Skip to main content

Berapa Penghargaan MNL48 dan Daftar Prestasinya?

Mungkin banyak dari sobat yang memang sudah mengetahui seluk-beluk grup idola asal kota Manila, Filipina. Ya, MNL48 sekarang lagi naik daun. Padahal sebelum kehadiran MNL dulu sepi banget antusiasme penggemar musik J-Pop di Filipina. Bahkan sedikit sekali yang paham tentang AKB48 Group sampai konsep mereka.

Kini mereka merupakan idola nasional disana, apakah sobat pernah bertanya-tanya berapa jumlah penghargaan MNL48 dan sebagus apa prestasi sister group AKB itu di negaranya sendiri? Nah disini mimin Kibezaka akan membahas lebih dalam mengenainya.

Berapa Penghargaan MNL48 Jumlah Prestasi Idol Group?

Industri musik Filipina tidak sepopuler negara tetangganya memang harus diakui, bahkan masyarakat disana sebelum kenal MNL48 itu mayoritas penggemar K-Pop. Artis atau penyanyi Filipina yang paling terkenal bagi orang Indonesia adalah Daniel Padilla, dia pernah jadi saingan JKT48 ketika berkompetisi di ajang Nickelodeon Awards.

Berapa Penghargaan MNL48 dan Jumlah Prestasi Daesang

Bahkan Daniel pernah diserang oleh penggemar JKT48 melalui media sosial hingga angkat bicara. Kenapa? Karena memang basis fans musisi disana itu lumayan kuat, hingga berbagai kalangan fans JKT harus bersatu memenuhi timeline Twitter dengan hashtag vote JKT48 KCA.

Begitu MNL48 masuk, mereka belum terlalu terkenal. Bahkan pas audisi generasi pertama cenderung sepi, ada yang datang namun dengan membawa pacar mereka. Konsepnya benar-benar melenceng daripada kebanyakan 48 Group lain.

Baca: Jumlah Prestasi BNK48 dan CGM48.

Tapi semakin hari seiring kerja keras staf dan member mempromosikan idol group tersebut, akhirnya MNL48 semakin dikenal luas. Cenderung punya fanbase yang solid sekarang ini, dan memang benar aliran musik JPop juga perlahan disukai warganya.

Jumlah Penghargaan MNL48 Prestasi

Berikut ini merupakan awards yang diterima MNL48 setelah hampir dua tahun melakukan debut anggota generasi pertama, lumayan banyak daftar prestasi MNL48.

The Guitar Mag Awards 2018 - artis pendatang baru terfavorit
ABS-CBN Music Awards
MTV Pilipinas Music Award
Myx Entertainment Awards
Metro Manila Festival
Visayan Pop Songwriting
Awit Aliw Pop Viewers Choice Awards

Harus diakui memang MNL48 berdiri sekitar lima tahun setelah JKT48 dibentuk, tepatnya Maret 2016 bersama Team TP (TPE48) dan BNK48 Bangkok. Namun mereka baru memiliki anggota generasi pertama 2017 lewat audisi yang disebut aneh.

Ketika TPE48 bubar dan harus diambil alih AKB48 CHINA (Vernalossom / AKS) untuk menjalankan bisnis di kota Taipei, Taiwan, mereka berubah nama menjadi Team TP. Seluruh pengelolaan yang sebelumnya dikuasai manajemen berbeda kini sudah seoenyhnya dikelola Vernalossom.

MNL48 mengadakan acara pemilihan member untuk single berikutnya, Senbatsu Sousenkyo / General Election. Setiap anggota yang gagal mendapatkan peringkat tinggi ranking 48 besar, maka akan keluar / graduate. Sistem begini sering menjadi bahan perdebatan karena berbeda dengan sistem sousenkyo AKB48 yang aslinya.

Demikian ulasan kami tentang Berapa Penghargaan MNL48 Jumlah Prestasi Idol Group asal Manila City tersebut semoga menjadi motivasi grup 48 Family lainnya untuk mendapatkan lebih banyak awards seperti mereka.