Apakah Rise of Kingdoms Boros Kuota? Simak Penjelasannya

Mungkin pertanyaan ini terbesit di benak beberapa pemain yang baru main atau akan memainkannya. Kibezaka sudah bermain Rise of Kingdoms sejak 2019, atau saat nama game ini masih Rise of Civilizations. 

apakah rise of kingdoms boros kuota

RoK adalah game online yang membutuhkan koneksi internet agar bisa terhubung ke semua fitur, tanpa terkecuali. Berbeda dengan sejumlah game online yang beberapa fiturnya bisa digunakan tanpa koneksi internet. 

Ketika ingin bermain Rise of Kingdoms, pengguna wajib mengaktifkan jaringan atau koneksi internet. Nah, yang menjadi pertanyaan apakah Rise of Kingdoms boros kuota? 

Sebenarnya game RoK sama sekali tidak menguras kuota data internet yang signifikan. Bahkan dari pengalaman saya bermain game ini, kuota 80MB pun bisa online berjam-jam. 

Kenapa demikian? Kalau kita sudah mengunduh seluruh konten dan data serta fitur yang ada di dalam game ini maka tidak perlu lagi membutuhkan kuota internet yang besar untuk memuat ulang semuanya. 

Sekali pun ada pasukan lawan yang spawn, karena sudah masuk ke dalam bagian dari data di aplikasi game RoK jadi sistem akan otomatis memuat cache yang sudah tersimpan dan tidak memerlukan kuota untuk mendownload fitur tersebut. 

Namun yang mesti dicatat adalah, koneksi internet harus stabil. Dalam artian kita butuh PING (ms) yang kecil agar game berjalan dengan lancar tanpa lag, mirip dengan Mobile Legends dan mayoritas game online lainnya. 

Seperti diketahui, permasalahan game Rise of Kingdoms dalam hal teknis adalah kesalahan jaringan yang kerap muncul ketika situasi tertentu seperti misalnya event Lost Kingdom (KvK), kita sudah pernah membahasnya: Cara Mengatasi Network Timeout di Rise of Kingdoms.

rise of kingdoms kvk musim 3

Bahkan beberapa pengguna juga sering kesulitan masuk, jika sobat juga merasakan hal serupa silakan simak: Cara Memperbaiki Gagal Login RoK.

Dan isu yang paling sering dikeluhkan pemain Rise of Kingdoms adalah Lag/Glitch/Bug yang masih sering muncul, saya sudah bahas di artikel ini: Ternyata Main Rise of Kingdom Butuh Spesifikasi Tinggi.

kenapa lag rise of kingdom

Lilith Games sebagai developer (pengembang) dan pengelola game Rise of Kingdoms berupaya semaksimal mungkin mengurangi lag & bug yang terjadi setiap KvK berlangsung. 

Namun memang tidak bisa 100% tuntas, selain karena itu tergantung pada spek perangkat (HP/Tablet/PC) juga software yang berbeda pada tiap ponsel seperti Android menjadi pemicu. 

Balik lagi, Rise of Kingdoms tidak boros kuota internet. Justru irit & hemat. Cuma ya itu tadi, koneksinya mesti stabil tanpa ada interupsi supaya kita bisa menikmati game RoK dengan nyaman. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel