Cara Cek Saldo JakCard Tanpa NFC di HP Android dan iPhone

Sekarang sobat Kibezaka sudah bisa mengecek saldo JakCard tanpa NFC melalui HP Android semua tipe atau iOS iPhone berbagai model. Sejatinya kartu elektronik zaman sekarang harus menggunakan teknologi bernama NFC. 

Cara Cek Saldo JakCard Tanpa NFC

Namun sayangnya, masih banyak ponsel yang tidak didukung dengan fitur sensor Near Field Communication (NFC). Inilah yang menjadi kendala bagi sebagian pengguna e-Card. 

Seperti diketahui, JakCard merupakan kartu pintar prabayar yang jadi bagian dari proyek Bank DKI dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran dalam proses transaksi di merchant yang telah bekerja sama. 

JakCard dapat dipakai buat berbelanja barang, makanan, minuman, menikmati fasilitas transportasi dan layanan publik tanpa harus ribet lagi karena cukup mendekatkan JakCard ke mesin yang telah disediakan. 

Kamu juga bisa memakai JakCard ketika mengunjungi tempat wisata seperti Monumen Nasional (Monas), Ragunan, Kota Tua, Taman Impian Jaya Ancol, TMII dan sebagainya.

Seluruh pengguna diuntungkan oleh berbagai benefit ketika bertransaksi pakai JakCard, seperti banyaknya promo, diskon atau potongan harga lebih murah, sehingga layanan contactless-chip tersebut makin diminati warga DKI.

Tapi untuk memastikan transaksinya berjalan lancar, kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa sisa saldo tersedia dengan cek saldo JakCard tanpa NFC. Karena selama ini biasanya pengguna pakai NFC buat cek, lalu apakah ada cara lain. 

Metode alternatif bisa melalui situs web bankdki.co.id jika sudah memiliki akun cukup masuk/login, kemudian cari menu layanan 'Uang Elektronik' dan pilih JakCard. 

Selanjutnya pilih Informasi Saldo. Anda akan disuruh memasukan 16 digit nomor kartu JakCard, letaknya dibagian depan/belakang kartu. Lanjut tap tombol Kirim untuk cek saldo JakCard Tanpa NFC di HP.

Hingga kini belum ada cara lain untuk isi ulang saldo JakCard tanpa NFC, kemungkinan ke depannya sudah bisa top up dengan cara berbeda tergantung informasi dari pihak Bank DKI. 

Demikian panduan kami soal cara cek saldo JakCard tanpa NFC berlaku di HP Android dan iOS iPhone yang tidak mendukung fitur NFC pada ponsel pintar mereka.