31 Langkah Membuat Vending Machine di Minecraft Mudah

cara membuat vending machine minecraft

Tutorial bagaimana cara bikin Vending Machine Minecraft dengan atau tanpa mod semua versi build kini dapat dilakukan secara mudah. Baik untuk sobat gamers yang bermain di PC, HP Android, iOS / iPhone, Xbox One Series, PS5 atau PS4.

Salah satu alasan kuat popularitas Minecraft yang begitu solid di antara para pemainnya ialah kebebasan kreativitas yang diberikan developer kepada mereka. 

Game arcade yang sangat disukai semua kalangan ini memberi pemain sebuah lahan yang tidak terbatas untuk mendapatkan semua yang mereka butuhkan dan membangun item.

Mulai dari membangun struktur sesuai keinginan mereka contohnya. Salah satu struktur atau mesin yang agak sulit dibuat oleh pemain adalah mesin penjual otomatis atau Vending Machine. 

Berikut adalah tutorial detail dan langkah terperinci mendasar & sederhana cara membuat vending machine di Minecraft. 

Bahan untuk Membuat Vending Machine di Minecraft

Sebagai permulaan, sobat harus menyiapkan seluruh bahan yang diperlukan supaya proses pembuatan mesin penjual otomatis ini bisa berjalan dengan lancar dalam game. Berikut bahannya:
  • 10 obor batu merah 
  • 4 bingkai item / bingkai cahaya
  • 2 pembanding batu merah 
  • 3 lempengan
  • 26 debu batu merah (Redstone Dust)
  • 4 penetes (Dropper)
  • 23 emeralds
  • 3 peti 
  • 4 tombol 
  • 8 gerbong
Setelah semua yang dibutuhkan sudah siap, sekarang ambil kopi dan cemilan supaya tidak mudah bosan. Tenang saja, Kibezaka bakal terus memandu sobat untuk lanjut membuat vending machine Minecraft sampai selesai sepenuhnya. 

Langkah Membuat Vending Machine di Minecraft

1. Gali tanah dengan ukuran sekitar lebar 5 balok saja, panjang 7 balok, dan menggalinya lagi kedalaman 3 balok. 

2. Jangan lupa pasang wol warna-warni dengan menghilangkan rumput hijau dari tanah. 

3. Pasangkan dua balok di wol merah dan satu blok tambahan di balok sisi kiri dan di sebelah kanan, posisikan pembanding batu merah. 

4. Posisikan sekitar dua peti pada balok putih dan pada pembanding. 

5. Pasang lagi peti di sudut kanan atau di atas wol hitam lalu letakkan dua gerbong (Hoppers) yang seharusnya dihubungkan dengan peti. 

6. Sekarang, sambungkan kedua hopper dengan posisinya secara vertikal ke komparator dan peti penerima masing-masing. 

7. Tempatkan 2 balok lagi di depan balok wol merah. 

8. Kemudian letakkan debu batu warna merah di atasnya, sambungkan ke komparator, dan pasang obor batu merah ke balok yang ada di kanan. 

9. Buka hopper item yang terhubung ke komparator. 

10. Tempatkan 19 Emerald di ruang tersisa, yaitu, baris pertama, di sudut kanan. 

11. Sobat akan memiliki sisa item 18 di sana dan yang satu akan dipasang di peti pembayaran secara otomatis, kan namanya Vending Machine (Mesin Penjual Otomatis). 

12. Tempatkan tidak lebih dari tiga batang kayu di sebelah kanan hopper peti ganda penyambung. 

13. Lalu pasang 3 balok kayu persis di sebelah kiri peti itu. 

14. Tambahkan 4 tombol/kancing dari atas ke sisi depan tiang-tiang kayu gelondongan. 

15. Jangan lupakan tambahkan obor sisanya tepat di bagian belakang tombol yang ditempatkan di pilar. 

16. Pasang lagi balok di depan gerbong/hopper yang ditempatkan di sisi kiri peti pembayaran vending machine. 

17. Selanjutnya kembali memasang komparator di balok lainnya. 

18. Sekarang saatnya untuk menempatkan satu balok lagi di ruang untuk melanjutkan dan obor redstone juga dipasang. 

19. Tambahkan satu blok pada obor redstone dan letakkan satu lagi di diagonal.

20. Pasang penetes/dropper yang sudah terhubung dengan obor batu merah yang terpasang di atas pada kedua pilar yang menghadap ke dalam. 

21. Berjongkok dan pasang balok tepat di bawah dropper. Sekali lagi, untuk letakkan penetes di bawah balok yang terpasang dan kali ini dropper akan terhubung ke obor batu merah paling bawah di pondasi kayu. 

22. Ambil dua lempengan dan letakkan sejajar dengan peti penerima. Berikutnya tambahkan 1 balok lagi di lempengan yang ada. 

23. Kembali pasang 1 balok pada kedua dropper yang menghadap ke dalam. Hubungkan debu redstone dust. 

24. Komparator yang terhubung ke balok (dan tersambung ke hopper), letakkan balok tepat di atasnya dan tambahkan debu redstone dust di atasnya. Pasang juga obor redstone ke balok yang disebutkan di atas, menghadap ke arah hopper. 

25. Lanjut sobat, sekarang kita menambahkan debu redstone pada hopper yang menyambung ke sebuah peti pembayaran. 

26. Pasang lempengan dan debu redstone di atasnya. Sekarang, sobat harus menambahkan lempengan-lempengan itu di antara penetes/dropper dan hopper yang diletakkan di bagian bawah pilar kayu. 

27. Tambahkan satu hopper lagi ke hopper yang sudah sobat tambahkan sebelumnya ke peti penerima. 

28. Selanjutnya, letakkan balok-balok dengan lempengan yang memiliki debu batu merah (redstone) dan letakkan obor batu merah menghadap ke arah bagian dalam dan obor itu akan padam. 

29. Tambahkan balok untuk lanjutkan dari blok dengan debu redstone yang ditempatkan di bagian sisi peti pembayaran. Sekarang, hubungkan debu redstone ke seluruh balok yang telah ditempatkan pada langkah di atas tadi. 

30. Hubungkan 4 hopper dengan dropper dan peti penerima di antara droppers dan tutupi pakao arena dengan kaca sehingga barang yang akan keluar tidak berantakan ke mana-mana. 

31. Kumpulkan semua item yang sobat inginkan dari mesin ini. Masukkan barang-barang yang sudah dikumpulkan itu ke dalam dropper. Sekarang, tutupi seluruh struktur sesuai keinginan kalian. 

Demikian panduan sederhana cara membuat Vending Machine di Minecraft, membutuhkan konsentrasi penuh dan fokus sekaligus melatih kedua hal tersebut buat kalian yang kebingungan tinggal ulangi langkah di atas dengan teliti lagi.