Masalah Rise of Kingdoms PC: Masih Banyak Bug

Sekarang sobat bisa main Rise of Kingdoms versi PC tanpa harus menggunakan emulator pihak ketiga seperti BlueStack lagi. RoK PC ini merupakan aplikasi resmi buatan developer sendiri, Lilith Games. 

Beberapa hari lalu Lilith sudah membagikan tautan unduhan Rise of Kingdoms PC versi Beta Publik lewat Discord Official, dan saya mencobanya langsung cukup memuaskan secara keseluruhan. 

cara mengatasi rise of kingdoms pc error

RoK di PC saya berjalan dalam frame rate berat 60fps stabil. Dibanding versi BlueStack tidak ada perbedaan signifikan buat tampilan gameplay dengan yang smartphone juga. 

Walau memang harus diakui masih banyak bug dan kekurangan dibanding versi Bluestacks. Saya lihat juga pengguna lain mengalaminya.

Tapi wajar lah ya, namanya masih Beta. Saya juga sudah ikutan kasih feedback. Soal diperbaiki atau tidaknya bug itu urusan tim pengembang mereka nantinya. 

Memang apa saja keluhan dan masalah Rise of Kingdoms PC yang saya alami? Berikut sejumlah kesimpulannya. 

Verifikasi Error

Bukan rahasia lagi kalau di Rise of Kingdoms terkadang ada verifikasi minimal sehari sekali untuk mencegah penggunaan software/plugin seperti bot. 

Sayangnya di RoK versi PC ada bug yang membuat verifikasi ini stuck di loading ketika ingin memverifikasinya. Jadi gambar seperti Captcha yang biasa muncul itu tidak kunjung tampil. 

Hal ini sempat dialami juga oleh salah satu kreator Rise of Kingdom di YouTube. Untungnya Lilith bilang mereka 'aware' atau menyadari akan hal ini dan segera diperbaiki. 

Emoji Chat Tidak Berfungsi

Pada ruang obrolan atau chatroom aliansi, private message (PM) dan Kingdom Chat (KC/LKC) biasanya kita bisa mengirim emoji yang tersedia dalam game. 

Sayangnya untuk Rise of Kingdoms versi PC ketika kita memilih emoji dan dikirim itu tidak muncul sama sekali. Mari berharap developernya segera mengatasi permasalahan ini.

Bot dan Cheat

Masukan, saran dan kritik paling besar yang diterima Lilith secara publik mungkin terkait langkah serta upaya mereka melakukan pencegahan terhadap pemain yang curang. 

Sebenarnya dengan adanya aplikasi Rise of Kingdoms PC resmi ini justru membuat Lilith harusnya bisa mengontrol lebih leluasa karena jika memakai BlueStacks itu developer tidak bisa berbuat banyak. 

Tidak Bisa Login

Gagal login itu permasalahan yang kerap terjadi. Notifikasi seperti "A server restriction issue prevented you from signing in." Maksudnya ada masalah pembatasan server mencegah kita buat login ke akun Rise of Kingdoms. 

Belum diketahui penyebabnya dan solusi mengatasi error ini. Namun saya sendiri tidak mengalaminya, tapi banyak pemain yang mengeluhkan bug itu sehingga mereka harus kontak Customer Service RoK. 

Lag dan Glitch

Jika sobat merasa lag atau glitch yang kalian alami khususnya saat war di KvK itu sangat mengganggu, well, itu belum seberapa. 

Karena kenyataannya Rise of Kingdoms PC versi awal masih seperti game setengah jadi. Untuk memindahkan March pasukan saja kadang tidak bisa sehingga harus buka tutup aplikasinya.

Tidak Dapat Dibuka

Berbeda halnya kalau tidak dapat login itu masih terbuka aplikasinya, tapi ini aplikasi Rise of Kingdoms PC tidak bisa dibuka sama sekali. 

Demikian yang dialami oleh sejumlah pengguna. Jangankan untuk masuk ke akun RoK mereka, sekadar munculnya logo Rise of Kingdoms pun tidak ada sama sekali. Tapi kasus ini hanya dialami sedikit pemain, dan biasanya masalah utamanya juga ada pada spesifikasi minimal (Minimum Requirements Spek) yang diperlukan.

Itulah sejumlah masalah umum yang sering terjadi pada Rise of Kingdoms PC dan memang semua error atau glitch dan bug tadi masih bisa dimaklumi pada versi Beta, tapi kalau sudah rilis publik harusnya bisa diminimalisir.