Cara Merawat PS5 Agar Awet Tidak Gampang Rusak

cara merawat ps5 agar awet

Sebagai barang elektronik, secanggih apapun PlayStation 5 bisa mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. Maka dari itu sebagai gamers yang bijak, sudah seharusnya sobat mulai menaruh perhatian lebih kepada PS5 yang kalian miliki. Bukan cuma jago memainkannya saja.

PS5 dirancang sedemikian rupa canggihnya untuk meminimalisir berbagai macam jenis kerusakan yang mungkin menghampiri. Itulah alasan Sony melakukan RnD atau Research and Development (Penelitian & Pengembangan) bertahun-tahun. 

Tetapi agar tetap awet digunakan untuk jangka waktu yang lama, sebuah PS5 harus diperhatikan perawatannya sehingga tetap berjalan mulus seperti saat pertama kali beli. Apalagi jika sobat bermain game di PlayStation 5 hampir setiap hari. 

Walau kita bisa menggunakan klaim garansi PS5 ke pusat perbaikan Sony Indonesia, tetapi tidak selamanya sobat akan terus mengandalkan Service Center tersebut. Karena suatu waktu garansinya bisa kadaluwarsa. 

Maka dari itu sisihkan waktu sedikit untuk lakukan beberapa tips merawat PS5 berikut ini: 

1. Menjaga Suhu 

Suhu yang panas berlebihan atau overheat kerap menjadi permasalahan utama mayoritas barang elektronik seperti TV, Smartphone, Laptop, Komputer sampai termasuk PS5 ini. 

Apalagi spesifikasi canggih PS5 punya mesin CPU dan GPU yang nyaris setara PC Gaming dibalut dalam satu boks warna hitam putih minimalis ini, maka terkesan sangat wajar apabila suatu waktu mengalami peningkatan suhu sampai panas di bagian mesinnya. 

Untuk menghindari panas berlebih, sangat tidak disarankan menyimpan PS5 di dalam sebuah kotak kaca atau lemari kayu yang tertutup. Saat dimainkan, mesin akan kesulitan membuang udara panas sehingga menetap di sekitar & kurang bagus buat PlayStation 5 kalian. 

Gunakan penyangga atau Deck khusus PS5, intinya kasih ruang di atas, bawah dan samping kiri/kanan mesin PS5 kalian, fungsinya supaya sirkulasi udara lebih lancar. 

Selain itu jangan menempatkan barang apapun di atas mesin PlayStation 5 jika kalian menaruhnya dalam posisi horizontal. Perhatikan juga kabel di sekitar, lebih rapi kan makin baik, jangan menumpuk kabel juga ya. 

2. Membersihkan Debu 

Sejak zaman PS1 sampai PS5 sekarang, debu adalah musuh utama yang harus diatasi secepat mungkin. Karena debunya yang masuk ke mesin itu selain sulit dikeluarkan juga bisa menjadi penyebab sejumlah komponen PlayStation tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Sobat cukup bersihkan perlahan debu yang menempel di sekitar PS5 menggunakan kain lap berbahan dasar lembut & cairan pembersih khusus untuk barang elektronik seperti HP. 

Debu yang dibersihkan bisa membantu sirkulasi udara PS5 lebih baik. Perhatikan juga ventilasi udara di tempat kalian bermain & menyimpan PS5, ada baiknya memang membuka jendela ketika main di siang hari.

3. Mengganti Pasta Jika Perlu

Seperti halnya PS3 dan PS4, juga PC, sobat harus rajin ganti pasta PS5. Mesin akan otomatis memproduksi panas yang terbilang wajar & normal setiap kali PlayStation 5 kalian digunakan untuk main game. 

Namun penggunaan PS5 juga mengonsumsi pasta untuk meminimalisir suhu panas secara otomatis dari dalam mesin. Penggantian Thermal Paste ini pun wajib dilakukan rutin setidaknya setahun sekali tergantung pemakaian, selengkapnya sobat bisa baca artikel: Kapan Harus Ganti Pasta PS5?

4. Memperhatikan Peletakkan PS5 

Sudah kita ketahui bersama kalau PS5 dapat diletakkan dalam posisi vertikal (berdiri) atau horizontal (tertidur/menyamping), semua bergantung pada selera pengguna atau menyesuaikan space/ruang yang tersedia di masing-masing tempat. 

Letakkan PS5 kalian dalam posisi apapun asalkan tempatnya agak terbuka, maksudnya permukaan rata dan lebar misalnya di atas meja. Yang di kiri-kanannya tidak ada barang lain, tidak disarankan menyimpan PS5 di atas karpet, kasur, bantal atau berbahan kain/lembut karena bakal menghambat sirkulasi udara. 

5. Meminimalisir Penggunaan Tombol Fisik

Mungkin sebagian dari sobat sudah terbiasa menghidupkan dan menonaktifkan PS5 dengan menekan tombol fisik yang terdapat pada mesin PlayStation 5 ini. 

Nah, kadang ini juga bisa jadi pemicu kerusakan yang akan menghambat ke komponen lain di dalamnya. Silakan baca: Cara Menyalakan dan Mematikan PS5 yang benar agar tak terjadi kesalahan penekanan tombolnya.

Memang susah-gampang tapi merawat PS5 harus tetap dilakukan, ini juga untuk kebaikan sobat terutama pemilik rental PlayStation 5 agar bisa terus dipakai dalam jangka waktu lama meski nantinya muncul PS5 Slim dan PS5 Pro.