Kawano Nanaho Resmi Umumkan Graduate dari NMB48

skandal kawano nanaho nmb48 graduate

Pada sore hari yang cerah dimana saya lagi nonton lima tim Indonesia bertarung dalam ajang PMPL SEA Season 4, ternyata muncul pengumuman kelulusan Kawano Nanaho NMB48 saat itu juga. 

Nanaho Kawano menyampaikan pernyataan lulusnya dia dari grup NMB48 itu pada program acara W1N-C Show Osaka Tamashii Sutetara Akan di venue teater NMB secara langsung ya di depan para penggemar yang hadir menyaksikan pertunjukan. 

Mengenai apakah dirinya akan mendapatkan kesempatan berpartisipasi di single NMB48 berikutnya itu masih jadi tanda tanya hingga kini kabarnya belum jelas.

Kemungkinan besar manajemen Yoshimoto telah memberitahu kepada semua member terkait susunan senbatsu single NMB48 selanjutnya. Sehingga Kawano Nanaho graduate di waktu yang tepat. 

Kawano Nanaho Member ke-43 yang Graduate

Berdasarkan data dan statistik yang kami himpun dari sejumlah sumber resmi, termasuk Stage48 Wiki, bahwa Kawano Nanaho menjadi anggota AKB48 Group ke-43 yang keluar dari grup. 

Sebelumnya memang cukup banyak member 48 Family memutuskan keluar entah berstatus lulus (Graduated), mengundurkan diri (Resign), dan dipecat (Fired) itu pun masing-masing punya alasan mereka tersendiri. 


Tahun 2021 memang baru masuk Oktober, tapi jumlah ini melebihi total member yang keluar 48 Group pada 2020 silam yakni hanya 41 personel saja (telah dirangkum dalam sebuah Kaleidoskop). 

Lulus Usai Tiga Tahun Mengabdi

Belakangan banyak catatan riwayat member NMB48 yang keluar grup baik graduate atau mundur, itu memang statusnya kurang dari 3 tahun berkarir sejak debut bersama NMB. 

Khusus Kawano Nanaho ini notabenenya merupakan anggota hasil dari audisi AKB48 Group Draft Kaigi 2015 Finalist, ia dikembalikan ke Draft Pool pada November 2017 sebelum akhirnya dipromosikan ke Team N pada NMB48 Dai Sokaku 2018. 

Bagi sobat wota yang belum paham, silakan baca: Apa Itu Draft Member di AKB48 Group. Spesial kala itu ketika Team SH memiliki draft membernya sendiri, jadi grup saudari AKB luar negeri pertama juga yang punya konsep begitu. 

Lalu untuk Kawano Nanaho selamat atas kelulusannya dari NMB48, dan sukses karir barunya nanti. Kelulusan harusnya menjadi hari yang bahagia buat semua orang baik dalam pendidikan, karier, akademi, pelatihan.