Skip to main content

Adakah Cara Update iOS 15 di iPhone 5, 5S dan 5C Tanpa PC?

cara update ios 15 iphone 5 5s 5c

Bagaimana cara upgrade iOS 15 iPhone 5, 5s dan 5C tanpa menggunakan PC yang terkoneksi ke iTunes? Sobat mungkin sudah mengetahui bahwa Apple dalam event WWDC kemarin merilis beberapa hal baru. 

Salah satu diantaranya ialah perangkat lunak atau software iOS 15 yang membawa banyak fitur baru dan segar berkat inovasi mereka. Secara resmi akan bergulir ke seluruh pengguna mulai besok, versi developer beta diluncurkan. 

Dalam acara tahunan yang presentasinya dipimpin oleh CEO Apple, Tim Cook tersebut iOS 15 memiliki fitur seperti video FaceTime Chat yang memungkinkan kalian melakukan chatting atau memulai obrolan dengan pengguna Android. 

Selain itu, ada pula penambahan fitur privasi yang membantu user iOS 15 nanti melindungi email mereka dan menampilkan statistik seberapa sering sebuah aplikasi mengakses kamera, mikrofon, dan sebagainya. 

Apple juga akan mengizinkan penggunanya menambahkan lisensi mengemudi di Apple Wallet, tapi ini hanya tersedia di sejumlah negara saja. Indonesia belum dipastikan bisa, beberapa wilayah yang sudah pasti antara lain Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Jepang, Prancis, Irlandia, Swedia, Finlandia, Swiss, Norwegia, Singapura, Hong Kong, Malaysia, Austria, Portugal dan Spanyol. 

Ada banyak perubahan lain yang hadir di iOS 15 yang bisa dicoba langsung pada Developer Beta untuk perangkat iPhone 6s dan paling baru. Lantas apakah iPhone 5, 5s, dan 5c bisa update iOS 15? 

1. Berdasarkan penelusuran, Apple hanya menyebutkan daftar iPhone yang mendapatkan update iOS 15 antara lain: iPhone 6s, 6s Plus, iPhone SE 1 & 2 (2020), iPod Touch 7th Generation, iPhone 7 & 7 Plus, iPhone 8 & 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS & XS Max, iPhone 11 & 11 Pro & 11 Pro Max, iPhone 12 / 12 Pro / 12 Pro Max / 12 Mini. 

2. Sehingga menurut rumor yang beredar di forum XDA Developer belakangan, cara update iOS 15 di iPhone 5s, 5 dan 5c itu dipastikan tidak resmi. 

3. Kemungkinan software yang digunakan oleh pengguna iDevice pada forum internet itu bukanlah iOS 15 untuk iPhone 5, 5s dan 5c ya kawan. 

Jadi apabila ada iming-iming yang memberitahukan kalian kalau iPhone 5, 5s dan 5c sudah dapat atau kebagian upgrade maka bukan resmi. Kita tahu kalau mau upgrade iOS yang disarankan hanya lewat pengaturan smartphone saja (OTA). 

FaceTime SharePlay - Sekali sobat memulai aplikasi FaceTime Video Call dengan seseorang atau lebih dari satu orang, maka sekarang bisa membuka aplikasi seperti Disney+, Hulu, Netflix, TikTok dan aplikasi lainnya untuk menonton film bersama-sama. 

Penonton bisa pause atau mempercepat (Fast Forward), tanpa mengurangi sinkronisasi yang ada. Bahkan kalian juga dapat menggunakan iMessage selagi menyaksikan film, fitur ini tersedia di iPhone, Mac dan iPad. 

Akhirnya, sekarang sobat bisa bertatap muka lewat FaceTime Video Chat sama teman kalian yang memakai Windows dan Android OS. Jadi nanti ada link atau tautan yang bisa dibagikan / share, nah silakan berikan kepada teman, keluarga, pacar yang tidak memakai iOS untuk bergabung ke FaceTime. 

Penggunaan konsep link yang diterapkan Apple ini berguna untuk mencegah orang tidak jelas dan tak dikenal yang masuk ke dalam FaceTime kalian. Tapi waspada juga, jangan sampai teman kamu menyebarkan tautannya ke publik ya. 

Memang belum atau bahkan tidak ada cara update iOS 15 di iPhone 5, 5s dan 5c. Namun jangan berkecil hati, karena smartphone sobat masih tetap dapat digunakan sebab Apple tetap memperhatikan jumlah pengguna iDevice di seluruh dunia.