3 Cara Mengembalikan Akun PSN di Banned Permanen

Bagaimana Cara Memulihkan Akun PSN yang di Ban Permanen. Sobat gamers pastinya merasa kesal jika mendapatkan notifikasi bahwa akun PlayStation Network ditangguhkan selamanya entah pada PS4 atau PS5. 

Hal ini akan sobat temui ketika menggunakan akun PSN untuk menikmati layanan Sony PlayStation. Hasil dari penangguhan akunnya berarti kalian tidak akan bisa menggunakan atau menikmati fitur PlayStation Network. 

mengembalikan akun psn dibanned permanen ps4 ps5

Artinya sobat harus membuat akun PSN baru lagi kalau sudah dibanned secara permanen. Contoh notifikasi atau pemberitahuan yang muncul sebagai berikut. 

"Akses ke PlayStation Network oleh akun ini telah ditangguhkan selamanya karena melanggar Syarat Layanan dan Persetujuan Pengguna PlayStation Network. (WS-37368-7). 

"You can't access PlayStation Network. You have either requested your account to be closed or have been banned for violating PlayStation Network Terms of Service and User Agreement." 

Penyebab Akun PSN Kena Banned Permanen

Berdasarkan pernyataan yang muncul di layar, ada sejumlah penyebab kenapa akun PSN di banned permanen. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. 

Akun PSN Dibajak - Sistem Sony kemungkinan mendeteksi adanya aktivitas ilegal yang ketahuan pada akun PSN sobat. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan lebih jauh, mereka menangguhkan akun tersebut. 

Ketahuan Beli Game Ilegal - Sony sangat tegas memberantas game bajakan di semua tipe PlayStation, termasuk PS4 dan PS5. Jika sobat membeli game secara ilegal dan terdeteksi oleh developer, bukan hanya akun game sobat yang disuspend, tapi potensi akun PSN dibanned sangatlah besar. 

Kegiatan Spam - Untuk kasus ini kebanyakan user tidak menyadari secara langsung. Namun melakukan spam dapat membuat akun PSN dibanned oleh Sony, seperti misalnya mengirim teks yang sama berulang kali. 

Penggunaan Mod dan Cheat - Sekarang game di PS4 dan PS5 itu banyak yang online, makanya pengembang atau pembuat game mencoba setegas mungkin memberantas pemakaian Mod/Cheat.


Ada pun untuk kode banned akun PSN bervariasi antara lain: 

• 8002A227 : Anda tidak bisa menggunakan PlayStation Network dengan akun ini. 

• 8002A231 : Akun PlayStation Network Anda sedang ditangguhkan (Sementara, diperlukan tindakan lebih lanjut)

• WS-37337-3 : Akun PSN disuspend sementara. 

• WS-37368-7 : Akun PSN di ban permanen. 

• WS-37338-4 : PS4 atau PS5 yang digunakan dibanned dari server PlayStation Network. Ini agak beda, bukan akun PSN yang bermasalah melainkan perangkat PS yang tidak bisa menggunakan layanan dan fitur PSN. 

Mengembalikan Akun PSN yang Dibanned

Langkah awal yang bisa sobat lakukan ketika akun PSN kena banned adalah mencoba mengembalikan dengan menghubungi Customer Service Sony. 

Terutama jika sobat tidak mengetahui alasan kenapa terkena banned. Jelaskan pakai bahasa Indonesia yang baku dan sopan, tanya kenapa akun PSN di banned, berikut beberapa platform CS Sony yang bisa dihubungi: 

• Chat Online: https://web.sony-asia.com/id/contact-us
• Chat Facebook: https://facebook.com/PlayStationAsia
• DM Twitter: https://twitter.com/AskPlayStation

Setelah menjelaskan semua kronologi dan data yang diminta, pihak Sony meminta sobat menunggu investigasi. Biasanya paling lambat 1-2 mingguan akan ada hasil follow-up dan jawaban diberikan.

Apakah akun PSN yang dibanned permanen akan kembali secara utuh beserta data PS4 dan PS5 di dalamnya? Tidak menjamin. Semua tergantung pada hasil penyelidikan tim Sony PlayStation.