Cara Mengatasi Akun Twitter Ditahan dan Penyebab Withheld

Bagaimana cara mengatasi akun Twitter ditahan atau Withheld? Sobat yang main Twitter mungkin sekarang banyak menemukan akun yang terkunci atau ditahan dengan notifikasi berikut, "Account Withheld. Your/(username) account has been withheld in Indonesia in response to a legal demand. Learn more."

mengatasi akun twitter ditahan

Jika diterjemahkan, kurang lebih maksudnya akun sedang ditahan/dikunci karena adanya pelanggaran hak cipta. 

Maksud dari kalimat "In response to a legal demand" disitu berarti ada pihak yang mengklaim konten berhak cipta miliknya diunggah ke akun yang ditahan tersebut. 

Beberapa penyebab lainnya juga bisa atas permintaan pemerintah kepada pihak Twitter untuk menahan akun, karena konten yang diunggah pada akun tersebut dianggap tidak baik atau melanggar norma/hukum negara tertentu, dalam hal ini Indonesia (karena kita tinggal disitu).

Kenapa hanya ditahan alias withheld saja? Kok tidak disuspend alias ditangguhkan kalau memang melanggar?

Sederhananya, jika melanggar menurut peraturan suatu negara belum tentu dianggap melanggar bagi pihak Twitter. Jadi hanya sekadar ditahan saja. 

Tidak butuh perintah pengadilan untuk sebuah akun Twitter terkena Withheld atas Legal Demand. Walau memang berbau hukum, maksud hukumnya atas dasar hak cipta saja.

Sebagai contoh: Akun base @animefess_ sempat ditahan juga karena ada sender yang mengirim foto/gambar berhak cipta dan video, sebagai sanksi akun itu terkena imbasnya karena klaim dari orang lain yang karyanya diambil. 

Lalu solusinya apa? 

Jika akun sobat terkena Withheld alias ditahan, maka hapus seluruh konten yang dirasa melanggar hak cipta mau pun perundang-undangan di negeri kita. 

Caranya bagaimana? Ajukan banding! Masuk ke halaman formulir pengaduan Twitter di https://help.twitter.com/forms 

Setelah itu pilih subjek akun yang ditahan/terkunci. Pastikan email yang terhubung ke akun bermasalah bisa diakses, karena sobat harus membalas respon dari Twitter yang masuk ke kotak masuk

Berapa lama akun Twitter ditahan alias terkena withheld? Tergantung, maksudnya seberapa cepat kamu mengajukan banding dan seberapa lama respon dari tim support Twitter mengurus semuanya sampai tuntas. 

Saya sudah di Twitter sejak 2011 tapi soal akun ditahan (Withheld) begini baru muncul dan ramai belakangan ini setelah diakuisisi Elon Musk.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel