Skip to main content

Chat Import: Cara Pindahkan Percakapan WhatsApp ke Telegram

cara memindahkan chat whatsapp ke telegram

Bagaimana cara memindahkan history chat WhatsApp ke Telegram di Android dan iOS? Seiring dengan adanya kebijakan layanan baru dari WA membuat pengguna ramai-ramai berpindah platform untuk chatting. 

Beberapa aplikasi chat alternatif kedatangan pengguna baru dalam jumlah cukup banyak. Sebut saja Signal dan Telegram, dua pesaing WhatsApp yang bakal menjadi app messenger andalan berikutnya. 

Apabila sobat merupakan salah satu yang pindah, mungkin ingin juga impor chat WhatsApp ke Telegram. History chatting yang ada jadi tidak lagi memulai dari awal, apalagi jika terdapat pesan penting di dalamnya. 

Menanggapi banyaknya pengguna baru membuat pihak Telegram bertindak mendukung user dengan merilis fitur Import Chat. Sebab tidak sedikit mereka yang ingin pindah dari platform milik Mark Zuckerberg itu namun masih mempertimbangkan isi chat. 

Alasannya sederhana, pengguna ingin pesan penting dan dokumen di dalam chat WhatsApp diimpor ke Telegram tanpa harus menghapus. Maka dari itu dirilislah fitur Impor History Chat WA ke Telegram. 

Meski demikian, fitur ini sebenarnya juga bisa dilakukan tidak hanya untuk WhatsApp saja tapi memindahkan chat LINE ke Telegram juga, lalu KakaoTalk, WeChat beberapa aplikasi pesan instan lainnya. 

1. Langkah pertama buka ruang chat dengan pengguna mana yang ingin dipindahkan isi chatnya ke Telegram. 

2. Lalu tap pada ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas, kemudian pilih "Ekspor Chat". 

3. Setelah itu akan muncul notifikasi, jika memilih "Tanpa Media" maka semua dokumen, foto atau video tidak ikut diimpor. 

4. Sebaliknya, apabila sobat pilih "Sertakan Media", seluruh konten baik dalam bentuk teks, video dan foto akan diimpor dengan ukuran lebih besar. 

5. Berikutnya bakal ada pilihan platform mau diimpor kemana isi chatnya, pilih logo Telegram. 

6. Sobat kemudian dialihkan ke kontak pengguna Telegram buat memindahkan history chat tadi. Jadi pastikan penerima chat sudah memiliki akun Telegram. 

7. Kalau ada notifikasi pop up yang tampil, silakan tap "Impor / Import". 

8. Kemudian sobat tinggal menunggu proses impor berlangsung, biasanya memakan waku beberapa menit tergantung ukuran file. 

9. Setelah selesai prosesnya, cek kembali ruang obrolan dan tiap chat akan ada tulisan "Imported" artinya sukses dipindahkan. 
 
Sebagai info tambahan, cara memindahkan chat grup WhatsApp ke Telegram juga dapat dilakukan dengan trik tadi. Jadi bukan cuma chatting personal dengam pengguna lain saja, baik dalam bentuk teks tulisan, foto, file dokumen PDF, hingga video. 

Demikian tutorial cara memindahkan chat WhatsApp ke Telegram baik group atau personal, fitur yang dihadirkan ini memang mempermudah pengguna tanpa harus mengunggah ulang file yang dikirim.