Skip to main content

MNL48 Bubar terungkap penyebab kenapa dibubarkan

Jika sobat wota belum paham kenapa judulnya seperti itu di bawah ini akan kami jelaskan sebab terjadinya konflik yang bikin isu MNL48 Bubar beredar di media baik sosial, televisi hingga tabloid di Filipina.

Sebagai salah satu grup saudari AKB48 luar Jepang tersukses memang MNL48 memiliki banyak basis penggemar fanatik yang kompak. Setiap acara besar selalu memuncaki trending topik Twitter tagar buatan mereka.

Sayangnya kekompakan fans tidak diiringi dengan perbaikan kualitas pelayanan, konsep yang melenceng hingga transparansi pengelolaan menjadi awal mula rumor pembubaran MNL48 mencuat.

Pemindahan Teater

Sobat mungkin ada yang belum tahu kalau gedung theater MNL48 sempat menimbulkan tanda tanya besar. Setelah sebelumnya tertunda selama nyaris dua tahun, hampir rampung dengan bangunan sendiri, sampai akhirnya dipindahkan ke pusat perbelanjaan.

Jadi salah satu sebab MNL48 bubar bisa saja karena konflik berkepanjangan ini tak kunjung usai. Sebuah akun penggemar yang anonim di Facebook bagian dari MNLoves membocorkan beberapa foto, termasuk diantaranya gambar hasil pernyataan.

MNL48 Bubar terungkap penyebab kenapa dibubarkan

Warganet yang menyebarkan info rahasia internal kepada publik ini mengatakan bahwa sebenarnya MNL48 punya gedung teater sendiri. Tapi gagal tahap finalisasi hingga bangunannya terbengkalai berbulan-bulan.

Oleh HHE, Inc selaku manajemen, gedung hendak dijual dan dijadikan mal supermarket khusus bahan makanan. Lokasi awalnya terletak di Metro Manila tepatnya Quezon City Avenue Eton Centris Mall Lantai 1.

Sementara untuk theater MNL48 yang baru masih belum diketahui keberadaannya, hingga kini fans bertanya-tanya ada apa sebenarnya dengan tim staf dan pengelola grup kesayangan mereka.

Skandal Tanpa Henti

Faktor terbesar yang bisa bikin MNL48 Bubar adalah skandal tiada henti dilakukan oleh member mereka sendiri. Belum lama kita mengetahui kasus Dani MNL48 yang dengan bangga melanggar aturan anti cinta 48 Group.

Gadis bernama lengkap Daniella Mae Ramos Palmero itu ketahuan bermesraan dengan sang kekasih. Ia kemudian mengonfirmasi lewat Facebook dan membenarkan kabar tersebut.

Dani bahkan menyebutkan kalau ada member lain yang melakukan hal serupa tapi tidak diketahui oleh manajemen dan fans. Dianggap telah memperburuk nama baik grup serta pelanggaran kode etik, Dani lalu dikeluarkan oleh HHE dari MNL48 secara paksa.

Perilaku buruk Dani bukan kali pertama dan terakhir bagi MNL48 yang terus menerus diuji akan tingkah ceroboh dan memalukan dilakukan oleh membernya. Hingga MNLoves diberikan rasa kekecewaan mendalam oleh idolanya sendiri.

Konsep Berbeda

Kalau sobat mengikuti perkembangan MNL48 pasti sadar, ada konsep aneh dan berbeda dibandingkan 48 Family lain yang condong ke sistem milik AKB48.

Sebagai contoh kecil, ketika menggelar audisi ada kriteria rahasa dan spesifik yang harus dipenuhi kandidat member seperti misalnya tinggi badan, ditanya juri saat wawancara apakah punya kendaraan pribadi, hingga pernah pacaran atau tidak.

Lalu sistem Senbatsu Sousenkyo yang jadi bahan caci maki penggemarnya sendiri. Setiap member yang gagal menempati peringkat 48 besar akan disingkirkan dari grup dan diberikan opsi untuk kembali kapan pun.

Tentu saja konsep tidak sesuai ini amat jauh perbedaannya, kalau di JKT48 dan 48 Group lain misalnya member yang peringkatnya nol besar pun tetap jadi anggota aktif sampai dia mengumumkan lulus atau mengundurkan diri.

Apabila benar MNL48 bubar tentu bakal sangat disayangkan mengikuti TPE48 yang dibubarkan karena alasan tertentu, ini jadi bukti dan pelajaran bagi 48 Group lain agar tetap mengedepankan kode etik, berada di jalur AKB48 serta tegas dalam menghukum member yang suka bikin skandal di grup.