Skip to main content

Cara Downgrade dari iOS 15 ke iOS 14 dengan PC Terbaru

downgrade ios 15 ke ios 14

Bagaimana cara downgrade iOS 15 ke iOS 14 di semua iPhone tanpa PC? Ketika dirilis beberapa hari saja, pengguna merasakan ketidaknyamanan atas peranti lunak terbaru dari Apple ini. Kesannya memang terlalu berlebihan, padahal tidak. 

Mengingat iOS 15 sudah dapat dinikmati pengguna iPhone 6s ke atas. Kompatibilitas yang dikasih sama Apple memang kenyataannya tidak semanis yang dibayangkan. Mungkin sobat merasa bahwa Apple masih memperhatikan user iPhone 6s. 

Padahal, upgrade software di dalam hardware lawas tidak disarankan oleh pengamat gadget. Beberapa reviewer teknologi kenamaan dari India dan Amerika Serikat sepakat, bahwa sebaiknya user iPhone 7 ke bawah lebih berhati-hati dalam update iOS 15. 

Mereka bahkan menambahkan, kalau terjadi permasalahan sebaiknya kembalikan atau downgrade dari iOS 15 ke iOS 14 alias OS yang sebelumnya digunakan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang berdampak buruk terhadap perangkat buat jangka panjang. 

Lalu bagaimana cara downgrade iOS 15 ke 14 / 13 / 12 atau mengembalikan lagi ke perangkat lunak sebelumnya? Ada beberapa metode yang dapat diterapkan, baik dengan atau tanpa menggunaka PC/Laptop. 

Perhatian: Jangan lupa untuk selalu Backup data penting dalam smartphone. Apapun HP kalian, jika ingin update/downgrade OS biasakan diri buat mencadangkan data sebelum melakukannya.

Nah, untuk langkah mengembalikan iOS 14 dari iOS 15 memakai komputer adalah sebagai berikut: 

1. Hubungkan iPhone kalian ke PC/Laptop yang sudah terinstall iTunes. 

2. Buka aplikasi iTunes untuk Windows, atau Finder untuk Mac. 

3. Setelah dipastikan iPhone terkoneksi, tekan pada logo iPhone di layar komputer. 

4. Akan muncul opsi, pilih "Restore iPhone". Dan secara bersamaan tekan tombol kiri di Mac atau Shift Kiri di Windows. 

5. Pengguna nanti akan ditanya mau downgrade atau restore ke iOS berapa di iPhone kalian. 

6. Kemungkinan kalian akan diberikan pilihan ke iOS 14.7 atau 14.6 tergantung berdasarkan file IPSW yang masih tersedia oleh Apple. 

7. Lanjutkan prosesnya, pada tahap ini sobat hanya bisa menunggu hingga downgrade ke iOS 14 selesai. Berapa lama? Tidak menentu, ada yang 30 menit hingga 2 jam baru selesai. 

Ini berlaku pada semua iPhone yang sudah support iOS 15 atau iPhone 6s dan lebih baru. Faktanya downgrade ke iOS 14 banyak jadi pilihan terakhir akibat kurang maksimalnya performa sistem iOS 15 di perangkat tertentu. 

Ada alasan lain juga seperti misalnya, user yang suka memodifikasi iPhone dengan melakukan Jailbreak ternyata belum support di iOS 15 maka harus downgrade ke iOS sebelumnya yang mendukung. 

Tips & Trik: Sebelum proses downgrade dari iOS 15 ke iOS 14, kalau pakai Laptop pastikan baterainya penuh atau sambil di charge saja jika baterai hampir habis. Lalu gunakan kabel data iPhone bawaan, update juga iTunes ke versi terbaru, dan paling penting: Backup semua data kalian.