100 Fakta Huening Bahiyyih Kep1er Unik Wajib Diketahui

Huening Bahiyyih Kep1er mungkin jadi satu kontestan Girls Planet 999 yang paling menjadi sorotan. Ia banyak dihujat oleh netizen Korea Selatan dan fans K-Pop internasional karena tiba-tiba meraih peringkat kedua dalam ajang survival gelaran Mnet tersebut. 

Padahal, menurut warganet, selama dua bulan lebih lamanya Girls Planet 999 berlangsung sama sekali tidak ada nama Huening Bahiyyih dalam peringkat 9 besar perolehan hasil voting sementara. Mereka pun heran mengapa Bahiyyih mendadak dapat lonjakan vote hingga naik ke rank 2. 

Terlepas dari semua kontroversi yang ada, hasil akhir tidak dapat diganggu gugat. Mungkin memang ekspektasi publik terlalu tinggi terhadap kontestan lain sehingga mereka melupakan bahwa ada satu peserta yang memiliki dukungan penuh juga dari penggemarnya. 

Sebagai penonton dan penikmat acaranya, kita hanya bisa pasrah menerima itulah hasilnya. Ucapkan selamat kepada Huening Bahiyyih lebih baik dari pada menghujatnya karena kalau pun ada kasus kecurangan, jelas bukan salah Bahiyyih. Ia justru bisa berstatus sebagai korban seperti member IZ*ONE dalam isu Produce 48. 

fakta huening bahiyyih pre debut foto

Tapi kalau menurut saya melihat antusiasme dan besarnya basis penggemar (fanbase) Huening Bahiyyih maka tidak heran kalau dia merangkak naik ke posisi 2 dalam babak final Girl Planet 999. 

Begitu mengetahui Huening Bahiyyih diserang habis-habisan oleh netizen, penggemarnya langsung angkat tameng dengan solid dan tangguh untuk terus melindungi idola mereka dari hujatan. 

Lantas, apakah sobat penasaran dengan Bahiyyih? Yuk simak biografi lengkapnya di profil, biodata dan fakta Huening Bahiyyih Member Kep1er yang jadi runner-up Girls Planet 999. 

Profil Biodata Huening Bahiyyih

Nama asli dia adalah Bahiyyih Jaleh Huening. Nama lainnya ialah Jung Bahiyyih, biasa dipanggil dengan Hiyyih. 

Bahiyyih lahir di Hawaii, Amerika Serikat pada Juli 2004. 

Tinggi badan Huening Bahiyyih itu 166 cm, dengan berat badannya 45 kg (99lbs). 

Golongan Darah dia AB.

Horoskop atau Zodiak Huening Bahiyyih ialah Leo.

Huening Bahiyyih punya saudara laki-laki yakni bernama Kai Kamal Huening alias Hueningkai yang juga berprofesi sebagai anggota boyband TXT. 

Ia juga memiliki kakak perempuan bernama Jung Lea alias Lea Navvab Huening yang kini jadi Selebgram, model, YouTuber, dan aktris. 

Latar belakang keluarga Huenung Bahiyyi memang dari kalangan seniman. Dalam keluarganya ada yang jadi pelukis, penyanyi, penari, member boyband, produser musik, pemain biola profesional. 

Bahiyyih menjadi anggota keluarga termuda untuk penyanyi keturunan Brazil - Amerika, Nabil David Huening yang menikah dengan wanita Korsel, Jung Yeonju. 

Kakaknya yaitu Lea dan Kai sudah lebih dulu debut & menjadi idol di Korea. Lea debut dalam VIVA di tahun 2017 sementara Kai melangsungkan penampilan debutnya bersama boygroup TXT.

Tipikal kepribadian MBTI Huening Bahiyyih adalah ESFJ. 

Hobi Bahiyyih kesehariannya suka mendekorasi buku diary dan dia juga sering berbelanja. 

Skil atau keahlian yang melekat pada diri Huening Bahiyyih adalah Menari. 

Motto dia dalam program Girls Planet 999 adalah: "Penuh energi, Pokemon Charmanded yang agung!". 

Bahiyyih merupakan narator bahasa Inggris dalam pembukaan kategori Worldwide Fans Choice di ajang Mnet Asian Music Awards 2020 silam. 

Etnis Bahiyyih ialah Polandia, Jerman dan Britania Raya dari ayahnya yang sebenarnya orang Amerika Serikat tapi lahir di Brasil, sementara Korea dari ibunya yang orang Asia. 

Jadi yang termuda di antara tiga bersaudara. 

Poin menarik secara fisik dari Bahiyyih adalah hidung mancung. 

Trivia dan Fakta Unik Huening Bahiyyih

Menurut pembawa acara atau MC Girls Planet 999 yakni Yeo Jin Goo berkata bahwa Huening Bahiyyih mendadak populer dan mendapatkan peringkat teratas dalam perolehan pemungatan suara di 115 negara berbeda. 

Argumen fanbase Huening Bahiyyih menyebutkan idola mereka telah menunjukkan perkembangan signifikan sepanjang berlangsungnya program GP 999. 

Mereka juga menyangkal adanya bantuan dari saudara laki-laki Huening Bahiyyih, melainkan murni berkat talenta, bakat, kemampuan & skil individu yang membuatnya melaju sampai debut. 

Huening Bahiyyih memang gadis berbakat. Dia multilingual alias bisa paham dan fasih berbicara bahasa Inggris, Portugis, Spanyol, Korea, Mandarin, dan Prancis. 

Agensi besar seperti JYP, SM Entertainment, Cube, Play M, YG, dan Belift pernah berebut mendapatkan tanda tangan kontrak profesional Huening Bahiyyih. 

