Rangkul Pemain Baru Rise of Kingdoms, Jangan Dihujat

jumlah pemain aktif rise of kingdoms pemula

Seperti sobat RoK ketahui, belakangan Lilith lagi gencar promosi dan pasang iklan dimana-mana yang membuat jumlah unduhan game Rise of Kingdoms di Google Play Store dan App Store meningkat signifikan. 

Lilith bukan cuma beriklan di Google, YouTube, Facebook, Reddit, dan beberapa situs web besar lainnya, mereka pun menggandeng influencer & selebriti dari sejumlah negara, termasuk Indonesia. 

Hal ini wajar kalau banyak pemain baru yang berdatangan ke Rise of Kingdoms, itulah tujuan mengiklan sebenarnya. Kalau saya perhatikan polanya, Lilith memang tiap tahun iklan besar-besaran. 

Terlebih di periode keriuhan Anniversary Rise of Kingdoms seperti sekarang ini, mungkin itulah salah satu cara mereka selebrasi. Hari jadi RoK, berdekatan dengan ultah Mobile Legends dan Genshin Impact, jelas tim marketing Lilith nggak mau kalah manfaatkan momentum

Saya pantau di berbagai grup dan forum baik dalam serta luar negeri sepertinya langkah Lilith tidak disenangi banyak pemain. Mereka agak geram kalau banyak pemain baru yang berdatangan. 

Lebih khusus para pemain yang masih di bawah umur. Ditakuti oleh para Kingdom Council, kekhawatiran council ialah takutnya nanti mereka melanggar peraturan kerajaan yang sudah ditetapkan, hingga melakukan penyerangan tanpa tahu aturan bermain. 

Justru dari situ tugas sobat RoK sebagai pemain senior merangkul para gubernur baru yang berdatangan ini untuk bisa bermain sesuai aturan main yang ada. 

Saya pun bikin banyak artikel tentang Rise of Kingdoms berdasarkan pengalaman pribadi bermain RoK selama lebih dari 900 hari, juga bertujuan agar para pemain baru atau pemula tidak melakukan kesalahan seperti yang saya lakukan di awal/early game. 

Ada dua kata yang ditakuti yakni "Beginner Mistake" di Rise of Kingdoms, yang dimana kalau kalian lakukan kesalahan-kesalahan itu akan membuat pemain menyesal. Ingat selalu bahwa RoK adalah game jangka panjang bergenre RTS yang tidak ada tamatnya. 

Banyak kesalahan yang sekalinya dibuat, tidak bisa diperbaiki di masa mendatang. Contohnya saya buang-buang patung emas (Universal Legendary Commander Sculpture) di awal-awal game untuk upgrade komandan Cao Cao, padahal di game ini sangat banyak komandan Legend yang lebih bagus dan harus diprioritaskan dibanding Cao Cao. 

Satu Patung Emas komandan Legend itu sangat berharga dan sulit didapatkan, jangan digunakan sebelum sobat punya rencana yang benar-benar matang. Baca postingan saya soal: Charles Martel Rise of Kingdoms, disitu saya sebut hampir 3 tahun untuk kumpulkan 690 patung emas Martel.

Lalu Gems, menggunakan Gem harus pada waktu dan event yang tepat. Jangan seperti saya, buang-buang Gems di early game dulu, hanya untuk Stones alias Batu.

Bahkan meski kalian sudah mencapai tujuan utama dan tingkat tertinggi, misalnya Unlock pasukan T5, itu tidak akan direset seperti halnya rank MLBB. Akun kalian terus seperti itu berkesinambungan tergantung pada gameplay masing-masing. 

Nah, sekarang Rise of Kingdoms bakal kehadiran pemain baru pastinya. Mereka akan terus menggali informasi lebih dalam terkait game ini, dan perlahan akan terjerumus & terlibat di drama-drama yang ada di Rise of Kingdoms. 

Untuk saya pribadi, sekarang game Rise of Kingdoms sudah jadi salah satu beberapa sumber penghasilan buat diri sendiri hehe, jadi ya lumayan lah hitung-hitung hobi yang menghasilkan gitu.

Jadi ayolah kita rangkul pemain baru Rise of Kingdoms & jangan dihujat. Karena siapa tahu salah satu dari mereka akan memberikan Golden Chest untuk sobat semuanya, kita mana tahu ya kan, mungkin saja suatu saat bakal ketemu di KvK Musim 2 misalnya.