Cek Fakta: Fahsai CGM48 Keturunan Indonesia?

Lagi ramai sobat wota bicarakan member AKB48 Group asal Chiang Mai yakni Fahsai CGM48 keturunan Indonesia katanya. Entah siapa yang memulai kehebohan ini, namun sudah terlanjur menyebar ke berbagai media sosial. 

Dalam berita yang beredar disebutkan Fahsai Tirada Prasankit merupakan satu-satunya anggota 48 Group luar JKT48 yang punya darah keturunan Indonesia. Dia adalah anggota termuda di BNK48-CGM48 kala itu. 

fahsai cgm48 fam48ina

Pada unggahan yang sama menyebutkan juga bahwa Fahsai fasih berbahasa Indonesia berkat ayahnya bernama Farhan Susanto yang menetap di Thailand sejak tahun 70'an. Postingan itu menuliskan Fahsai melalukan siaran Live pada Maret. 

Live Streaming katanya dilakukan di aplikasi iAM48 yang merupakan buatan manajemen BNK48 Group pengelola BNK dan CGM48. Kata penyebar berita itu, Fahsai menjawab pertanyaan dari fans asal Indonesia. 

Fahsai CGM48 Tidak Ada Kaitannya dengan Indonesia

Setelah tim pencari fakta kami menyelidiki bahwa apakah benar Fahsai CGM48 keturunan Indonesia, faktanya tidaklah demikian. Unggahan itu bersifat hoaks, informasi yang disampaikan juga salah. 

Nama asli Fahsai adalah Phattaratida Chongprasankiat, bukan Fahsai Tirada. Ia juga tidak punya keturunan Indonesia, ayahnya juga asli orang Thailand. Dia belum pernah berbicara bahasa Indonesia sepatah kata pun.

Postingan hoax itu diupload oleh salah satu Fanpage Facebook bernama FAM48INA. Kita tunggu apakah akan diedit postingannya?

Untuk sobat wota, mencari informasi resmi terkait AKB48 Group haruslah lebih teliti dan sebaiknya memilih situs web berita terakreditasi Dewan Pers dan punya legalitas hukum untuk dianggap sebagai media atau PT, layaknya detik.com / kompas.com / cnnindonesia / viva News, dll. 

Atau kalau mau mengikuti fanblog 48 Group berbahasa Inggris di web www.akb48.at / neotokyo2099.com / aramajapan.com / tokyohive, mereka cukup kredibel.

Sebagai info tambahan, hindari juga menelan informasi mentah-mentah apalagi dari media sosial rawan hoaks seperti Facebook dan Twitter. Sekarang zaman sudah lebih maju, mungkin Instagram lebih ketat penyaringannya.

Makanya orang lebih suka cari informasi di IG, kalau fanpage tidak jelas untuk mencari Likes memang sebaiknya dihindari ya sobat wota. Kita sudah bahas artikel tentang: Fanblog dan Fansite AKB48 Group terbaik, buat referensi kalian juga. 

Lebih bagus lagi kalau sobat wota pantengin web berita AKB48 Group berbahasa Inggris, contohnya AKB48.at yang dikelola oleh orang Jerman agar tidak ada lagi kejadian info seperti Fahsai CGM48 keturunan Indonesia.