Skip to main content

5 Grup yang Harusnya Jadi Saingan JKT48 di Indonesia

jkt48 starbe glass

Apabila sobat wota merupakan fans JKT48 yang sudah menyukai idol group asal Jakarta ini sejak lama, mungkin sedikit paham pesaing mereka ya. Kalau dulu memang lumayan banyak pada eranya. 

Sebut saja girlband kenamaan Blink, 7ICONS, Super Girlies, Cherrybelle. Namun mereka sudah lama tidak muncul ke permukaan publik untuk tampil, banyak yang anggotanya sibuk pekerjaan lain, ada yang telah menikah & mengurus anak. 

Sedangkan JKT48 masih tetap eksis sampai sekarang menjalani tahun ke-10, faktor regenerasi menjadi salah satu pembeda. Sejak girlband & girlgroup Indonesia angkatan Planet Remaja itu bubar & berhenti bermusik, sebenarnya sempat muncul idol group baru yang berambisi menyaingi JKT48. Siapa sajakah itu? 

1. Shojo Complex 
2. ABC 
3. GLASS 
4. Lusca 
5. StarBe 

Kita awali dari ABC, ini singkatan dari A Better Chance. Sebenarnya dibentuk oleh empat orang mantan personel ChiBi yaitu Ryn, Cherly, Gigi dan Steffy. ABC digadang-gadang saat itu bakal menyaingi JKT48. 

Apalagi menurut Cherly, mereka mengaku sebagai idol group, bukan Girlband. Ditambah pengelolanya adalah Yoshimoto Indonesia, perusahaan Yoshimoto di Jepang ini mengelola grup NMB48. 

Tapi semenjak diperkenalkan pada Maret 2016, grup ABC tidak lagi terdengar namanya. Bahkan tak banyak yang tahu apa saja lagu yang pernah mereka rilis, sehingga kehebohannya terkesan seperti angin berlalu. 

Kita lanjut ke GLASS, girlband yang sempat jadi perbincangan publik ketika diperkenalkan. Mereka menggaet mantan member JKT48, Triarona Kusuma alias Tya. Memiliki image & ciri khas mirip aespa, sebenarnya debut mereka dinantikan oleh banyak orang, termasuk fans JKT48 itu sendiri. Baca: Fakta Idol Group GLASS

Berikutnya ada Shojo Complex, lagi-lagi Yoshimoto Creative Agency mencoba membentuk saingan JKT48 di bulan Juni 2016 dengan melibatkan mantan anggota JKT48 Diasta Priswarini, menggunakan sistem re-generasi yang masih aktif sampai sekarang. 

Grup idola bergenre J-Pop ini menggabungkan konsep Japanese Pop dengan EDM. Di bawah naungan label Yoshimoto, Shoujo Complex sudah memiliki total tujuh member aktif saat ini dari dua generasi berbeda antara lain: Rei, Kethy, Flo, Gita, Irene, Chelle, dan Rizka. 

Terus juga ada StarBe, ini girlband lumayan stabil ya. Karena membernya yakni Chelsea Van Meijr, Kezia, Shella dan Abel lumayan populer di kalangan masyarakat umum. Warganet bahkan terkagum dengan wajah cantik Chelsea yang sering muncul di FYP TikTok mereka. 

Beberapa single dan lagu StarBe lain banyak yang memutarnya di platform streaming musik digital Spotify & JOOX. Dalam sejumlah kesempatan, angka pemutaran bisa lebih tinggi tiap perilisan single baru. 

Itulah daftar girlband yang seharusnya menjadi pesaing ketat JKT48 dalam berkarir di industri musik tanah air. Sebenarnya semakin banyak idol group dan girlgroup di Indonesia jadi makin bagus untuk mewarnai dunia hiburan seperti era 2008-2013 silam ya.