Membahas Kasus Xie FeiFei GNZ48 dan Kritikan SNH48 Group

xie feifei gnz48 snh48

Sobat wota yang biasanya berkecimpung di fandom C-Pop khususnya SNH48 Group mungkin sudah mengetahui kabar skandal Xie FeiFei GNZ48 yang lagi menghebohkan penggemar 48 Family di negeri Tirai Bambu tersebut. 

Xie FeiFei adalah anggota grup vokal wanita GNZ48 Guangzhou yang memulai debutnya pada Maret 2018 dan terkenal berkat wajah cantik, imut lucu nan menggemaskan serta tariannya yang penuh semangat. 

Keahliannya di bidang menari tidak diragukan lagi. Ia juga mendapatkan pengakuan dari mantan anggota senior SNH48 seperti Ju Jingyi (Kiku) dan Xu Jiaqi (Kiki) setelah menunjukkan performa terbaiknya di atas panggung teater. 

Tapi skandal Xie FeiFei alias Qiezi alias Milu ini membuat namanya tercoreng akibat perilakunya sendiri. Wanita berusia 21 tahun yang memiliki hobi bernyanyi dan renang itu melontarkan kritikan pedas kepada manajemen SNH48. 

Shanghai Siba STAR48 selaku pengelola SNH48 Group di China daratan memang kerap mengeluarkan keputusan kontroversial yang mengundang amarah penggemar 48 Family disana. 

Baru-baru ini, kabar dari Weibo menyebut Siba memutuskan mengeluarkan pernyataan pengecualian Golden Rules bagi member SNH48, BEJ48, dan GNZ48 untuk menjalin hubungan romantis dengan pacar mereka secara terbuka dengan syarat tertentu. 

Syaratnya mungkin agak berat, yakni member yang diperbolehkan adalah mereka yang sudah aktif jadi anggota SNH48 Group selama lebih dari 9 tahun lamanya. Padahal hampir tidak ada personel mau bertahan selama itu. 

Bahkan anggota senior generasi pertama SNH48 seperti Kong Xiaoyin (Bee), Lu Ting, Zhao Jiamin (Savoki), Dai Meng (Diamond), Xu ChenChen, Chen GuanHui, Zeng Yujia, Li Yuqi hingga Tang Min menolak memperpanjang kontraknya di SNH. 

Sebab, bagi kebanyakan member sebenarnya satu periode kontrak yang berdurasi 9-10 tahun itu sudah cukup. Nah, berbicara soal kontraknya Siba nih, beberapa tahun lalu pernah ada konflik antara Savoki dan manajemennya sendiri. 

Jadi si Zhao JiaMin alias Savoki ini sudah tidak ingin berada di grup dan sangat mau keluar dari SNH48. Tetapi berdasarkan kontrak yang dia tandatangani sejak debut di 2012 silam, maka dirinya harus bertahan di SNH selama satu dekade atau 10 tahun. 

Memang peraturan dan regulasi mengenai durasi kontrak profesional di Siba saat itu masih dianggap terlalu berlebihan sehingga memaksa para member bertahan di grup selama sepuluh tahun itu. 

Meski banyak yang berhasil lepas dari SNH48 dengan status Lulus Secara Terhormat (Graduate), tetapi kritikan masih dilontarkan berbagai pihak terhadap Siba. Sebuah dokumen menuliskan tentang mereka yang sudah mengumkan kelulusan. 

Ternyata, seperti yang dialami Ju JingYi. Mantan member SNH48 yang masih berkarir di industri hiburan harus berada di bawah naungan Siba STAR48. Selain Kiku, contoh lainnya ada Dai Meng, Mo Han, Wu Zhehan, Wang Feisi, Jiang Yuxi dan Xu Jiaqi. 

Dalam kasus Savoki, bila manajemen menganggap seorang member memiliki prospek bagus maka akan diperjuangkan untuk bertahan di grup. Sebaliknya, jika ada yang bersikap seperti Savoki tetapi menurut mereka tidak memiliki potensi menarik perhatian publik, maka akan dikenakan sanksi perusahaan yang berlaku. 

Inilah yang dikritik oleh Xie FeiFei, dia mencoba mengungkapkan semua isi hatinya dan komentar atau opini melalui siaran langsung di platform khusus SNH48 Group yakni Pocket48 (mirip SHOWROOM Live) itu. 

Namun Siba menilai ini sebagai skandal Xie FeiFei yang dapat merusak citra dan nama baik perusahaan secara keseluruhan. Sehingga melalui GNZ48, Qiezi dikenakan sanksi tidak dapat hadir di segala kegiatan grup sementara.