Cara Memasang M.2 SSD PS5 Menambah Kapasitas Penyimpanan

Bagaimana cara menambah M2 SSD di PS5 dengan pasang Storage atau memperluas penyimpanan dengan SSD tambahan. Kabar baik buat semua sobat gamers, karena PlayStation 5 kini sudah mendukung Expandable M.2 Expandable Storage pada update software terbaru. 

Fans telah merindukan PlayStation 5 untuk akhirnya membuka kunci slot M.2 di PS5 mereka untuk penyimpanan yang dapat diperluas. Sony akhirnya mendengarkan pemain dan mengaktifkan fitur dalam versi beta dengan serangkaian persyaratan yang sangat khusus beberapa waktu lalu. 

cara pasang m2 ssd ps5 tambahan

Tetap saja, hanya beberapa orang terpilih yang dapat menguji fitur ini dan masyarakat umum sedang duduk manis, tunggu nanti rilis versi publik. 

Nah, inilah saatnya untuk bergembira karena pembaruan perangkat lunak sistem besar-besaran edisi kedua, yang dirilis pada September 2021 terdapat update yang dinantikan oleh gamers. 

Akhirnya Sony menambahkan dukungan M.2 yang memungkinkan sobat untuk memperluas penyimpanan sistem PS5. Bukan cuma itu, lebih banyak lagi dalam pembaruan ini seperti pemambahan fitur. 

Audio 3D untuk Speaker TV PS5

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan ini, mari kita bahas fitur lain yang telah ditambahkan Sony dalam pembaruan ini, dan ada banyak fitur lainnya. 

Tidak diragukan lagi, tambahan yang paling menonjol adalah dukungan Audio 3D untuk speaker TV. Sekarang, sobat dapat memanfaatkan kekuatan Tempest Engine dan menikmati Audio 3D di speaker asli TV kalian. 

Pembaruan terbaru akan memungkinkan pemain mengubah audio yang berasal dari speaker saluran ganda menjadi lanskap suara tiga dimensi. 

Audio 3D telah didukung dengan headset sejak diluncurkan tetapi pembaruan besok menandai pertama kalinya tersedia di speaker TV. 

Untuk benar-benar menggunakan audio 3D, sobat harus mengukur ruangan secara akustik, yang pada dasarnya adalah istilah awam untuk "koreksi ruangan". 

Mikrofon di pengontrol DualSense PS5 kalian akan digunakan untuk mengukur akustik ruangan dan mengoptimalkan suara yang sesuai.

Dukungan M.2 SSD Menambahkan Kapasitas PS5


Setelah berbulan-bulan menunggu dengan tidak sabar, Sony telah mendengar teriakan para penggemar dan siap memberikan apa yang mereka inginkan. 

Hampir 10 bulan setelah diluncurkan, PS5 akhirnya mendapatkan dukungan untuk penyimpanan yang dapat diperluas. Baca juga: Tips Merawat PS5 Agar Tidak Mudah Rusak.

Slot M.2 PlayStation 5 akan dibuka dengan pembaruan ini, membuka pintu buat banyak peluang penyimpanan di PS5. Tidak perlu lagi menghapus dan menginstal ulang game, sekarang sobat cukup membeli SSD M.2 di e-Commerce kesayangan dan menikmati game favorit sobat langsung darinya. 

SSD M.2 memungkinkan pemain mengunduh, menyalin, dan memainkan game PS5 dan PS4, bersama dengan aplikasi media seperti Netflix dan Spotify. 

Sobat dapat memainkan game langsung dari SSD M.2 atau mentransfer game antara penyimpanan internal dan eksternal sepuasnya. 

Sebelum sobat memutuskan untuk mencari serta membeli SSD M.2 termurah yang tersedia di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, JD ID, kalian harus mengetahui persyaratannya dengan baik. 

