Cara Menghapus Aliansi di Rise of Kingdoms Permanen Terbaru

cara hapus aliansi rise of kingdoms

Artikel ini menjawab sebuah pertanyaan dari salah satu pembaca tentang cara hapus aliansi Rise of Kingdoms di postingan keluar Alliance RoK. Aliansi RoK bisa dihapus secara permanen, tapi semenjak adanya kasus penyalahgunaan, Lilith mengubah konsep penghapusannya. 

Kalau dulu mau hapus aliansi di game RoK itu cuma beberapa tap tik-tok-tak selesai. Sekarang, sejak marak jabatan R5 disalahgunakan pemain untuk menghapus aliansi kebijakannya diubah. 

Ya, sudah banyak pemain yang jadi korban aliansi mereka tiba-tiba dihapus oleh Leader (R5) tanpa sepengetahuan member. Setelah diselidiki, akun Leader aliansi itu sudah diambil alih oleh orang tidak bertanggung jawab. 

Cara Hapus Aliansi Rise of Kingdoms

Sebelum menghapus aliansi pastikan sobat merupakan pemegang jabatan R5 atau Leader / Pemimpin di aliansi yang akan dihapus. Jangan lupa juga beri tahu anggota lain biar mereka tidak kebingungan nantinya. 

Kalau sudah sepakat semua dan memahami keputusan sobat, silakan ikuti panduan menghapus aliansi di Rise of Kingdoms: 

1. Login ke game RoK, pada tab navigasi langsung pilih Alliance (Aliansi). 

meghapus-aliansi-rise-of-kingdoms

2. Tap ikon roda gigi pada sisi kiri buat masuk ke menu dasbor pengaturan (Settings). 

menghapus-aliansi-rok-rise-of-kingdoms

3. Di sini kalian akan menemukan tombol Alliance Disbandment (Pembubaran Aliansi) silakan dipilih itu menunya. 

delete-alliance-disband-rise-of-kingdoms

4. Akan muncul pemberitahuan bahwa ada waktu 8 jam hitung mundur atau countdown sebelum benar-benar dibubarkan. 

5. Jika sudah yakin, ketik pada kolom yang tersedia dengan kata kunci DELETE atau HAPUS tergantung pada bahasa dalam game RoK yang sobat gunakan.

PENTING: Adanya hitung mundur pembubaran aliansi ini merupakan sistem baru dari Lilith untuk mencegah jika aliansi dibubarkan tanpa persetujuan mayoritas pemain lain. 

Hanya pengguna dengan pemegang jabatan Leader/Pemimpin (R5) yang bisa menghapus aliansi. Untuk Officer (R4) tidak akan tersedia opsi pembubaran aliansi pada poin 3 tadi.

Konsekuensi Membubarkan Aliansi

Sobat punya waktu kurang lebih 8 jam sejak konfirmasi pada poin nomor 6 tadi, untuk menyelamatkan aliansi jika terjadi kudeta. Siapa saja bisa mengajukan diri menjadi pemimpin/Leader dan membatalkan penghapusan ini sebelum countdown berakhir. 

Sebaliknya, apabila jika waktu tenggat yang sudah ditentukan berakhir, maka aliansi akan tehapus secara otomatis dan kredit aliansi (Alliance Credit) akan dihapus atau direset ke angka Nol. Jadi pertimbangkan lagi. 

Sangat jarang pemain menghapus aliansi kalau sudah di kingdom tua atau kerajaan yang terbentuk lebih dari 4 bulan ke atas. Kalau pun tidak dipakai aliansinya ya bisa diisi dengan akun farm. 

Kenapa demikian? Hapus aliansi itu sama saja mereset semua teknologi aliansinya, baik untuk farming atau buat war/perang. Istilahnya sayang-sayang gitu lah, makanya dipertimbangkan lagi. Kecuali memang aliansinya masih tergolong baru dibentuk belum ada semingguan. 

Sekian panduan cara menghapus aliansi Rise of Kingdoms yang sangat jarang terjadi kecuali kalau lagi Civil War RoK di kerajaan mereka, biasanya pemain enggan menyerahkan tahta jabatannya ke orang lain.