6 Cara Menyembunyikan Channel Discord di PC dan HP

Bagaimana cara menyembunyikan channel Discord lewat HP dan PC. Saat menyiapkan channel di server Anda, mungkin menyenangkan untuk membuatnya tidak terlalu membingungkan bagi anggota atau member baru. 

Memiliki terlalu banyak channel tetapi hanya membolehkan pemula untuk masuk ke beberapa channel/saluran pada awalnya dapat membuat Anda kewalahan. Solusi untuk ini adalah menyembunyikan channel di Discord untuk semua saluran dari peran tertentu. 

cara menyembunyikan channel discord

Metode ini benar-benar tidak terlalu rumit. Selain itu, bekerja lebih awal memastikan cara yang lebih lancar setelah server menjadi komunitas yang berkembang pesat. 

Ada beberapa hal yang mungkin ingin Anda hindari dari pengintaian yang tidak menyangkut anggota tertentu di server. 

Anda mungkin perlu melakukan sedikit urusan antara Anda dan mereka yang paling tepercaya dan sembunyikan channel Discord akan menjadi cara terbaik untuk melakukannya.

Sebelum Menyembunyikan Channel Discord

Menyiapkan channel peran-eksklusif dan kemampuan untuk menyembunyikan channel tertentu adalah proses yang jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. 

Membuat role-exclusive channel adalah cara yang bagus untuk memisahkan peran dengan rasa hak istimewa tertentu. Menyembunyikan channel ekstra dari daftar membuat semuanya tetap bagus dan rapi. Kedua opsi membuat semuanya tetap sederhana untuk semua anggota yang terlibat.

Cara Menyembunyikan Channel Discord

1. Tap nama server Anda tepat di atas daftar channel. 

2. Dari menu pilih Buat Saluran. 

3. Masukkan nama channel ke dalam kotak berlabel “NAMA SALURAN (Channel Name)”. 

4. Cari "Saluran Pribadi (Private Channel)" dan alihkan toggle ke ON/AKTIF. 

5. Tepat di bawahnya, pilih peran mana yang akan memiliki akses ke saluran dengan mengalihkan sakelar di samping masing-masing peran ke AKTIF. 

6. Ketika semua peran telah dipilih untuk Cool Kids Club, klik tombol Buat Saluran (Create Channel).

Mengubah Izin Akses Channel di Discord

Izin default untuk chanel terhubung langsung ke peran tertinggi yang Anda aktifkan. Dengan melakukan ini, membuat hidup sedikit lebih mudah dalam hal mengatur akses izin channel tanpa harus mengatur ulang secara langsung. 

Jika Anda ingin menyesuaikan izin akses untuk channel Discord, Anda dapat lakukan hal ini: Klik pada ikon Cog di sebelah channel yang baru dibuat. Dari menu sebelah kiri, pilih tab "Izin/Permissions". 

Di sini Anda dapat melihat bahwa peran @everyone/@semua orang telah ditolak izinnya untuk "membaca pesan". Hanya peran yang diaktifkan saat membuat channel yang saat ini memiliki izin ini. Bergantung pada apakah Anda melihat izin channel Teks atau channel Suara, akan menentukan apakah Anda melihat izin "Baca Pesan" atau izin "Hubungkan".

Sekarang hanya anggota dengan peran tertentu yang diaktifkan yang akan memiliki akses ke channel. Mereka yang tidak memiliki akses bahkan tidak akan melihatnya di daftar mereka. Anda telah berhasil menyembunyikan channel Discord akhirnya.