Foto Skandal Callista Alifia JKT48 Callie Beredar, Benarkah?

Selamat sore menjelang pagi sobat wota yang budiman, apa kabarnya nih. Pada kesempatan ini kita bakal membahas tentang skandal Callie JKT48 alias Callista Alifia yang lagi viral di Instagram, Facebook dan Twitter. 

skandal callista alifia jkt48 kasus graduate

Sebelum kita membahas lebih jauh soal kasus Callista Alifia JKT48 ini, mari kilas balik dulu. Mengenai peraturan, apakah aturan yang dilanggar Callie itu memang ada? 

Dalam hal ini adalah Golden Rule (Peraturan Emas). Dulu kalau tidak salah ada member JKT48 yang diundang ke acara TV, dan mereka bilang tidak boleh pacaran di grup ini. Jadi apakah itu memang ada atau tidak? Atau pernah ada tapi sudah tidak berlaku? 

Nah, asal mula Golden Rules dulunya member senior AKB48 lagi galau. Yasushi Akimoto melihat penampilan beberapa anggota AKB tidak maksimal, ia menghampiri dan bertanya pada salah seorang member bernama Atsuko Maeda. 

Acchan bilang kalau dirinya sedang merasa campur aduk antara kecewa, bingung, sedih dan patah hati perasaannya tidak karuan jadi dia minta maaf karena belum bisa memberikan yang terbaik. 

Entah dapat pencerahan dari mana, Oppa Aki-P mulai memberlakukan Aturan Anti Cinta. Ia sangat anti terhadap cinta-cintaan bagi gadis remaja muda, karena hal itu dapat merusak fokus, disiplin, bahkan masa depan seseorang. 

Akimoto Yasushi langsung menegaskan kepada semua member, dan memberikan peringatan: barangsiapa yang ingin bertahan di grup ini maka tinggalkan kekasih atau pacarnya. 

Jadilah aturan emas itu berlaku selama hampir dua dekade hingga sekarang ini. AKB48 kemudian membentuk sister group dalam dan luar Jepang, yang secara otomatis ikut peraturan ini juga. 

Ternyata menurut pakar, pengamat dan netizen, Golden Rules yang diterapkan Aki-P sangat ampuh untuk mengembangkan bisnis Idol You Can Meet ini. Sehingga diterapkan juga sama manajemen idol group Jepang lain (non-48 Group).

Nah, di JKT48 sendiri dulu pernah ada wali member yang mengatakan bahwa Golden Rules memang ada, nyata dan tertulis di regulasi kontrak. Ia bahkan sampai mengunggah foto lembaran-lembarannya. 

Itu juga dibuktikan dengan hukuman yang berikan kepada member-member terdahulu, yang hanya karena satu foto langsung dihukum, sanksi, skors, hingga berujung pemecatan (jarang terjadi). Atau cuma dijadikan penenang situasi & kondisi saja(?)

Pada 2014, Golden Rules ini juga sempat bocor di media dengan isi lebih lengkap, berisi bahwa member dilarang merokok, mengonsumsi minuman beralkkohol, make up yang menor, foto dengan fans pria atau wanita di luar event dan lain-lain. 

kasus skandal callie jkt48 callista alifia graduate

Lalu apa yang terjadi pada skandal Callista Alifia JKT48 ini? Jadi sebuah foto beredar bahwa Callie sedang bercengkerama dengan seorang laki-laki, foto yang dalam bentuk kolase 4 gambar di laptop (foto pertama di atas tadi).

Konon, fotonya diambil sebelum Callie melakukan siaran langsung di SHOWROOM Live Streaming. Foto pertama diunggah oleh akun Twitter anonim yang baru dibuat dengan username (@Fjkt4855772421)

Pro dan kontra muncul, ada yang bilang biarkan saja. Ada juga yang meminta ketegasan. Salah satu yang kontra ialah akun @poseidap. Ia menuliskan begini:

"Ternyata udah di normalisasikan ya member yg di belakangnya udah punya pacar? Mending member yg di belakang punya pacar tuh di ganti sama yg pengen PENGEN banget jadi member JKT48 aja gak sih dan yg bener bener mau mematuhi "golden rules"?" 

"padahal peraturan nya tuh gampang gampang aja. kalo emang gak mau pacaran dari awal audisi ya ini lah tempatmu, kalo pingin menikmati masa muda ya tempatmu bukan di sini..."

"Dengan mendaftarkan diri atas kemauannya, hrsnya udh bersedia untuk ngikutin peraturan peraturan yg ada, termasuk peraturan yang “merampas” haknya buat pacaran di publik. CMIIW" tulis @nicecutji.

"Kadang suka kasian sama member yg emang bener" mencintai jkt48 dan taat peraturan tpi ngga di lirik usaha dan perjuangannya" - @lolixlrnza.

Tiga tweet di atas muncul awalnya lagi pada bahas kasus Ariella Calista Ichwan mantan member JKT48, meski sudah keluar akan tetapi menimbulkan kontroversi karena dianggap menyembunyikan skandalnya selama masih jadi anggota aktif, dan kini Go Public.

Padahal siklus yang beginian selalu terjadi berulang kali selama bertahun-tahun. Jadi isu skandal Callista Alifia JKT48 alias Callie akan berakhir seperti apa? Ikuti saja dramanya.