Skip to main content

Cara Mengatasi Stik PS5 Rusak Tidak Terbaca DualSense

Cara Mengatasi Stik PS5 Rusak Tidak Terbaca DualSense

DualSense merupakan nama resmi dari stik PS5 yang hadir dalam dua varian warna awal, yakni putih dan hitam. Pengguna bisa kustomisasi warnanya dengan menambahkan skin di Controller serta memang agak berbeda desain jika dibanding stik PS4, PS3, PS2 apalagi PS1.

Tombol share atau berbagi ke media sosial dihilangkan pada stik PS5, desain futuristik disambut meriah warganet yang sudah tidak sabar menggunakan stik tersebut. Tombol gameplay Segitiga, Kotak, O dan X kini tak lagi berwarna dan hanya memiliki warna dasar hitam & putih saja.

Ketika menekan tombol L2 dan R2 sensasi terasa berbeda dan lebih nyaman saja dibanding stik PS4. Ada tombol "Create" pada stik PS5 berfungsi untuk membagikan semua konten video kepada dunia melalui jejaring sosial.

Tak lupa lubang mikrofon tetap dihadirkan sebagai upaya menjaga koneksi antar pemain saat bermain dalam mode online, menariknya sekarang sobat tidak memerlukan headset lagi.

Lalu bagaimana cara memperbaiki stik PS5 rusak tidak terbaca ke PlayStation? Sony memberikan tips khusus ketika sobat mengalami kendala kerusakan pada DualSense agar bisa mengatasi permasalahan ini sendiri.

Berikut beberapa solusi sesuai keluhan pengguna stik PS5 yang bermasalah, kami rangkum dari sejumlah forum dan grup user PlayStation serta bisa dicoba di rumah buat perbaikinya.


Sering Disconnect

Paling umum terjadi ketika awal perilisan ini adalah Stik PS5 disconnect otomatis sendirinya dan itu terus menerus berulang kali terputus koneksi ke perangkat PS error selama pemain sedang memainkan game.

Solusi: Cobalah untuk cabut kabel USB buat charging DualSense 5 jika memang sebelumnya terpasang, lalu pasang kembali intinya disini kita harus cas sampai penuh dahulu agar bisa dipakai normal seperti biasanya.

Tidak Terbaca dan Terdeteksi

Meski masih jarang terjadi, tapi ada saja pengguna yang mengeluhkan stik PS5 tidak terdeteksi pada PS sehingga di TV muncul notifikasi harus menghubungkan DualSense ke PlayStation. Jika sobat juga pernah merasakan hal tersebut, cobalah trik dari kami berikut ini.

Baca Juga: Cara Main Game PS1 dan PS2 di PS5.

Solusi: Sebaiknya gunakan stik PS5 original, biasanya banyak orang tergiur iming-iming "Ori Pabrik" padahal itu nama lain dari KW. Menurut Sony, kini Joystick PS5 yang ilegal akan sulit terhubung ke PlayStation.

Tombol Rusak

Maksudnya disini adalah tombolnya yang tidak berfungsi seperti ketika menekan tombol segitiga malah tidak bereaksi. D-Pad dan Create yang gagal merespons pas ditekan, tentu bakal mengganggu pengalaman bermain sampai mati sendiri auto padam.

Solusi: Sobat bisa bongkar dan ganti sparepart sendiri seperti baterai. Tapi sangat tidak disarankan, karena kalau kurang teliti bakal menambah masalah kerusakan lainnya. Apabila masih bergaransi silakan klaim garansi ke Sony Indonesia Service Center PS5.

Namun apabila sudah tidak ada garansi alias masa aktif habis maka gunakan jasa servis PS5 buat memperbaiki stik yang rusak. Biaya service stik PS5 mungkin tidak semahal harga baru stiknya, dan solusi akhir adalah dengan beli baru joystick original.