6 Cara Mengatasi Forza Horizon 5 Tidak Bisa Dibuka di PC Xbox

Panduan cara memperbaiki Forza Horizon 5 tidak dapat dibuka di PC dan Xbox One atau Xbox Series. Forza Horizon 5 adalah salah satu dari sedikit game yang diterbitkan oleh Microsoft Studios dan tersedia di Microsoft Store di Windows. 

Serial game Forza Horizon dimulai hanya sebagai permainan biasa tetapi berhasil mencapai puncak chart game terlaris di Steam dan seri ini telah sukses sejak saat itu. 

mengatasi forza horizon 5 tidak bisa dibuka

Pengguna mengalami masalah di mana Forza Horizon 5 tidak bisa dibuka di Windows PC umumnya. Ada banyak kasus seperti sobat, mungkin memang sekilas layar menyala dan muncul logo tetapi tidak ada setelah itu alias Stuck Macet.  

Bisa jadi juga pada layar mungkin tidak muncul apa-apa sama sekali. Dalam setiap kasus, game tidak dapat terbuka meskipun sudah berupaya sekeras mungkin melakukan segalanya. Kami akan memandu cara mengatasi game Forza Horizon 5 tidak bisa dibuka. 

Penyebab Game Forza Horizon 5 Gagal Terbuka dan Error

Ada banyak alasan berbeda mengapa game Forza Horizon 5 tidak dapat diluncurkan. Beberapa diantaranya terdaftar di bawah ini. 

1. Status kesalahan: Game dalam status kesalahan dan tidak dapat terhubung dengan Layanan Xbox karena bug yang disebabkan oleh sistem. 

2. Overclocking: Karena game dirancang untuk berjalan pada siklus prosesor tertentu, jika Anda melakukan overclock pada sistem Anda, Forza Horizon 5 mungkin gagal dibuka. 

3. Pembaruan Windows: Karena Forza Horizon 5 adalah produk Microsoft, game ini mungkin tidak bisa dibuka jika sobat belum memperbarui (Update) Windows 11 ke versi terbaru. Ternyata game ini sangat bergantung pada komponen terbaru yang diluncurkan oleh Microsoft setiap kali mereka merilis pembaruan.

4. Windows Store: Pada Toko Windows mungkin macet dalam satu lingkaran atau mungkin tidak berfungsi. Forza Horizon 5 dapat diinstall dari Store jadi jika tidak berfungsi, game juga tidak akan bisa dibuka. 

5. Akun lokal: Kami juga mendapat beberapa laporan pengguna yang menunjukkan bahwa akun lokal memiliki masalah sedangkan akun Microsoft di PC tidak. Mirip kasus Forza Horizon 4 dulu.

Perangkat lunak antivirus: Software antivirus yang berbeda bisa saja kemungkinan menandai Forza Horizon 5 sebagai positif palsu, sehingga memblokir operasinya.

6. File Corrupt: Permasalahan paling besar yang umum terjadi pada aplikasi dan game di PC itu File yang corrupt atau rusak. Entah karena saat proses install ada jaringan internet yang bermasalah atau bagaimana. 

Permasalahan tadi juga meliputi Forza Horizon 5 patah-patah, Force Close, keluar sendiri, notifikasi activation required, lag, tidak ada suara, dan muncul "Has Stopped Working". 

Ada banyak alasan berbeda mengapa game Forza Horizon 5 tidak bisa dibuka di PC dan Xbox. Kami akan mulai dengan yang paling mudah dan turun ke bawah. Pastikan sobat masuk sebagai administrator dan memiliki koneksi internet terbuka yang aktif.

Install Aplikasi Apa Saja di Microsoft Store

Toko Microsoft dikenal tidak stabil dan masuk ke semua jenis bug dan masalah. Karena Forza Horizon 5 terhubung dengan Windows Store, jika Store tidak berfungsi dengan baik, game juga tidak akan bisa dibuka. 

Banyak pengguna melaporkan bahwa menginstal aplikasi lain dari Store langsung bisa memperbaiki masalah mereka. Tampaknya menginstal aplikasi baru memaksa Microsoft Store untuk terhubung ke servernya. Karenanya perbaiki masalah koneksi yang seharusnya dilakukan secara pasif tanpa campur tangan pengguna. 

Buka Microsoft Store dan unduh serta instal aplikasi apa pun di komputer sobat. Ini akan memaksa toko untuk bekerja kembali. Setelah aplikasi diinstal, coba jalankan Forza Horizon 5 lagi dan periksa apakah masalah telah teratasi.

Reset Microsoft Store

Jika metode di atas tidak bisa memperbaiki Windows Store dan Forza Horizon 5 tidak bisa dibuka, kami dapat mencoba mengatur ulang konfigurasi sementara Windows Store secara manual dan melihat apakah ini berfungsi. Pastikan sobat masuk sebagai administrator di akun kalian.
  • Tekan Windows + S, ketik "command prompt" di kotak dialog, klik kanan pada aplikasi dan pilih Run as administrator. 
  • Sekarang ketik perintah "Wreset.exe" di jendela dan tekan Enter.
  • Proses ini mungkin memakan waktu. Pastikan sobat membiarkannya selesai sebelum memulai ulang komputer PC / Laptop dan Xbox. 
  • Setelah restart, coba buka game dan periksa apakah masalah telah teratasi.

Menonaktifkan Antivirus

Meskipun perangkat lunak Antivirus dimaksudkan untuk membuat PC tetap aman, mereka terkadang dapat salah mengira program 'baik' dan menandainya sebagai program jahat. Sehingga ini menjadi penyebab kenapa Forza Horizon 5 tidak bisa dibuja.

Fenomena ini disebut positif palsu. Tampaknya beberapa perangkat lunak Antivirus seperti AVG, Avast, Smadav dll. salah menandai Forza Horizon 5 dan tidak membiarkannya berjalan. 

Karenanya sobat harus mencoba menonaktifkan aplikasi Antivirus kalian di PC. Setelah menonaktifkan Antivirus, restart komputer dan coba lagi buka gamenya. Jika menonaktifkan Antivirus tidak berhasil, sobat dapat mencoba uninstall dan melihat apakah itu berhasil mengatasi Forza Horizon 5 error tidak terbuka.