Sony telah menetapkan kode ketat untuk apa saja jenis M2 SSD yang memenuhi syarat sebagai kompatibel dengan PS5 dan apa yang tidak. 

Ada ukuran dan standar kinerja yang harus dicocokkan oleh SSD M.2 agar dapat bekerja di PS5. Sobat dapat melihat persyaratan resmi di situs web PlayStation 5. 

Meskipun demikian, pedoman Sony tampaknya agak terlalu keras karena banyak orang di komunitas telah menguji drive yang seharusnya tidak kompatibel di atas kertas, namun bekerja seperti biasanya alias berfungsi normal tanpa kendala atau error. 

Saya menulis artikel tentang seluruh masalah pemasangan M.2 SSD PS5 penyimpanan yang dapat diperluas ini, membandingkan dua rute yang sangat berbeda yang dipilih Microsoft dan Sony untuk mengatasi masalah ini. 

Cara Pasang M.2 SSD PS5 Menambah Penyimpanan Internal


Untuk menggunakan penyimpanan yang dapat diperluas di PS5 (Expandable Storage) sobat harus melepas panel samping dari perangkat. 

Pastikan kalian telah mencabut kabel power atau daya, langkah ini sedikit rumit, tetapi tenang saja karena bodi PS5 lumayan kokoh, jadi jangan khawatir, sobat tidak akan mematahkan panelnya. 

cara menambah ssd ps5 m.2 kapasitas

Setelah melepas kedua panel, kamu perlu menemukan slot SSD M.2. Letak posisinya ada di sisi kiri kipas; itu di sisi tempat disk drive PS5 berada. 

Sobat memerlukan obeng untuk membuka penutup pada slot SSD M.2, dan untuk melepaskan sekrup yang memasang drive pada tempatnya. 

Setelah penutup dilepas, kamu akan menemukan sekrup hitam yang disediakan Sony di bagian paling atas di dalam slot. Lepaskan ini dan gunakan untuk menahan SSD pada tempatnya. 

Sony merekomendasikan untuk menggunakan SSD M.2 dengan heatsink, jadi jika sobat telah membeli yang Gen4, ada berbagai heatsink yang dapat kalian beli untuk ditempelkan ke SSD yang akan membantu pendinginan. 

Sekarang setelah M.2 SSD terpasang, sonat dapat memasang kembali penutup pada slot dan kemudian dengan perlahan menggeser panel samping kembali ke tempatnya di kedua sisi. Sambungkan kembali kabel daya, dan nyalakan PS5. 

Jika SSD M.2 yang sobat beli tidak kompatibel, kalian akan menerima peringatan dari PS5 bahwa sobat memerlukan drive Gen4 dengan setidaknya 256GB ruang. Simak: Rental PS5 Pertama di Bandung.

Sebaliknya kalau tidak, kamu harus melanjutkan dan memformat drive untuk digunakan di PS5. Pastikan sebelum melakukannya kamu telah mencadangkan data penting di drive jika telah menggunakannya di sistem lain. 

Memformat membutuhkan waktu kurang dari 10 detik pada drive Corsair Force MP600 (2TB). Setelah pemformatan selesai, PS5 akan dengan cepat menguji kecepatan drive dan memperingatkan sobat bahwa jika memiliki masalah dengan game yang diinstal pada SSD M.2, coba pindahkan ke penyimpanan internal. 

Sobat kemudian dapat dengan bebas memindahkan game PS5 yang diinstal ke penyimpanan SSD M.2, atau menginstal game baru dari PlayStation Store langsung ke penyimpanan. 

Selama pengujian, butuh waktu sekitar 30 detik untuk memindahkan satu game besar dari penyimpanan internal ke drive Corsair Force MP600 Pro (2TB). 

Begitulah panduan bagainana cara memasang M.2 SSD di PS5 untuk menambahkan kapasitas penyimpanan internal dan eksternal supaya makin lega ruang buat menyimpan banyak game PS4 atau PlayStation 5.