Cara Mengatasi Aplikasi Tempo Tidak Bisa Dibuka Edit Foto

Bagaimana cara memperbaiki aplikasi Tempo tidak bisa dibuka saat ingin upload foto dan mengeditnya? Tempo viral di TikTok, Facebook serta Instagram, bukan media online ya. Tapi sebuah platform untuk edit foto menjadi pengantin.

Warganet bisa menginstal aplikasi Tempo Music Video Maker secara gratis melalui Google Play Store (Android) dan App Store (iOS/iPhone). Namun apa jadinya saat ingin melakukan proses edit foto mengalami kendala, sehingga gagal digunakan.

aplikasi tempo tidak bisa dibuka

Beberapa permasalahan dialami pengguna, ketika aplikasi Tempo tidak bisa dibuka. Muncul notifikasi error, force close (keluar sendiri), hingga tidak dapat upload foto yang ingin diedit. 

Beberapa solusi berikut mungkin dapat membantu sobat mengatasi aplikasi Tempo yang tidak bisa dibuka, berlaku untuk semua HP Android dan iPhone

Hapus Cache

Menghapus file Cache akan membersihkan sampah yang menumpuk pada smartphone. Karena kita tidak mengetahui penyebab utamanya kenapa aplikasi Tempo tidak bisa dibuka, setiap pengguna bisa saja berbeda. 

Namun umum dilakukan ialah hapus Cache. Tenang, membersihkan Cache tidak akan menghilangkan data-data yang sudah tersimpan pada aplikasi serta ponsel sobat. 

Restart HP

Menyalakan ulang smartphone ibarat kata seperti menyegarkan komputer dengan tombol F5 (Refresh). Pada umumnya restart ponsel dapat dilakukan dengan menekan tombol Power beberapa detik, lalu pilih opsi "Reboot/Restart (Nyalakan Ulang). Hal ini diyakini dapat mengatasi aplikasi Tempo tidak bisa dibuka.

Install Ulang Aplikasinya

Jika sobat sebelumnya menginstal aplikasi Tempo melalui situs web pihak ketiga, disarankan uninstall lalu pasang kembali aplikasinya melalui platform resmi seperti Google Play Store. 

Memang disarankan install aplikasi jenis apa pun itu melalui Play Store dan App Store. Karena kita tidak tahu kalau di pihak ketiga apakah aplikasinya sudah disusupi iklan berlebihan atau yang lain.

Tidak Bisa Upload Foto

Sejumlah user menyebut mereka tidak bisa menemukan folder foto ketika ingin mengunggah beberapa gambar dari galeri HP ke template dalam aplikasi Tempo. 

Solusi terbaik ialah menghapus data aplikasi. Dengan hapus data, nanti ketika sobat membuka kembali aplikasi Tempo maka mereka akan meminta izin akses ke galeri. Inilah yang mungkin tidak sobat izinkan saat awal menginstal. 

Atau kalau mau lebih ribet sedikit, bisa masuk ke Pengaturan  (Settings) pada HP, lalu pilih Kelola Aplikasi (Manage Apps), dan cari aplikasi Tempo Music Video Maker. Cek pada menu "Izin" dan centang semua yang diperlukan seperti kamera, file manager, akses galeri.