Cara Mengatasi Akun Twitter X Kena Label Temporer Bendera Merah

"Kami telah menambahkan label temporer pada akun Anda dan hal ini mungkin berdampak pada jangkauannya. Pelajari lebih lanjut." Notifikasi tersebut muncul di tab pemberitahuan pada akun X/Twitter teman saya. 

label temporer akun twitter x

Apa ciri-cirinya? 

Ada logo/label bendera merah (Red Flag) di notifikasi akun Twitter menandakan sebuah akun sedang dibatasi (Restricted). Istilah lainnya, Shadowbanned/Softbanned.

Notifikasi akun dianggap otomatis alias bot: "Kami menemukan akun Anda berpotensi berisi spam atau terlibat dalam jenis lain manipulasi platform."

Akun yang kena label temporer tidak akan muncul di pencarian. Kalau ga percaya coba aja kirim Tweet atau postingan "ada Netflix 1 bulan?" pakai hashtag #zonauang.

Akun yang normal, bakal diserbu penjual lewat reply dalam kurun waktu kurang dari 5 menit. Sementara yang kena label temporer tidak akan mendapatkan views, apalagi balasan. 

Apa penyebabnya? 

Nah, ini Kibezaka masih telusuri. Karena masih simpang siur, ada yang bilang penyebab akun Twitter kena label temporer itu akibat perilaku mencurigakan yang terdeteksi oleh sistem X. 

Elon Musk memang berusaha keras buat membasmi Bot di platformnya. Tapi menurut saya sistemnya agak berlebihan, sampai ganti nama dan foto profil pun kita mesti verifikasi captcha/puzzle dulu. 

Label temporer ini bisa jadi akibat posting/twit yang mencurigakan, spam, dianggap bot oleh sistem X. Misalnya tweet berulang kali seperti 9-10 twit dalam waktu singkat, penggunaan hashtag berlebihan, menyebarkan link dengan spam.

Selain itu jika kita mengikuti/follow banyak akun lain dalam waktu singkat juga bakal terdeteksi bot. Hal lainnya seperti mengubah username, nama, bio, gambar header, dan foto profil disaat bersamaan akan menyebabkan akun dikunci sekaligus kena label temporer. 

Cara mengatasinya? Beberapa upaya berikut bisa dicoba:

1. Hapus postingan/retweet/like yang dianggap spam, rentang waktu 0-7 hari sebelum kena label temporer. Terutama yang mengandung link/tautan spam.

2. Setelah menghapus, logout dan diamkan akun selama kurang lebih 2-3 minggu. Sebisa mungkin logout dari semua perangkat

3. Jangan login sampai tweet lama di akun kamu benar-benar muncul di pencarian.

Kalau tidak bisa setelah menunggu lebih dari 1 bulan? Buka link: https://help.twitter.com/en/forms/account-access/appeals dan login ajukan banding dengan subject "Account Restricted" pada deskripsi jelaskan bahwa kamu bukan bot dan minta tolong buat memulihkannya, bisa dengan bahasa Indonesia baku.

Seberapa lama akunnya pulih dan normal kembali itu kasusnya berbeda-beda, saya lihat ada yang cuma seminggu ada juga yang butuh waktu sebulan buat lepas dari label temporer akun Twitter/X ini. Saran saya: Kalau udah normal, tetep diemin 2-3 harian sebelum ngetwit lagi. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel