Masalah Infinix Note 12i: Keluhan Pengguna, Kelebihan dan Kekurangan HP

Beberapa masalah HP Infinix Note 12i yang sering terjadi sesuai keluhan pengguna serta bagaimana cara mengatasinya dengan mudah. Sejumlah user yang kami temukan di grup Facebook, Telegram, WhatsApp, atau Instagram mengeluhkan ponsel mereka error dengan pengalaman berbeda. 

masalah infinix note 12i kelebihan kekurangan hp

Sebagai barang elektronik, memang kerap ada saja permasalahan Infinix Note 12i yang cenderung mengganggu kenyamanan pengguna dalam beraktivitas memggunakan HP sehari-hari sampai mereka bingung cara memperbaikinya. 

Solusi Masalah Infinix Note 12i yang Sering Terjadi

Tenang saja, Kibezaka sudah cek serta mencari solusi utamanya. Harap dicatat, artikel ini bertujuan untuk membantu sesama pengguna ponsel yang mengalami masalah umum Infinix Note 12i agar mereka bisa memakainya dengan nyaman kembali, tidak ada maksud lain. 

Bagi kamu pengguna ponsel ini diharapkan bisa membaca detailnya dan kalau bisa ikuti anjuran sesuai rekomendasi. Tidak diikuti pun tak apa-apa, atau jika ada solusi lain boleh menambahkan di kolom komentar agar pengguna lainnya merasa terbantu.

Baterai Boros Cepat Habis dan Panas Saat Dipakai

Pernahkah kamu merasa baterai ponselmu cepat sekali habisnya? Inilah salah satu masalah Infinix Note 12i yang kerap ditanyakan oleh user. Jawabannya, kembali lagi ke intensitas masing-masing pengguna. 

Biasanya game yang klasifikasi berat dan yang memiliki grafis tinggi akan memakan daya baterai lebih banyak. Kinerja ponsel seolah dipaksa untuk mengeluarkan performa tertinggi meski chipset kadang tidak mendukung sepenuhnya. 

Hal itu pula yang bisa menyebabkan baterai Infinix Note 12i cepat panas berlebih meski baru beberapa menit dimainkan. Solusi terbaiknya adalah menurunkan grafis semacam FPS dan sejenisnya, kalau suhunya sudah di atas rata-rata sebaiknya tutup semua aplikasi, matikan GPS & Bluetooth, aktifkan mode pesawat lalu diamkan 10 menit sampai suhunya ternetralisir.

Kamera Kuning, Terbalik dan Muncul Embun

Sebemarnya kelebihan smartphone ini salah satunya di kamera, untuk di kelasnya sudah bagus. Satu keluhan pengguna Infinix Note 12i antara lain adalah lensa kamera yang terbalik ketika sedang memotret selfie atau melakukan panggilan video call. Jika kamu salah satu yang kebingungan ikuti panduan berikut. 

Buka aplikasi Camera bawaan. Lalu masuk ke Pengaturan kameranya, bukan ponselnya. Nah, cari menu bertuliskan "Mirror/Flip/Balik", jika fitur ini aktif maka kamu bisa menonaktifkan supaya kamera Infinix Note 12i tidak terbalik lagi. Sekarang coba melakukan panggilan video di WhatsApp atau dimana pun.

Lalu bagaimana memperbaiki kamera yang kekuningan setelah memotret? Ada baiknya cek kembali apakah fitur "Mode Baca" atau "Reading Mode" saat ini sedang aktif di HP kamu? Bisa kamu nonaktifkan dulu di pengaturan.

Layar Bergaris Horizontal dan Vertikal

Menurut salah satu user yang ada di GSMarena, ada masalah Infinix Note 12i di bagian layar yakni munculnya garis panjang dari atas ke bawah (Vertikal) atau menyamping (Horizontal). Hingga kini penyebabnya belum diketahui dan hanya dialami sebagian pengguna saja. 

Untuk mencegah hal ini terjadi pada ponsel kamu, disarankan tidak menekan layar HP atau lebih teliti lagi kalau mengantongi smartphone jangan di celana yang terlalu ketat. Gunakan juga proteksi layar tambahan seperti Tempered Glass atau Anti Gores. 

WiFi Tidak Tersambung dan GPS Tak Menyala

Salah satu masalah Infinix Note 12i ada di bagian jaringan internet WiFi. Tentu saja agak mengganggu kalau kita sedang butuh koneksi internet tapi ternyata tidak bisa terhubung ke sinyal Wi-Fi yang tersedia. 

Sebagai solusi, kamu bisa cek dulu pakai HP lain atau punya teman/keluarga/pacar apakah ponsel mereka bisa terhubung ke WiFi yang sama? Jika iya, berarti cek dulu Mac Adress kamu apakah masuk dalam daftar yang tidak boleh pakai WiFi itu? Cara ceknya tergantung provider WiFi.

Infinix Note 12i Mati Total Tidak Bisa Dinyalakan

Mungkin ada dari kamu yang mengalami masalah Infinix Note 12i tidak bisa nyala, mati total, atau sama sekali tidak mengeluarkan tanda-tanda apa pun ketika ditekan tombol power untuk diaktifkan. 

Untuk kasus begitu, biasanya ada banyak sekali penyebabnya. Mulai dari IC eMMMC ponsel yang rusak, ada kesalahan pabrik (jarang terjadi), pengguna menginstal aplikasi di luar Play Store, akses root, dan sebagainya. Saran kami, kalau masih garansi bawa saja ke tempat servis resmi.

Infinix Note 12i Restart Sendiri Terus Otomatis

Ciri-ciri untuk masalah Infinix Note 12i restart sendiri terus-menerus secara otomatis ialah ketika ponsel dinyalakan setelah reboot, maka HP tersebut langsung mati dan menyalakan ulang dengan sendirinya. Ini terjadi berulang kali dalam waktu singkat yang jadi kelemahan ponsel ini.

Ada pun penyebab utamanya kebanyakan karena kapasitas memori RAM atau ROM yang tidak memadai. Misalnya RAM 2GB, digunakan untuk multitasking membuka 6 atau lebih aplikasi sekaligus, main game sambil chattingan, atau terlalu banyak menumpuk konten video/foto sehingga ruang internal storage tidak tersisa. 

Perlu diketahui bahwa setiap HP Android disarankan untuk menyisakan minimal 15% hingga 20% sisa memori internal kosong untuk berjaga-jaga jika suatu waktu pengguna menyimpan foto/video/aplikasi baru.

Apabila kamu punya pertanyaan seputar masalah Infinix Note 12i yang umum terjadi atau ingin menambahkan informasi lainnya, boleh silakan komentar. Semoga bermanfaat.