Makna dan Siapa Fans Far JKT48 yang Sebenarnya?

Setelah berhari-hari dibuat tertawa oleh kasus member Boyband UN1TY serta mantan anggota jeketi, Ara, sekarang kita kembali ke mode lebih santai dengan membahas tentang Fans Far JKT48 saja. 

Kalau sobat wota sudah termasuk yang menggeluti dunia peridolan AKB48 Group, khususnya JKT48, mungkin sudah tidak asing lagi ya dengan istilah Fans Far yang sering disebut-sebut penggemar jeketi di forum & media sosial. 

apa itu fans far jkt48

Secara harfiah, Fans Far artinya Penggemar Jauh. Atau mereka yang menggemari idolanya tapi jaraknya terlalu jauh untuk menyaksikan penampilan idola kesayangan secara langsung. JKT48 dalam hal ini berbasis di Jakarta. 

Lalu siapa fans far itu? Apakah mereka yang di luar Jakarta? Atau luar pulau? Luar negeri mungkin? Disini bakal kita bahas menurut beberapa versi mengenai Fans Far JKT48 dan ternyata ada versi berbeda. 

1. Luar DKI Jakarta

Balik lagi pada dasarnya JKT48 merupakan grup musik asal Jakarta dan sampai sekarang masih bermarkas di Daerah Khusus Ibukota tersebut. 

Tidak sedikit yang sepakat bahwa seseorang bisa dikatakan menjadi Fans Far JKT48 apabila berdomisili di luar Jakarta. Misalnya pengetik yang tinggal di Bekasi dan mengidolakan JKT48 berarti sebutan Fans Far itu tepat diberikan kepada pengetik. Simak juga: Asal Muasal Golden Rules JKT48 dan AKB48.

Namun ini masih jadi perdebatan hingga kini. Pasalnya, beberapa kota sekitaran Jakarta dinilai masih terlalu dekat buat disebut sebagai tempatnya para Fans Far JKT48. 

2. Luar Jabodetabek 

Sejumlah penggemar mengatakan, Fans Far JKT48 itu bukan sebutan yang pantas untuk penduduk Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi atau sering disebut Jabodetabek. Wilayah strategis nasional, bisnis dan administratif seolah-olah negara berpusat di area ini (Padahal memang iya).

Apalagi menurut salah satu responden, Jabodebatek sekarang sudah mendukung infrastruktur memadai berupa transportasi umum yang dapat mempermudah akses menuju pusatnya JKT48 di mal fX Sudirman, Senayan. 

Keberadaan KRL, LRT, Bus APTB hingga nantinya MRT yang diperpanjang ke luar Jakarta disebut sudah cukup membuat label "Fans Far JKT48" dihapuskan bagi penggemar yang berada di Jabodetabek. Baca: Film Dokumenter Fargirl Forty Eight JKT48.

Kesimpulannya, kalau tinggal di luar Jabodetabek berarti seseorang sudah sah dikatakan sebagai Fans Far JKT48. Apakah ada versi lain? Ternyata masih! Bukan, bukan fans JKT48 di Jepang atau luar negeri.

3. Jarak Tertentu 

Fans Far JKT48 adalah mereka yang harus menempuh jarak tertentu untuk bisa sampai ke teater atau Jakarta. Misalnya, menurut Bang Wawan kalau seorang penggemar rela tempuh lebih dari 55 kilometer buat nonton oshimen, maka dia adalah Fans Far. 

Angka 55 KM itu diambil dari rute terjauh kereta KRL jurusan Tanah Abang - Stasiun Maja, Rangkasbitung. Artinya, kata Wawan, kalau masih bisa ditempuh pakai KRL meski jaraknya 50KM maka dia bukanlah fans Far JKT48. 

Jadi intinya siapa yang disebut Fans Far JKT48? Bagi saya ya balik lagi ke masing-masing individu, ada yang menganggap jarak 10 KM dari rumahnya ke FX itu sudah terbilang jauh, ada pula yang 55KM disebut masih terlalu dekat ke Fx Sudirman.