Cara Menghapus Akun Truecaller Permanen (Berhasil)

Bagaimana caranya menghapus akun Truecaller permanen atau sementara di HP Android, iOS iPhone, atau via PC/Laptop? Sobat Kibezaka yang sudah tidak ingin menggunakan layanan mereka, silakan simak hingga tuntas. 

Ketika orang memutuskan untuk tidak lagi menikmati suatu platform, aplikasi, situs web, maka mereka bakal memilih menonaktifkan akun Truecaller sementara atau permanen, itu wajar dan normal. 

Namun terkadang pengguna dibuat kebingungan karena tidak adanya tombol atau fitur penghapusan akun baik lewat pengaturan (Settings) pada aplikasi atau situs web platform yang dimaksud.

Alasan Hapus Akun Truecaller

Atas dasar apapun alasannya, pengguna berhak mendapatkan informasi terkait cara menutup akun Truecaller permanen, karena mungkin saja para user ingin menjaga informasi, data pribadi, dan hal lain.

Faktor lain bisa jadi karena ponsel sudah error akibat terlalu penuh dalam hal penyimpanan memori internal, sehingga terpaksa harus uninstall beberapa aplikasi demi menunjang aktivitas smartphone yang lancar sehari-hari, atau sudah tidak lagi berminat memakainya.

Oleh karena itu, jika Anda merupakan salah satu diantara penggunanya yang ingin sekali hapus akun Truecaller, kami bakal bagikan panduan sederhana caranya baik lewat HP Android, iPhone, atau Web (PC Laptop). 

Cara Menghapus Akun Truecaller Permanen

1. Login ke akun Truecaller yang mau dihapus via website atau aplikasinya. 

2. Kemudian pilih menu Profil atau ikon orang.

3. Lalu tap ikon roda gigi untuk masuk ke menu Pengaturan. Letak Settings ada di pojok kanan atas seperti berikut.

Cara hapus akun Truecaller permanen

4. Selanjutnya pilih menu Ubah Akun pada Pengaturan.

cara menutup akun Truecaller

5. Tahap ini kita menemukan opsi Hapus Akun, silakan pilih. 

cara tutup akun Truecaller secara permanen

6. Langkah akhir kita bakal diminta konfirmasi dan informasi sebelum menghapus akun Truecaller permanen. 

7. Jika sudah yakin, maka tap tombol Hapus Akun yang tersedia. 

cara menghapus akun Truecaller permanen

Selesai. Kamu sudah berhasil hapus akun Truecaller. 

Harap dicatat, metode cara hapus akun Truecaller permanen ini sesuai namanya, permanen berarti selamanya dan probabilitas tidak dapat dipulihkan itu sangat besar. Jadi Anda harus paham dulu risiko serta konsekuensinya. 

Kalau alternatif lain tanpa aplikasi, bisa lewat email dengan menghubungi kontak Customer Service Truecaller. Caranya sebagai berikut:

1. Silakan buka browser atau aplikasi Email apa saja yang Anda pakai. Baik Gmail, Outlook, Yahoo, atau lainnya.

2. Setelah berhasil login/masuk ke emailnya, buat email baru dengan subyek "Permintaan Penghapusan Akun Truecaller". 

3. Untuk tujuan atau penerima email, kita bakal kirim ke tim Customer Service Truecaller pada divisi yang menangani penghapusan akun ini. 

4. Jika Anda bingung cari kontak emailnya, bisa masuk ke Google Play atau App Store. Cari bagian 'Tentang' (About), lalu pada menu kontak, akan tercantum email milik pengembang. Atau bisa juga cari di Google dengan kata kunci "Contact/Kontak Truecaller".

5. Pada bodi email, isi penjelasan dengan rinci dan jelas bahwa Anda ingin menutup akun Truecaller secara permanen. Gunakan bahasa baku yang baik dan benar jangan disingkat-singkat. 

6. Silakan cek kembali semuanya, apabila sudah yakin maka langsung tap tombol Kirim (Send). Emailnya pasti akan diterima tim yang bertanggung jawab dalam hal ini. 

Proses permintaan hapus akun Truecaller sudah Anda lakukan sepenuhnya sesuai prosedur dan syarat berlaku. Lalu berikutnya apa yang harus dilakukan? 

Berapa Lama Menghapus Akun Truecaller Selesai

Kalau lewat aplikasi, secara langsung akunnya bakal dihapus saat itu juga. Beda dengan metode lewat email via CS, biasanya kita mengirim permohonan dulu.

Selanjutnya Anda harus menunggu hingga ada jawaban atau tanggapan dari tim CS terkait permohonan hapus akun Truecaller. Soal berapa lamanya itu tergantung pada sejumlah faktor. 

Diantaranya Anda harus menanti beberapa hari/jam kerja, kalau hari libur mungkin tidak akan ada balasan. Simulasi: 4 hari kerja, kirim email senin, selasa libur/tanggal merah, berarti setidaknya estimasi jumat baru ada tanggapan.

Beberapa layanan/platform tidak memberikan balasan dan langsung menghapus akun Truecaller Anda secara permanen tanpa pemberitahuan lebih lanjut. Sedangkan ada aplikasi yang meminta alasan Anda, agar bisa dijadikan bahan evaluasi.

Apakah seluruh data akan terhapus? Ya, dengan nonaktifkan/menutup akun Truecaller secara otomatis data atau progres pada akun akan hilang. Jadi pertimbangkan lagi dengan matang ya.

Seperti itulah tutorial cara hapus akun Truecaller permanen di HP Android, iPhone atau PC Laptop dengan mudah, Anda juga bisa meminta mengganti email atau berhenti berlangganan newsletter mereka dengan langkah yang sama. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel