MediaTek Helio G88 Setara dengan Snapdragon Berapa?

mediatek helio g88 setara snapdragon berapa

Perbandingan MediaTek Helio G88 Setara Snapdragon Berapa ya kira-kira? MediaTek meluncurkan chipset Helio G88 yang sudah mendukung teknologi canggih layar 90Hz dan mendukung HyperEngine 2.0 Lite. 

Dengan adanya layar 90hz akan untuk mendukung gamers mendapatkan pengalaman bermain game menyenangkan dan super lancar atau smooth di smartphone. MediaTek Helio G88 juga telah supprt prosesor Octa-core CPU dengan dua Arm Cortex A-75 di 2GHz. 

Keunggulan MediaTek Helio G88 ini membuatnya dapat mengaktifkan reaksi responsif dalam multitasking, loading super cepat ketika buka aplikasi, serta berpengaruh dalam tingkat kejernihan hasil foto di kamera. 

MediaTek Helio G88 Setara Snapdragon Berapa?

Sebelum mendalami lebih lanjut kita ulas dulu spesifikasi lanjutan MediaTek Helio G88 dan membandingkannya dengan chipset milik Qualcomm yang setara atau hampir sama persis. 

MediaTek Helio G88 sudah didukung resolusi kamera maksimal 64MP, dan unlock multi-camera di smartphone. Kombinasi lensa wide-angle, macro, teleskop dan lensa utama secara bersamaan. 

Membangun generasi unggul dalam fotografi, Helio G88 mencakup banyak akselerator perangkat keras, termasuk mesin kedalaman perangkat keras untuk pengambilan efek blur background dua kamera, Unit Pengontrol Kamera (CCU), Teknologi Stabilisasi Gambar Elektronik (EIS) dan Rulling Shooter Compensation (RSC). 

Teknologi generasi MediaTek HyperEngine 2.0 lite Intelligent Resource Management Engine: memastikan kinerja yang berkelanjutan dan gameplay yang lebih lancar yang bertahan lebih lama. 

Manajemen CPU, GPU, dan memori yang cerdas dan dinamis sesuai dengan pengukuran aktif faktor daya, termal, dan gameplay. 

Performa yang lebih lancar di mesin game yang memuat beban berat, jika sebuah game ada Frame yang berat, dan gameplay yang intens. 

Penghematan Tinggi Daya FPS menggabungkan peningkatan perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengurangi konsumsi daya selama adegan game FPS yang tinggi, memperpanjang masa pakai baterai tanpa mengorbankan pengalaman pengguna.

Perbandingan MediaTek Helio G88 vs Snapdragon 665

Dalam kasus ini, MediaTek Helio G88 layak dikomparasi dengan Qualcomm Snapdragon 665. Mulai dari segi harga pasar chipset, sampai spesifikasi yang mirip dan paling mendekati antara keduanya. 

MediaTek Helio G88 setara dengan Snapdragon 665 bahkan sedikit lebih unggul dalam hal performa CPU baik single dan multi-core. Dalam hal frekuensi GPU, Helio G88 menang dengan 67%. 

Soal skor AnTuTu 8, MediaTek Helio mendapatkan hasil 192 ribuan dibandingkan Snapdragon 665 yang hanya menempati angka 174 ribu saja. Skor UX atau pengalaman pengguna dimenangkan Helio G88. 

Meski demikian ada sejumlah kekurangan MediaTek Helio G88, yakni efisiensi daya baterai yang tidak jauh beda dengan Snapdragon 665. Meski dirilis dua tahun setelahnya. 

Apakah HP dengan MediaTek Helio G88 layak dibeli seperti Infinix Hot 11 series dan Xiaomi Redmi 10? Kalau itu tergantung preferensi setiap pengguna, toh smartphone zaman sekarang hampir semuanya bagus di kelasnya masing-masing, cuma beda brand saja.