9 Cara Mengaktifkan PiP di iOS 15 Fitur Picture in Picture YouTube WA

cara aktifkan pip ios 15 iphone

Panduan bagaimana cara mengaktifkan PiP iOS 15 semua iPhone yang mendukung untuk minimize YouTube saat memutar video di latar belakang sambil chat WhatsApp Video Call. Cukup aktifkan tanpa harus jailbreak perangkat. 

Sejak iOS 14 dan iOS 13 dulu, YouTube sebenarnya sudah mendukung fitur PiP atau Picture-in-Picture. Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna menonton film dan video YT sambil buka aplikasi lain tanpa harus menutup YouTubenya. 

Makanya beberapa pengguna lebih memilih langsung downgrade ke iOS 15 ketika software ini baru dirilis karena waktu itu belum stabil dan tidak mendukung PiP ini di perangkat mereka.

Jadi ketika tampilan YouTube di Minimize di iOS 15, sobat bisa terus putar video di layar mini yang mengecil melayang sembari chat WhatsApp, browsing di internet atau aktivitas lain pada iPhone. 

Kini semua user Apple bisa aktifkan PiP di iOS 15 baik iPhone 13 Pro Max, iPhone 13 Mini dan seriesnya, iPhone 12 Pro Max dan series, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS Max series, XR, 8 Plus, 7 Plus, 6/6s Plus, SE 1st dan 2nd Gen serta iPod Touch. 

Sebelumnya Apple dan YouTube sudah selesai rampung sepenuhnya uji coba fitur Picture in Picture iOS 15 di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Inggris Raya, Jerman, Kanada, Jepang, Qatar, Prancis, Hong Kong dan Korea Selatan.

Cara Mengaktifkan PiP di iOS 15 Semua iPhone

Namun sebelum mencoba ke langkah awal, sebaiknya sobat menutup semua aplikasi sekaligus pada iDevice kalian saat ini. Berguna untuk tes apakah sudah berfungsi sepenuhnya atau belum. 

1. Buka halaman YouTube.com/view dari browser Safari di iPhone sobat. 

2. Cara alternatif bisa melalui aplikasi YouTube, masuk ke Settings (Pengaturan). 

3. Lalu pilih Try New Features (Coba Fitur Baru). 

4. Tekan tombol bertuliskan Try It Out pada opsi "Picture in Picture". 

5. Kemudian sobat tekan tombol back atau kembali ke halaman beranda YouTube dan tunggu beberapa menit.

6. Tutup aplikasi YouTube, lalu coba buka kembali aplikasinya. 

7. Sekarang harusnya fitur PiP iOS 15 sudah aktif, tonton video apa saja dan tekan tombol Homescreen. 

8. Untuk kembali ke halaman utama iOS, cukup geser ke atas dari arah bawah layar iPhone atau menekam tombol fisik Home Button. 

9. Seharusnya kalau fitur Picture in Picture di iOS 15 sudah berhasil maka tampilan video di YouTube tadi mengecil di homescreen dan tetap memutar tanpa berhenti. 

Perhatian! Jangan lupa dicatat bahwa ketika sobat menutup atau mengaktifkan/mengunci layar (Lockscreen) iPhone maka PiP di iOS 15 tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Sayangnya buat sekarang belum ada cara mengaktifkan PiP dI iOS 15 tanpa berlangganan YouTube Premium, ya, sobat diwajibkan langganan terlebih dahulu. Untuk triknya bisa simak: Trik YouTube Premium Gratis Selamanya yang legal. 

Seperti itulah panduan cara PiP di iOS 15 cukup dengan mengaktifkan fitur tersebut melalui aplikasi YouTube iPhone sekarang bisa chatting WhatsApp tanpa harus menutup video YT yang diputar.