Perbandingan MediaTek Dimensity 810 Setara dengan Snapdragon Berapa?

mediatek dimensity 810 setara snapdragon

MediaTek Dimensity 810 setara Snapdragon berapa ya kira-kira? Pada artikel ini sobat akan menemukan jawaban lengkap beserta detail perbandingan Dimensity 810 dengan salah satu chipset unggulan Qualcomm Snapdragon. 

Kami melakukan perbandingan dengan adil, uji coba keduanya, serta skor AnTuTu yang dihasilkan. Mendetail tanpa adanya keberpihakan, memang persaingan Chipset di industri smartphone makin memanas belakangan ini. 

Kelebihan dan Keunggulan MediaTek Dimensity 810

Namun sebelum itu, kita kenal lebih dalam dulu mengenai chip MediaTek Dimensity 810 yang baru saja dirilis. Memang salah satu fitur yang terasa perbedaan dari chipset Flagship MediaTek sebelumnya ialah kehadiran konektivitas 5G. 

Mereka telah mendefinisikan ulang pengalaman smartphone 5G mainstream dengan teknologi kelas unggulan. Dimensity 810 dibuat dengan performa luar biasa, tampilan premium, dan kamera terbaik untuk situasi apa pun, semuanya dalam desain chip fabrikasi 6nm (nanometer) terdepan yang meningkatkan standar masa pakai baterai ponsel berjaringan 5G. 

Hemat Daya Berkat Fabrikasi 6 Nanometer

Sebelumnya hanya digunakan untuk membuat chip 5G kelas unggulan, MediaTek telah membawa proses produksi 6nm terkemuka TSMC ke chip smartphone 5G mainstream dengan Dimensity 810. 

Teknologi 6nm adalah salah satu yang paling hemat daya yang tersedia di dunia, memberikan peluang baru bagi merek ponsel Android untuk smartphone 5G yang tertipis dan teringan Smartphone 5G yang pernah ada. 

Dukungan MediaTek HyperEngine 2.0

Intelligent Resource Management Engine: Peningkatan efisiensi daya untuk gameplay yang lebih lama Manajemen CPU, GPU, dan memori yang cerdas dan dinamis sesuai dengan pengukuran aktif faktor daya, termal, dan gameplay.  

Performa yang lebih lancar di mesin game yang lumayan berat, frame yang menuntut kinerja prosesor lebih kers, dan gameplay yang intens. 

Mesin Jaringan: Peningkatan konektivitas yang memberikan respons lebih cepat dan gameplay yang lebih andal untuk memastikan Anda selalu terhubung ketika bermain game online, mengurangi tingkat Ping yang cenderung tinggi. 

Fitur Smart Switch antar jaringan 5G/4G. 
Prediksi cerdas konkurensi Wi-Fi & 5G. 
Panggilan & Konkurensi Data di 5G: Cukup tunda panggilan saat dalam game tanpa mengharuskan koneksi data 5G terputus. 

Dimensity 810 adalah platform chip tunggal dengan modem 5G yang terintegrasi penuh. Dikombinasikan dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave eksklusif, Dimensity 810 memberi pengguna konektivitas 5G yang sangat hemat daya. 

Performa Jaringan 5G Lebih Cepat

Dimensity 810 mendukung CA 2CC yang mencakup spektrum hingga 120MHz, termasuk koneksi FDD+TDD dupleks campuran. 

5G-CA memungkinkan kecepatan rata-rata yang lebih tinggi dan pengalihan yang mulus antara dua area koneksi 5G di seluruh lapisan cakupan, di mana pengguna menerima cakupan lapisan throughput lebih dari 30% lebih besar daripada tanpa CA. 

Dual SIM 5G

Melanjutkan kepemimpinan dual SIM MediaTek sejak 2008, Dimensity 810 menyediakan Dual SIM 5G untuk pengguna smartphone 5G mainstream, memungkinkan akses ke layanan panggilan VoNR premium dari salah satu koneksi kapan pun mereka membutuhkannya. Lanjutkan membaca untuk mengetahui MediaTek Dimensity 810 setara dengan snapdragon berapa. 

Kinerja Prosesor dan CPU yang Meningkat

Dengan frekuensi CPU hingga 2,4 GHz – 20% lebih cepat dari generasi sebelumnya – dan memori yang lebih cepat serta dukungan penyimpanan UFS dibandingkan chip 5G mainstream lainnya, Dimensity 810 memberikan pengalaman luar biasa dalam respons aplikasi yang lebih cepat, lebih banyak FPS dalam game, dan pengalaman terhubung yang lebih lancar. 

Mendukung Layar 120Hz

Pembuat perangkat atau produsen smartphone dapat menawarkan ponsel 5G yang menarik dengan tampilan FullHD+ resolusi tinggi yang tajam hingga 120Hz. 

Layar ultra-responsif ini memberikan pengalaman pengguna yang sangat mulus, baik itu mengurangi kekaburan gerakan dalam game atau pengguliran halaman web dan animasi yang lebih mulus di aplikasi.  

Peningkatan Kamera untuk Foto dan Video Saat Malam Hari

Kalau Anda lebih suka mengambil foto besar dan detail, gambar makro close-up, bidikan panorama ultra lebar, atau foto potret luar biasa dengan bokeh, produsen HP memiliki kebebasan untuk membuat berbagai macam smartphone multi-kamera yang ditenagai oleh Dimensity 810. 

Bekerja sama dengan Arcsoft, MediaTek telah menghadirkan AI-Color baru ke smartphone 5G mainstream, memungkinkan lebih banyak orang mencoba gaya pengambilan artistik yang unik ini. 

Pengurangan Kebisingan Tingkat Lanjut (MFNR & MCTF).  Akselerasi perangkat keras untuk dual kamera & persepsi kedalaman. Penyempurnaan AI-color & AI-bokeh. Kamera hingga 64MP. Mesin pengenalan wajah khusus (Face Recognition Engine). 

Perbandingan MediaTek Dimensity 810 vs Snapdragon

Setelah melihat keberagaman fitur lengkap MediaTek Dimensity 810, maka kami membandingkannya dengan Qualcomm Snapdragon 765G yang hampir setara di pasaran dan secara spesifikasi. 

MediaTek Dimensity 810 setara dengan Snapdragon 765G namun agak lebih unggul sedikit untuk performa CPU baik single dan multi-core yang punya total skor 113696. Soal ketahanan baterai, Dimensity 810 menang dengan skor 82 artinya lebih hemat. 

Skor AnTuTu 9 MediaTek Dimensity 810 unggul juga dalam perolehan UX atau User Experience (Pengalaman Penggunaan) dengan skor 105966 dibanding Snapdragon 765G yang hanya 92217. Sehingga total skor AnTuTu Dimensity 810 adalah 376869, Snapdragon 765G skornya 361222. 

Bicara soal gaming, MediaTek Dimensity 810 support 60 Fps settingan Ultra Mobile Legends, atau 60Fps High PUBG, dan 48 fps Ultra di Call of Duty terbantu dengan GPU Mali-G57 MC2. 

Itulah perbandingan MediaTek Dimensity 810 setara dengan Snapdragon berapa? Jawabannya sudah dijelaskan secara rinci, sekarang pilihan kembali ke tangan konsumen yang berhak menentukan apa yang mau mereka beli tergantung selera.