Skip to main content

Cara Menyalakan PS5 dan Mematikan yang Benar Tanpa Tombol

cara menyalakan ps5 menghidupkan tanpa tombol

Kadang ada sobat gamers yang saking ingin menjaga PlayStation 5 miliknya harus memperhatikan segala macam perawatan perangkat agar tidak mudah rusak ya. Termasuk bagaimana cara menghidupkan PS5 serta mematikan PS5 yang baik dan benar. 

Karena kalau kita asal tekan tombol hanya dengan menebak-nebak, bisa jadi justru salah pencet. Yang tadi niatnya mau menyalakan PS5 ternyata membuat perangkatnya jadi bertingkah aneh. 

Ada sejumlah metode untuk menghidupkan PlayStation 5 kalian. Misalnya, yang pertama bisa usap atau tekan tombol bagian depan kanan, jika posisi PS5 tidak berdiri atau diposisikan horizontal letaknya di sebelah kanan Disc Drive. 

Sederhananya letak tombol Power pada bagian depan PS5 ukurannya lebih besar dibanding tombol lain, ini sengaja dibentuk sebesar itu oleh Sony agar pengguna mudah mengenali & terbiasa. 

Sementara di sampingnya tombol Eject DVD atau buat mengeluarkan kaset game. Memang kalau dilihat agak jauh dua tombol ini tidak begitu terlihat, karena warnanya menyatu dengan bodi dalam PS5 yaitu hitam. 

Kalau sobat menempatkan PS5 di posisi vertikal atau berdiri, maka letak tombol Power berada di bagian paling bawah. Cukup tekan sekali saja untuk menyalakan PS5 kalian tanpa harus menahan terlalu lama. 

Pada pembaruan firmware bulan lalu, pengguna bisa menyalakan PS5 tanpa harus menekan tombol fisik power dengan menggunakan stik atau controller DualSense, dengan catatan masih ada daya baterai tersisa di stiknya.

Cara Mematikan PS5 Menonaktifkan Perangkat Sepenuhnya 

Sekarang sobat sudah paham menghidupkan PS5, lalu gimana caranya menonaktifkan PS5? Disini saya merekomendasikan mematikan PS5 lewat software tanpa harus tekan tombol lagi. 

Ini sangat disarankan juga oleh Sony, kenapa demikian? Supaya kita meminimalisir penggunaan tombol fisik sehingga tidak terjadi kerusakan, sejak PS3 dan PS4 memang mereka menyarankan hal ini untuk kebaikan juga. 

Lebih sering kalian mungkin ingin mematikan PS5 melalui perangkat lunak (software), sehingga sobat dapat melakukannya menggunakan pengontrol DualSense tanpa turun dari sofa. 

Jika sobat adalah pemain PS4 maka naluri kalian mungkin untuk menekan tombol logo PS. Sama di PS5 juga begitu, cukup tekan dan tahan tombol ini – tombol ini terbuat dari logo PlayStation tepat di antara stik analog pada controller DualSense.

Menekan tombol akan menampilkan kartu aktivitas PS5 (Activity Cards),  bersama dengan menu yang memungkinkan kamu mengakses notifikasi, obrolan chat, unduhan, dan lainnya. Pengaturan daya berada di ujung paling kanan – Tips: alih-alih menggulir ke kanan, cukup ketuk ke kiri sekali dan kursor stik PS5 akan berputar ke ujung. 

Ketuk itu, dan sobat mendapatkan tiga opsi daya: 

Masuk ke Mode Istirahat: Ini membuat PS5 tertidur, tetapi tergantung pada pengaturan daya yang diatur oleh sobat, itu akan terus mengunduh dan menginstal game dan pembaruan (firmware update), dan mengisi daya alias cas stik PS5 apa pun yang dicolokkan ke port USB. 

Matikan PS5: Ini sepenuhnya mematikan PS5. Gunakan ini apabila kalian akan mencabut PS5 dari daya listrik, atau hanya ingin menghemat daya. 

Restart PS5: Ini mematikan dan menghidupkan kembali PS5 – ideal bila suatu waktu sobat mengalami masalah teknis dan berharap hanya dengan restart dapat memperbaikinya. 

Cara Menonaktifkan Suara PS5 dan Musik Menu & Pada Semua Game 

Ini tips tambahan sebenarnya, disini kita bakal kasih tahu cara mematikan musik di dasbor XMB PS5 atau halaman depan/homescreen ketika memilih game. Berikut panduannya: 

1. Dari halaman utama, tap pada menu Pengaturan (Settings) yang terletak di pojok kanan atas. 

2. Kemudian akan dialihkan ke halaman baru, cari menu bertuliskan Sound (Suara/Audio). 

3. Di bagian kiri ada tiga opsi, maka pilih Audio Output. 

4. Berikutnya gulirkan layar ke bawah, sampai bertemu dengan bagian General (Umum), nonaktifkan toggle untuk menu Home Screen Music (Turn off). 

Musik menu PS5 sekarang sudah berhasil dinonaktifkan - perhatikan bahwa ini juga akan menonaktifkan musik apa pun yang diputar saat mengarahkan game di dasbor, tetapi bukan efek suara menu. 

Sobat gamers dapat menonaktifkan Efek Suara langsung di bawah tombol Home Screen Music di menu yang sama jika kalian menginginkan pengalaman navigasi PS5 yang benar-benar hening. 

Memang kini makin mudah cara menyalakan dan mematikan PS5, kalau dulu mungkin menghidupkan perangkat PlayStation mau tidak mau harus tekan tombol fisik di sekitaran PS, kemajuan teknologi membuatnya makin praktis.