banyak diminati penikmat Kpop. Mungkin juga karena faktor keberadaan An Yu Jin dan Wonyoung yang notabenenya alumni IZONE. 

Kita tahu sendiri ya bahwa IZ*ONE merupakan girlgroup terkenal dan punya fans fanatik di seluruh dunia. Sayangnya mereka bubar pada April 2021 usai menjalani kontrak penuh 2,5 tahun & tidak lanjut. 

Mantan anggota IZONE juga berpencar. Ada yang memilih solo karier, hingga membentuk grup baru seperti yang kita bicarakan saat ini. 

Artinya jika belajar dari apa yang dialami IZ*ONE, popularitas tidak menjamin sebuah grup akan bertahan lama. Banyak faktor lain yang menjadi penentu keberlangan girlgroup Kpop.

Wacana IVE Bubar

Isu adanya durasi kontrak IVE tentu saja membuat penggemar merasa khawatir. Mereka tidak ingin lagi mendengar kabar pembubaran IVE disaat sedang menikmati & mendukung idola kesayangannya. 

Tapi dari sejumlah forum K-Pop di Korea Selatan sana mungkin beda lagi. Karena banyaknya warganet menyebut bahwa IVE adalah project untuk sesuatu yang lebih besar lagi.

Kapan Kontrak IVE Berakhir

Hingga kini belum dapat dipastikan berapa tahun kontrak IVE berakhir. Jika mengutip dari forum, maka IVE merupakan proyek jangka pendek yang durasinya kurang dari lima tahun. 

Tentu berita kurang bagus ini membuat fans penasaran dan hal itu wajar. Karena sekurang-kurangnya dari 5 tahun itu bisa saja 4 tahun, 2 tahunan atau mungkin hanya setahun.

Sayangnya tidak ada orang yang mengetahui pasti berapa lama tepatnya. Namun tidak ada salahnya mendukung member favorit kalian sebelum IVE Bubar nanti. Semua kemungkinan masih bisa berubah.