JKT48 Catat Rekor Spotify Kalahkan AKB48 dan BNK48

rekor jkt48 spotify

Apa kabarnya sobat wota, pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang kedigdayaan lagu Rapsodi. Ya, single original JKT48 pertama yang saat ini video klipnya sudah tembus 8 juta views di YouTube. 

MV lagu Rapsodi JKT48 diunggah pada Januari 2020 lalu. Mendapatkan respons dan komentar bagus dari para musisi Indonesia, lagu ini dibuat atas bantuan trio Laleilmanino yang seperti kita tahu merupakan produser musik ternama di tanah air. 

Saat diluncurkan ke jejaring YouTube, penggemar banyak yang penasaran dengan suami Shani Indira Natio pada MV. Itu sudah kita bahas di artikel: Siapa Pria yang Muncul di MV Rapsodi JKT48, sebelumnya silakan dibaca dahulu supaya tidak makin dibuat bertanya-tanya. 

Banyak anggota AKB48 Group juga mengeluarkan tanggapan positif atas kehadiran single orisinal JKT48 Rapsodi. Mulai dari Cherprang Areekul dan Music BNK48 yang bilang mereka berdua menyukai konsep videonya. 

Sampai melebar ke ranah China daratan, coba cek dulu pada: Tanggapan Fans SNH48 soal Lagu Rapsodi JKT48. Sampai mantan anggota JKT seperti Neneng Rosdiana (Ochi), Elaine Hartanto, Rezky Wiranti Dhike & Stella Cornelia sekali pun ikut mengapresiasi. 

"Lagunya enak, konsepnya cocok. Semua member di video klip totalitas sekali. Akhirnya ya kesampaian juga punya single original, congrats JKT48! Yuk bisa lebih maju lagi, semoga semakin sukses." kata Ochi Rosediana di Insta Story. 

General Manager JKT48, Melody Nurramdhani Laksani seperti dilansir CNN Indonesia juga mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan waktu cukup lama untuk memproduksi lagu Rapsodi. Mulai dari proses perizinan, pembuatan hingga produksi. 

Kerja keras dan jerih payah tersebut tampaknya berbuah manis. Karena ternyata sekarang per Juli 2021, lagu Rapsodi memecahkan rekor baru di platform streaming musik digital Spotify. 

Rapsodi membantu grup menorehkan angka Monthly Listener atau Pendengar Bulanan hingga 586,729 saat artikel ini dibuat, artinya JKT48 sukses melangkahi seniornya AKB48 yang punya angka 394,728 dan juniornya BNK48 dengan 108,362 pendengar bulanannya. 

Apa faktor kesuksesan ini? Selain karena lagunya tentang percintaan & asmara, yang notabenenya mudah diterima di kalangan masyarakat Indonesia, Rapsodi juga sering digunakan di aplikasi berbagi video pendek TikTok. 

Ya, banyak TikTokers dan seleb TikTok menggunakan lagu Rapsodi JKT48 pada video mereka sehingga kemunculannya di FYP membuat publik penasaran dan ikut mendengarkan lagunya. 

Bukan cuma JKT48 dengan lagu Rapsodi, banyak artis yang sebelumnya tidak banyak diketahui kini makin populer lagunya berkat TikTok. Memang secara tidak langsung, keberadaan TikTok cukup membantu musisi mempromosikan karya mereka.