Cara Kalibrasi Baterai Poco M3 dan Semua Tipe Terbaru

cara kalibrasi baterai poco miui

Bagaimana cara kalibrasi baterai Poco M3 dan Poco X3 NFC. Baterai pada smartphone merupakan salah satu komponen terpenting. Tanpa adanya daya batre yang mencukupi maka sebuah ponsel tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

Seiring berjalannya waktu, yang namanya perangkat elektronik bakal berubah dan menjadi melemah komponennya baik peranti lunak (Software) atau peranti keras (Hardware) yang makin lemot misalnya. 

Dalam kasus yang kita bahas yakni baterai termasuk komponen perangkat keras. Oleh karena itu, sobat harus menjaga sebaik mungkin baterainya. Termasuk melakukan kalibrasi baterai di HP Poco semua tipe. 

Jika sobat mengalami hal aneh di sektor baterai selama pemakaian smartphone Poco, maka harus dicek terlebih dahulu. Namun yang paling umum adalah persentase baterai tidak menentu, kadang error naik turun tidak jelas. 

Selain itu kalau lagi dicas, baterai lama penuhnya dari yang normal. Misalnya biasanya memakan waku 2-3 jam, tapi mendadak jadi lebih lama hingga 6 jam belum penuh. Padahal bisa jadi sudah 100% Full Charge, tapi status di persentase baterai belum berubah. 

Lalu apabila kalian sedang menggunakan smartphone hanya beberapa menit dan tidak bermain game, tapi persentase berkurangnya lumayan drastis. Ketiga hal tadi tentunya memicu pengguna buat lakukan kalibrasi baterai HP Poco M3, X3 NFC atau semua tipe. 

Seperti apa caranya? Apakah harus membawa unit ke Service Center Xiaomi untuk memperbaiki batre dan proses kalibrasi baterai Poco dilakukan di pusat perbaikan? Sebenarnya, sobat bisa melakukan kalibrasi HP Poco sendiri secara manual. 

1. Langkah pertama kalibrasi smartphone Poco sobat harus menyalakan perangkat dulu. 

2. Berapa pun sisa baterai saat ini, silakan langsung cas dan isi sampai penuh 100%. 

3. Diamkan dan hindari main HP selama kalibrasi, disini supaya kita charge lebih cepat. 

4. Apabila terdapat notifikasi baterai sudah penuh 100%, maka biarkan 5-10 menit sebelum mencabut kabel datanya. 

5. Kemudian matikan HP Poco sobat usai penuh, jangan langsung dimainkan.

6. Sambungkan kembali ke charger dan pastikan sudah 100%. Kalau penuh, cabut dan nyalakan. 

7. Mainkan smartphone sebagaimana biasanya, misal Gaming, Browsing, Chatting, Streaming dan berbagai aktivitas seperti biasanya. 

8. Selama digunakan ponsel akan terus berkurang baterainya, terus gunakan hingga baterai menunjukkan persentase 0%. Normalnya, smartphone Poco akan nonaktif jika daya baterai 0% sisanya. 

9. Setelah semua daya baterai habis dan HP Poco sudah nonaktif dengan sendirinya, maka biarkan jangan dinyalakan atau dicas, tunggu 10-15 menit. 

10. Lalu sesudah sepuluh menit menunggu, silakan di-charging dalam keadaan nonaktif, jangan dinyalakan. Isi baterai sampai Full Penuh 100%. 

11. Cabut kembali HP dari kabelnya apabila sudah ada pemberitahuan baterai penuh. 

12. Ulangi langkah di atas sebanyak tiga kali. Kalibrasi HP Poco memang ada yang butuh sekali saja atau 3 kali, semua tergantung preferensi pengguna apakah error yang dimaksud sudah kembali berfungsi normal. 

Kenapa disarankan kalibrasi HP Poco secara manual? Mengingat tanpa menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga, juga sudah sering digunakan sejak dulu hingga terbukti menyelesaikan permasalahan baterai HP Android. 

Catatan: Jangan memainkan smartphone selama proses charging berlangsung di tahap kalibasi agar tidak membutuhkan waktu lama. Nonaktifkan GPS, data seluler atau WiFi yang terhubung.

Harap diperhatikan juga ya sobat, kalibrasi Poco M3 dan X3 NFC atau semua tipe Poco tidak boleh dilakukan terlalu sering, alias jangan berlebihan. Cukup sebulan / 2 bulan sekali sudah membantu menyegarkan kondisi baterai. 

Menjaga baterai HP Poco supaya tidak cepat rusak itu penting, sebenarnya berlaku buat semua ponsel kekinian. Mengingat produk original dari komponen baterai asli sulit ditemukan secara terpisah di e-Commerce atau toko fisik juga. 

Demikian tutorial cara kalibrasi baterai HP Poco yang berlaku untuk semua tipe, sebenarnya juga dapat diterapkan pada smartphone Xiaomi lain baik Mi series atau seri Redmi selama masing menggunakan MIUI serupa.