Cara Agar Akun Telegram Tidak Muncul di Pencarian (Sembunyikan)

telegram indonesia

Bagaimana cara menyembunyikan akun Telegram supaya tidak muncul di halaman pencarian pengguna lain. Sebagai pesaing WhatsApp, sejak mengubah kebijakan memang WA cenderung mengalami pengurangan user yang beralih ke platform Telegram. 

Berbagai alasan kenapa Telegram banyak diminati pengguna. Salah satunya adalah sejumlah fitur unik yang tidak dapat sobat temukan di WhatsApp, mereka menilai Telegram tidak membosankan seperti WA. 

Nah fitur pencarian merupakan salah satu yang ada di Telegram. Dimana pengguna dapat mencari akun user lain, bergabung ke grup dan berlangganan ke suatu Channel secara gratis untuk menikmati konten dan informasi. 

Namun sayangnya sebagian pengguna tidak suka ketika akunnya berhasil ditemukan di pencarian (Search). Oleh karenanya berikut merupakan tutorial cara menyembunyikan akun Telegram dari pengguna lain agar tidak ditemukan. 

1. Login dan buka aplikasi Telegram, kemudian tap pada lambang tiga garis horizontal di pojok kiri atas. 

2. Selanjutnya pilih menu Settings (Pengaturan) untuk masuk ke letak dimana kita bisa mengatur akun. 

3. Setelah masuk ke Setting, silakan pilih Privasi dan Keamanan (Privacy and Security). 

4. Gulirkan layar sedikit ke bawah hingga menemukan opsi "Sinkronisasi Kontak" (Sync Contacts). 

5. Pada bagian "Contacts" silakan menonaktifkan toggle bar "Sync Contacts" dan pilih "Delete Synced Contacts". 

6. Selesai, sekarang orang lain tidak bisa menemukan akun Telegram sobat lagi di pencarian. 

Tapi kekurangannya jika suatu waktu ada hal penting dan harus menghubungi sobat, maka pengguna lain akan kesulitan memulai chatting. Solusinya adalah sobat harus mulai kirim pesan ke user yang dimaksud, atau mengirimkan tautan profil Telegram kalian. 

Maka dari itu sebelumnya sobat buatlah username dengan cara masuk ke Pengaturan, pada menu Username ketik uname yang ingin dijadikan ciri khas akun Telegram, atau bisa salin URL profil kalian. 

Lalu cara mengembalikan seperti semula bagaimana? Tinggal ikuti langkah di atas tadi, dan mengaktifkan (Turn ON) toggle bar pada bagian "Sync Contacts" lagi supaya orang lain bisa menemukannya. 

Demikian panduan cara menyembunyikan akun Telegram agar tidak bisa ditemukan oleh orang lain pada halaman pencarian pengguna serta tips supaya tetap terhubung ke user tertentu saja.