Dia lolos dalam sembilan audisi berbeda. Ya, ikutan audisi di perusahaan agensi ternama dan semuanya sepakat berkata Bahiyyi lulus. 

Bahiyyi sempat jadi trainee untuk agensi Cube Entertainment sebelum akhirnya berpindah ke Play M dan dikelola oleh WAKEONE yang menaungi Kep1er hingga kini. 

Penonton kecewa dan mempertanyakan Mnet kenapa Huening Bahiyyih. Tidak sedikit yang menyebutkan mereka ingin Su Ruiqi, Kawaguchi Yurina, Kim Bora atau Fu Yaning yang debut bersama Kep1er. 

Dikenal sangat ramah terhadap semua kontestan, Bahiyyih mudah berbaur dan mendapatkan teman baru. Ia bahkan tidak segan berbagi ilmu yang dikuasainya.

Hobinya menari menjadi berkah tersendiri buat Huening Bahiyyih karena dia bisa lebih siap ketika tampil nanti bersama Kep1er. 

Bahiyyih mengaku banyak belajar koreografi, ilmu tarian dari berbagai sumber dan media yang berbeda. Ia bahkan suka menonton MV girlband/boyband Kpop terkenal buat cari referensi. 

Huening Bahiyyih dikenal sangat disiplin dibanding anggota Kep1er lainnya menurut Sensei atau guru koreografer. Tiap jadwal latihan dia selalu datang lebih awal buat pemanasan. 

Dia sangat menyukai jenis film bergenre misteri, drama dan romantis. 

Bahiyyih mengatakan kalau orang tuanya tidak pernah memaksa anak-anaknya mau jadi apa jika sudah besar. Tapi orang tuanya berharap semua anaknya bisa menjadi manusia yang berguna makanya mereka mendukung selalu keputusan yang diambil semua anaknya itu. 

Tahukah sobat, Huening Bahiyyih mengididolakan Jessica Jung SNSD dan Ariana Grande Ia juga terinspirasi berkarir seperti penyanyi solo, IU. 

Bahiyyih sangat benci dengan kemalasan, tidak ada antusiasme dan kerja keras dalam suatu hal yang padahal sangat diinginkan.

Makanan favorit Huening Bahiyyih itu Kimchi Jjigae dan Greek Yoghurt. Sebuah minuman fermentasi Yogurt asal Yunani. 

Bahiyyih sangat suka warna biru dan putih yang merepresentasikan dirinya. 

Huening Bahiyyih sering bermain video game. Tapi dia enggan menyebut dirinya seorang gamers karena ia main sebagai pemain casual mengisi kekosongan waktu saja.

Walau punya sifat pendiam, tapi kata Shen Xiaoting sebenarnya Bahiyyih sangat asik diajak bicara berbagai topik. Keduanya pernah mengobrol hingga 4 jam non-stop. 

WakeOne dan Swing Ent menaungi Kep1er. Berdasarkan pengakuan Huening Bahiyyih, dua perusahaan ini membantu mengubah cara pandangnya terhadap industri hiburan K-Pop yang keras. 

Kini Bahiyyih beserta delapan orang member lainnya yakni Choi Yujin, Xiao Ting, Kim Dayeon, Kim Chaehyun, Ezaki Hikaru, Sakamoto Mashiro, Seo Youngeun, Kang Yeseo, akan terikat kontrak sepanjang 2,5 tahun. 

Bahiyyih berharap & tidak ingin Kep1er bubar seperti IZONE usai dua setengah tahun berkiprah. 

Dia juga jadi salah satu anggota Kep1er dengan jumlah fansite & fanblog terbanyak. Huening Bahiyyih suka membaca fan letter kiriman fansnya. 

Huening Bahiyyih dikenal sebagai murid cerdas dan berprestasi di sekolahnya. Ia tidak pernah mendapatkan ranking lebih dari peringkat 10 besar. 

Kisah Asmara dan Pacar

Saat SMP, Bahiyyih pernah mengatakan kalau dia sempat punya pacar yang menurutnya tampan. Tapi ia dikhianati atau diselingkuhi. 

Sejak saat itu Huening Bahiyyih enggan berpacaran karena menurutnya bakal merusak fokus & konsentrasi kalau lagi bertengkar dengan pasangan. 

Kedua orang tua Bahiyyih sangat ketat memantau anaknya yang pacaran. Jika ada salah satu dari mereka yang punya kekasih, maka ayahnya ingin berkenalan lebih dalam. 

Bahiyyih tidak ingin berbicara pernikahan sebab kata dia masih terlalu dini, wajar saja perjalanan karirnya bakal sangat panjang mengingat usianya sangat muda. 

Ada seorang pria asal Seoul yang sempat viral karena mengaku pernah jadi pacar Huening Bahiyyih Kep1er pada tahun 2017-2018. 

CEO JYP pernah mengatakan kepada Bahiyyih: "Saya suka dance kamu. Kamu memberikan energi yang berbeda dari pada kontestan lain."

Video penampilan Huening Bahiyyih di program Girls Planet 999 sempat menempati puncak trending topik Naver Top 100. 

Dia merupakan seorang fan girl SNSD. 

Wajah cantik Bahiyyih dipuji banyak member boyband. Tidak sedikit yang berkata bahwa dia beda dan unik. 

Pesona Huening Bahiyyih tidak tertandingkan. Sesama member Kep1er saja pada memujinya.

Nah, itu dia semua profil, biodata dan fakta Bahiyyih Kep1er sejauh ini. Nanti kita bakal tambahin lagi kok kalau sudah ada yang baru. Pastinya sobat mulai menyukai Huening Bahiyyih kan karena dia unik dan berbeda dari yang lain.