Skip to main content

Perbedaan Pemain Casual Rise of Kingdoms dan HardCore Gamer

casual player rise of kingdoms rok

Sebagian sobat RoK pernah mendengar kata-kata "Casual Player" di Rise of Kingdoms. Ini memang terkesan biasa saja, tapi ternyata bisa menjadi referensi untuk mengetahui perbedaan seperti apa tipe gubernur di RoK, mari kita ulas mana saja pemain Casual dan Hardcore pada game ini. 

Mengutip dari Oxford Dictionary, Casual secara harfiah artinya lebih rileks, tanpa tekanan, tidak reguler & tak ada kekhawatiran lebih. Atau istilah singkatnya, "Seseorang yang melakukan sesuatu dengan santai & tak beraturan". 

Sementara Hardcore dapat diartikan sebagai maniak, paling aktif, totalitas, penuh komitmen. Biasanya orang yang hardcore terhadap sesuatu yang disukai cenderung mendedikasikan waktu, tenaga, materi & pikiran mereka untuk hal tersebut. 

Nah, ini berlaku juga di dunia game. Misalnya yang sedang kita bahas disini Rise of Kingdoms, seorang casual player bermain tanpa objektif dan sesuka hati kapan dia mau online sesuai mood saja. 

Peralatan Gaming

*Casual player Rise of Kingdoms cukup main game RoK di HP mereka, entah iPhone atau Android, apa adanya saja dan lebih praktis untuk dimainkan dimana pun.

*Pemain Hardcore lebih mementingkan tingginya hardware agar mendapatkan pengalaman bermain maksimal.  Contohnya: Harus main memakai BlueStacks Emulator di PC Rakitan senilai puluhan juta rupiah, aksesoris Mouse, Headset, Keyboard dengan spesifikasi mumpuni, setup ruangan senyaman mungkin. Baca juga: Mengatasi Lag Rise of Kingdoms. 

Perilaku 

*Kalau Casual Player Rise of Kingdoms main game cuma sekadar mengisi waktu luang. Login hanya untuk menghilangkan kejenuhan buat bersenang-senang. 

Tidak peduli kalah atau menang, karena kesenangan bermain game itu yang utama. Di Rise of Kingdoms memang mantap untuk menyelesaikan event bersama teman satu aliansi.

*Hardcore Player sebaliknya, mereka menganggap game RoK sangat serius terhadap hidupnya. Dedikasi tinggi, apalagi kalau dia jadi R4, harus memantau semua pemain di aliansinya baik update data & statistik tiap pemain khususnya sepanjang KvK. 

Tipe Hardcore tidak mau kalah, harus menang, biar pun pusing tujuh keliling, dia mesti cari cara biar memenangkan pertarungan. Mayoritas mereka lebih suka mengatur dari pada diatur.

Waktu 

*Soal waktu yang dihabiskan, pemain Casual rerata kurang dari 2-3 jam per hari. Pokoknya kalau mereka merasa lagi ada waktu luang & bosan di kehidupan nyata, baru login ke RoK. 

*Sementara pemain Hardcore bakal melebihi 3 jam sehari setiap hari. Apalagi kalau ada war di Lost Kingdom, mereka siap begadang untuk membela kerajaan yang bahkan belum tentu peduli sama dia. 

Pengetahuan Game

*Casual: Tidak mau tahu terlalu banyak, siapa saja komandan yang harus difokuskan, apa fungsinya itu komandan. Bagaimana strategi KvK, harus lakukan apa untuk selesaikan event tertentu, kurang tertarik buat eksplor lebih jauh & tak peduli juga. 

*Hardcore: Mempelajari setiap seluk beluk game, apa saja yang harus ia lakukan & hindari. Ingin mencapai objektif, misalnya menambah poin individu di KvK supaya dapat Legendary Sculpture meski harus farming duel T1. Mengetahui seluruh trik dari tutorial YouTuber Rise of Kingdoms

Terkadang ada Hardcore yang terobsesi jadi bagian penting dari sebuah Kingdom, atau dianggap sebagai dewan kerajaan alias Kingdom Council di servernya. Jika ia tidak dipilih, lalu merasa kecewa & biasanya memilih migrasi. 

Pemain Casual jarang top-up, icon atau logo Minamoto no Yoshitsune masih ada? Tak masalah. Ketinggalan jauh? Ya biarin saja, power 40M tapi kiill points sedikit? Tidak peduli. Kena zero? Nothing to lose, mereka nggak akan depresi hanya karena game. 

Sementara Hardcore punya target sendiri. 200-300 hari pertama inginnya sudah expertise YSG (Yi Seong-Gye), Aleksander Agung (Alexanded The Great), Saladin, Charles Martel. 

Mereka juga seolah-olah merasakan tekanan wajib VIP 14 supaya mendapatkan 3 palbot gratis per hari, secepatnya unlock T5 sampai farming Barbarian Fort buat dapat Book of Covenant biar tidak insecure lagi karena progres temannya lebih cepat. Padahal Rise of Kingdoms adalah game RTS yang tidak ada tamatnya. 

* Saat Event Ceroli Crisis Datang

Casual Player: Lumayan, kita coba tes kalahkan bos ini di level tertinggi. Kalau gagal? Ya tidak masalah, masih lain waktu karena nanti eventnya bakal balik. 

Hardcore: Push terus harus menang hari itu juga mengalahkan seluruh bos dengan tingkatan tersulit, pokoknya harus memenangkan pertarungan sebelum event berakhir, seolah-olah Rise of Kingdoms besok tutup server. 

* Ketika War di Lost Kingdom KvK

Casual Player: Gabung perang secukupnya buat senang-senang. Kalau bosan? Ya sudah, mundur dan istirahat, teleport ke zona aman. 

Tidak dapat reward? Nggak peduli & tidak penting juga, yang penting sudah puas mendapatkan kesenangan. Lalu ganti main game lain.

Hardcore Player: Punya obyektif & misi sendiri, ingin terus war sampai minimal dapat Crusader Rewards. Rela mengesampingkan kegiatan di dunia nyata buat menjaga gengsi Kingdom di kvk. Pantang mundur selama pasukan masih ada, walau hospital sudah melampaui batas kapasitas. 

* Memilih Aliansi

- Rata-rata pemain Casual mengutamakan kebersamaan mereka dengan temannya, ingin berada satu aliansi dimana pun asal bersama rekan-rekannya supaya bisa menyelesaikan event & bersenang-senang bareng. 

- Sebaliknya, pemain HardCore cenderung memilih aliansi terkuat dalam hal jumlah power. Hal ini karena mereka ingin satu aliansi dengan pemain Big Spender yang sering top-up supaya mendapatkan Golden Chest atau GC. 

Tidak dapat dipungkiri, bahwa dapat GC itu disukai oleh hampir semua pemain Rise of Kingdoms. Karena Golden Chest berisi item atau hadiah yang bisa membantu progres seorang gubernur RoK lebih cepat. 

Itulah ciri-ciri perbedaan Casual Player Rise of Kingdoms dan Hardcore, sebenarnya hampir semua game punya dua jenis pemain seperti ini.