--> Skip to main content

Cara Mengganti Baterai iPhone 12 Pro Max Bongkar Casing Belakang

cara mengganti baterai iphone 12 pro max mini

Tutorial bagaimana cara ganti baterai iPhone 12 Pro Max sendiri dengan membongkar casing bodi belakang manual menggunakan alat sederhana. Seperti kita ketahui bahwa baterai merupakan salah satu komponen terpenting di smartphone saat ini. 

Tanpa baterai, ponsel tidak dapat digunakan sama sekali. Tapi banyak orang yang mengabaikan pentingnya menjaga dan merawat baterai smartphone untuk kebaikan jangka panjang perangkat yang mereka gunakan. 

Walau sebenarnya masalah baterai tidak dapat dihindari meski kita sudah menerapkan saran dan rekomendasi yang beredar. Sehingga ini seolah-olah memaksa pengguna mengganti baterai iPhone 12 Pro Max. 

Kapan waktu yang tepat ganti baterai iPhone 12 Pro Max? Pada iOS 12 ke atas ada sebuah fitur yang namanya Battery Health atau Kesehatan Baterai letaknya di Pengaturan (Settings) iPhone. 

Berbasis persentase, kalian bisa memantau berapa persen kesehatan baterai iPhone saat itu juga. Angkanya bisa menetap, tapi dapat berkurang juga seiring berjalannya waktu dan terus-menerus digunakan. 

Soal berapa berkurangnya Battery Health yang normal di iPhone 12 Pro Max, itu tergantung pemakaian tiap user pastinya berbeda-beda. Ada yang baru sebulan sudah turun ke angka 95%, tidak sedikit juga yang setahun cuma menurun 2%. 

Lalu bagaimana cara ganti baterai iPhone 12 Pro Max sendiri di rumah? Yang pasti kalian wajib siapkan alat-alatnya, seperti obeng phillips, hingga satu unit Baterai pengganti yang original. 

--- UPDATE: Bagian ini tadinya berisi panduan cara mengganti baterai iPhone 12 Pro Max. Namun kami tarik terlebih dahulu, karena sebaiknya jika masih dalam keadaan garansi bisa klaim ke Apple. Itu rekomendasi banyak pihak.---

Apa yang harus diperhatikan agar baterai tidak cepat rusak? Sobat harus menjaga dengan baik dan memperhatikan frekuensi penggunaan ponsel, berikut cara merawat baterai iPhone 12 Pro Max. 

1. Hindari Overheat - Panas berlebih dapat menyebabkan kesehatan baterai cepat menurun dalam waktu singkat. Menghindarinya dengan membuka jumlah aplikasi sewajarnya dan dibatasi saja. 

2. Charging - Usahakan jangan membiarkan baterai ponsel habis total sampai 0% atau perangkat otomatis nonaktif karena kehabisan daya. Apabila terjadi berulang kali dapat merusak baterai iPhone 12 Pro Max. 

3. Powerbank - Menggunakan powerbank tidak dilarang, tetapi pastikan hanya digunakan dalam keadaan tidak memungkinkan untuk cas HP lewat colokan saja. Memakai Powerbank tiap hari juga jadi penyebab kesehatan baterai iPhone 12 Pro Max menurun. 

4. Main HP Sambil Dicas - Banyak orang bilang, kita tidak seharusnya bermain smartphone sambil charge. Meski itu benar, tapi kecanggihan teknologi ponsel zaman sekarang masih bisa menerima kebiasaan manusia era modern ini. 

Memainkan iPhone 12 Pro Max sambil charging kalau cuma buat cek aplikasi ringan seperti membalas iMessage / SMS, menerima dan membaca chat WhatsApp, browsing beberapa menit, mungkin masih bisa ditolerir. 

Tapi sebaliknya, apabila dicas saat main game itu yang sama sekali tidak disarankan. Lagi pula tujuan kita charging smartphone kan untuk mengisi baterai, kalau dimainkan sambil dicas itu seolah-olah menunda pengisian sampai penuh. 

Ada baiknya menghindari kebiasaan yang dapat merusak baterai ponsel. Apalagi sekarang iPhone 12 Pro Max sudah dibekali teknologi Fast Charging 20W yang mengisi penuh daya baterai hanya dalam waktu satu jam. 

Cara membedakan baterai iPhone 12 Pro Max original / Asli dengan yang KW atau Palsu agak sulit memang. Kapasitas 3687 mAh jenis non-Removable Li-ion battery dan harga mungkin bisa bervariasi.

Itulah panduan kami tentang cara mengganti baterai iPhone 12 Pro Max dan iPhone 12 Mini sendiri secara manual dengan membongkar bodi belakang casing atau backcover smartphone tersebut.