Skip to main content

Cara Main Game PS1 / PS2 di PS5 Tanpa Kaset

Ternyata ada lho tips untuk cara memainkan game PS1 dan PS2 di PS5 mudah sekali rupanya tanpa harus membeli kaset. Tentu rasanya beda jika bermain game Remastered dengan yang orisinil, device Sony PlayStation 5 dirancang agar pengguna tetap dapat bernostalgia dengan main permainan lawas yang dirilis pada masa PSX / PS 2 / PS3 hingga PS4 lebih praktis, apalagi dengan adanya fitur penyesuaian resolusi layar.

Menyesuaikan resolusi layar akan sangat penting pada dasarnya kalau kita main game CTR atau Team Buddies PS1 kalau pakai TV / LED Monitor beresolusi 4K pasti gambarnya menjadi blur, buram, pecah-pecah, bahkan kasus terparahnya membuat layar menjadi blank saking jauhnya kamu bernostalgia ke masa lampau.

main game ps1 ps2 di ps5.jpg
Main Game PS1 PS2 di PS5

Cara Main Game PS1 / PS2 di PS5 Tanpa Kaset

Memang banyak sekali orang lebih memilih mencari tahu bagaimana cara mainin game PS2 di PS5 begitu juga games PS1, PS3 dan PS4. Apalagi kemampuan spesifikasi PlayStation 5 yang dibekali kecanggihan emulasi modern setelah Sony mengonfirmasi pihaknya menyematkan teknologi tersebut pada produk gaming andalan mereka.

Presiden Sony Computer Entertainment berkata, pengguna tidak perlu membeli aksesoris tambahan jika ingin menggunakan emulator terbarukan. Namun, kalian harus berlangganan layanan premium seperti PlayStation Network dan atau PS Plus, nantinya seluruh game jadul bisa diinstall secara daring (online) cuma butuh kuota internet stabil kalau sudah berstatus PSN member.

Game PS1 memang asik sekali buat nostalgia, sedangkan game PS2 adalah revolusioner. Kita bisa mengenang kembali betapa indahnya GTA San Andreas di tahun 2005 kala itu selain grafik, gameplay dan kisah cerita Carl Johnson juga masih sering dibahas bahkan hingga sekarang.

Apalagi ditambah adanya gimmick buatan Rockstar, semisal Easter Eggs, misteri yang ada di Grand Thefft Auto dan lainnya. Seolah mengajak para pemain untuk kembali bertarung menyelesaikan tugas, misi, membeli rumah, mencari teman baru, serta mengungkap rahasia di balik semua jalan ceritanya.

Sekarang Sony sudah lebih maju soal teknologi seperti Cara Main Game PS1 / PS2 di PS5 Tanpa Kaset, kita nantikan kiprah pesaing seperti Microsoft Xbox One dan Nintendo Switch, apakah mereka juga akan menyediakan, mengizinkan, serta membuka peluang user untuk nostalgia tanpa harus membeli perangkat game klasik terlebih dahulu.