Cara Cek Rating Maxim Driver dan Customer (Android/iOS)

Bagaimana caranya melihat rating Maxim untuk driver dan customer (penumpang) di aplikasi HP Android atau iOS iPhone? Sobat Kibezaka mungkin sudah agak paham sedikit ya mengenai sistem ranking/rating di ojol. 

cara cek rating maxim driver

Ojol atau Ojek Online yang dimaksud bisa berupa Grab, Gojek, dan yang bakal kita bahas kali ini yaitu aplikasi Maxim. Memang tidak sepopuler dua perusahaan warna hijau itu, tapi lumayan banyak penggunanya mengingat cakupannya hingga pelosok negeri. 

Apa Itu Rating Maxim Driver dan Pelanggan

Dalam aplikasi Maxim, Rating yang bisa dijadikan patokan buat menentukan performa seorang pengemudi alias Driver atau Mitra Maxim terkait seberapa memuaskannya pelayanan mereka kepada para customer. 

Menurut banyak driver, apabila rating mereka tinggi maka kemudahan untuk mendapatkan orderan lebih meningkat lagi. Namun hal ini belum dapat dipastikan ya keabsahannya, mengingat tidak ada pernyataan resmi sejauh ini. 

Memang sejak dulu baik di Grab, Gojek & Maxim, ada isu bahwa semakin tinggi rating driver maka makin banyak pula pelanggan baru yang bakal didapatkan. Bukan orang yang menentukan, melainkan sistem yang dibuat oleh perusahaan. 

Oleh karenanya para driver berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaiknya kepada penumpang. Itu semata-mata demi meningkatkan rating Maxim sebagai driver yang berguna juga menambah reputasi baik. 

Kalau ratingnya tinggi maka orderan yang masuk jadi lebih mudah. Mungkin juga berlaku bukan hanya Maxim Bike yang mengantarkan penumpang, platform serupa seperti Go-Food, Shopee Food, dan semacamnya pun ikut memakai rating. 

Setiap kali selesai melayani & mengantarkan penumpang, para driver cek Rating Maxim di aplikasi sembari berharap mereka mendapatkan rating yang tinggi sehingga yang tadinya sudah cukup maksimal bisa mempertahankan rating tingginya tanpa berkurang sedikit pun. 

Cara Cek Rating Maxim Driver

Bagi kamu yang sudah jadi driver, tapi belum tahu cara cek rating Maxim driver, sebenarnya tidak begitu sulit karena pada aplikasi pun sudah disediakan langsung. 

Cukup buka aplikasi Driver Maxim. Lanjut ke Menu tinggal tap ikon tiga baris yang letaknya di bawah layar. Kemudian pilih "Show Profile (Tampilkan Profil)". Pada tulisan "Rating" itulah kamu bisa melihat rating Maxim yang kamu miliki sejauh ini. 

Jadikan motivasi agar terus bekerja keras memberikan yang terbaik mencapai rating Maxim paling tinggi yakni 0,99 supaya dapat customer baru dengan lancar. 

Kenapa Rating Maxim Turun

Ada banyak penyebab rating Maxim turun sebagai driver. Penurunan juga bisa disadari secara langsung atau bahkan tidak kita sadari akan kesalahan yang telah dilakukan, beberapa diantaranya adalah: 

Kamu melanggar aturan & prosedur perusahaan.
Tidak memberikan pelayanan yang baik. 
Bersikap kurang baik terhadap pelanggan. 
Membatalkan pesanan masuk yang sudah dijadwalkan. 
Menerima peringatan dari manajemen Maxim. 

Sebisa mungkin agar rating Maxim kalian tidak menurun drastis dalam waktu singkat, disarankan untuk cek kembali performa, pelayanan, evaluasi, sebelum kembali menerima orderan berikutnya. 

Cara Menambah Rating Maxim Driver

Kita sudah sebutkan berkali-kali bahwa memberikan pelayanan yang super memuaskan akan menambah rating dan membuat pelanggan jadi tidak segan memberikan rating tinggi. 

Selain itu, patuhi protokol yang ditetapkan oleh perusahaan. Sebisa mungkin bersikap ramah & sopan santun kepada pelanggan, dan tingkatkan pelayanan ke penumpang. Buatlah ciri khas diri sendiri yang bikin customer menjadi terkesan. 

Tips lainnya ialah menerima orderan pada waktu/jam sibuk lalu menyelesaikannya tanpa kendala atau komplain dari pelanggan. Selain Maxim Bike & Taxi, kamu pun bisa tingkatkan rating dengan terima orderan Food misalnya.

Sekian panduan sederhana dari kami mengenai Cara Cek Rating Maxim Driver untuk melihat seberapa jauh progres kamu sekarang, semoga bermanfaat.