Ternyata Rise of Kingdoms Game yang Butuh Spesifikasi Tinggi

pc rise of kingdoms laptop emulator

Selama ini banyak yang menganggap bahwa PUBG Mobile & Genshin Impact game berat yang butuh spesifikasi gadget canggih agar lancar memainkannya. Ternyata ada yang lebih berat lagi, yaitu Rise of Kingdoms. 

Topik ini melanjutkan apa yang sudah kita bahas sebelumnya tentang mengatasi lag di Rise of Kingdoms. Bukan rahasia lagi bahwa game buatan Lilith tersebut membutuhkan spesifikasi tinggi. 

Setidaknya kalau PUBG dan Genshin Impact itu sudah optimal di smartphone canggih seperti minimal iPhone 8 dan Samsung mid-range Galaxy A51 cukup buat memaksimalkan performanya. Tapi RoK? Tidak menjamin!

Namun, spek tinggi ini dibutuhkan & berguna hanya pada saat tertentu. Misalnya ketika ada war, perang dalam game RoK itu benar-benar bikin frustrasi apabila kita menggunakan perangkat yang tidak dapat menampung kerumunan pasukan dalam satu waktu, istilahnya ngeframe

Selain macet, lag, glitch, bug, contohnya ketika ingin menyerang musuh kita yang biasa drag Marches atau pasukan ada delay sekitar 3-5 detik. Atau mau serang pasukan lawan tanpa drag, yaitu manual tap komandannya itu pun terkadang salah tap musuh. 

Alhasil yang tadinya mau menyerang Dragon Lancer T4 eh justru terkena Guan Yu T5 Full Equipment Legend pula. Inilah kenapa YouTuber, gubernur dan bahkan sekelas TC Ataturk saja setuju kalau Rise of Kingdoms masih butuh peningkatan lagi. 

Situasi glitch & lag saat war ini tidak hanya dialami pengguna smartphone Android dan iOS, tetapi mereka juga yang menggunakan PC rakitan main di emulator pun masih mengalami hal serupa. 

Sehingga semua orang di komunitas Rise of Kingdoms sepakat, bahwa sampai sekarang Lilith belum bisa sepenuhnya menghilangkan Lag & Bug saat war. Mungkin sekadar meminimalisir saja di tiap update Patch Notes

Itulah kenapa RoK otomatis mengaktifkan mode sederhanakan grafis (Simplify Graphics) ketika ada kerumunan pasukan terdeteksi pada layar. Jadi yang terlihat hanya komandan saja, ratusan ribu pasukannya dihilangkan dulu. 

Seorang pemain asal Inggris di grup komunitas Rise of Kingdoms Facebook berbagi pengalamannya. Dia merupakan gubernur RoK yang rajin top-up, main pakai Samsung Galaxy S21 Ultra, iPhone 12 Pro, iPad Pro 2021 M1 dan PC rakitan. 

Menurutnya, main di Android, tablet iPad dan iOS miliknya itu tidak cocok ketika ada war karena masih patah-patah, lag dan muncul Glitch. Jika sekelas iPhone 12 Pro masih mengalami hal demikian, maka tidak ada harapan untuk gadget smartphone dengan spek di bawahnya. 

Artinya, kemungkinan memang Lilith belum bisa 100% kurangi permasalahan lag pada game ini ketika situasi tertentu seperti war, Ancient Ruins, Altar of Darkness & event yang melibatkan banyak gubernur. 

Jadi solusi untuk saat ini memang seperti yang sudah pernah kita bahas di artikel sebelummya, hanya dapat meminimalisir lag saja dengan menyederhanakan mode grafis  di pengaturan Rise of Kingdoms.