Cara Menghubungkan Headset Bluetooth di Nintendo Switch

Berikut tutorial bagaimana cara menghubungkan earphone Bluetooth ke Nintendo Switch. Kabar baik buat sobat gamers, karena pada update softwate versi terbaru, Nintendo mengumumkan bahwa akhirnya pemain bisa menikmati audio via Bluetooth. 

Nantinya pengguna bisa menyambungkan headset Bluetooth ke Nintendo Switch. Memang telat butuh waktu lebih dari 4 tahun penantian sejak perangkat edisi pertama mereka diluncurkan, tapi lumayan dari pada tidak ada sama sekali. 

cara menghubungkan headset bluetooth nintendo switch


Sinkronisasi Headset Bluetooth ke Nintendo Switch


Nintendo, melalui akun twitter Nintendo of America mereka (@NintendofAmerica), baru saja mengumumkan pembaruan besar untuk perangkat game genggam hit mereka, Nintendo Switch. 

Tentunya update ini akan memperkenalkan audio Bluetooth ke perangkat, yang akhirnya memungkinkan pemain untuk menghubungkan perangkat berkemampuan seperti earphone Bluetooth mereka ke Switch. 

Pengumuman itu disampaikan dengan tautan ke halaman dukungan yang secara khusus didedikasikan untuk fitur yang baru ditambahkan yang akan memandu pengguna tentang cara memanfaatkannya. 

Meskipun pembaruan mungkin tampak berpengaruh terutama untuk sistem tertutup seperti Nintendo, tetap penting untuk dicatat bahwa tambahan fitur terbaru ini masih memiliki keterbatasan. 

Pertama, hanya dua pengontrol nirkabel yang dapat dihubungkan ke Switch saat perangkat audio Bluetooth terhubung. Batasan ini mungkin akan memengaruhi pemain yang sering mengaktifkan "Mode Dock". 

Ini berlanjut ke poin penting berikutnya: Audio Bluetooth akan terputus selama komunikasi lokal, seperti saat memulai game dengan mode multiplayar nirkabel lokal. 

Cara Menghubungkan Earphone Bluetooth ke Nintendo Switch


Hingga dua Wireless Controller (Stik Switch) dapat terhubung ke sistem Nintendo Switch saat menggunakan audio Bluetooth. Sobat tidak akan dapat memasangkan pengontrol nirkabel tambahan hingga kalian memutuskan/disconnect sambungan perangkat audio Bluetooth. Audio Bluetooth akan terputus selama komunikasi lokal, seperti saat memulai game multiplayer.

1. Pastikan tidak lebih dari dua pengontrol nirkabel saat ini terhubung ke sistem Nintendo Switch kalian. Agar pairing berjalan normal.

2. Jika stik Switch perlu diputuskan, tahan Tombol SYNC pada pengontrol setidaknya selama satu detik. Sepasang Joy-Con dihitung sebagai dua pengontrol nirkabel. 

3. Nyalakan perangkat audio Bluetooth sobat entah Headset/Earphone/In-Ear Monitor dan atur ke status yang dapat dicari atau mode berpasangan. 

4. Ikuti petunjuk untuk perangkat audio Bluetooth spesifik tentang cara mengaktifkannya untuk disambungkan. 

5. Dari menu Nintendo Switch HOME, buka Pengaturan Sistem. 

5. Gulir ke bawah ke Bluetooth Audio, lalu pilih Pasangkan (Pair) untuk mencari perangkat audio Bluetooth yang tersedia dalam jangkauan. 

6. Mencari perangkat yang dapat dipasangkan dapat memakan waktu beberapa detik. 

7. Jika 10 perangkat telah terhubung atau terkoneksi ke satu Switch dan disimpan ke sistem, sobat harus menghapus setidaknya satu perangkat yang disimpan sebelum dapat menyambungkan yang baru. 

8. Pilih nama perangkat audio Bluetooth sobat saat ditemukan. 

9. Setelah terhubung, audio apa pun yang diputar akan dikeluarkan melalui perangkat Headset Bluetooth milik sobat, suara tidak lagi muncul di Nintendo Switch itu sendiri.

10. Pastikan untuk menyesuaikan volume sistem ke tingkat yang nyaman. Jika diinginkan, sobat juga dapat menurunkan volume headphone maksimum.

Cara Disconnect Headset Bluetooth di Nintendo Switch


Saat perangkat audio Bluetooth terhubung dan terkoneksi, sobat dapat langsung memutuskan sambungan dengan mematikan perangkat. 

Selain itu kalian juga dapat memutuskannya secara manual melalui Pengaturan Sistem Nintendo Switch menggunakan langkah-langkah di bawah ini. 

1. Dari menu Nintendo Switch HOME, buka Pengaturan Sistem (System Settings)

2. Gulir ke bawah ke Audio Bluetooth, lalu pilih nama perangkat sobat dari daftar perangkat yang disimpan. 

3. Pilih Putuskan Sambungan Perangkat

4. Setelah terputus, audio apa pun yang diputar akan dikeluarkan melalui speaker sistem atau audio TV, jika diputar dalam mode TV.

Beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan adalah bahwa latensi audio diharapkan untuk perangkat audio Bluetooth. 

Tergantung pada seberapa baik pembaruan ini diterapkan atau kualitas perangkat Bluetooth milik sobat, pengalaman setiap user mungkin berbeda. 

Selanjutnya Nintendo Switch dapat menyimpan maksimal 10 perangkat Bluetooth yang pernah terhubung, tetapi hanya satu yang dapat dipasangkan buat digunakan dalam satu waktu. 

Terakhir, mikrofon, baik yang terpasang di headphone sobat atau hanya mikrofon terpisah (Eksternal) tidak akan berfungsi di Nintendo Switch. Memakai headset Bluetooth di Nintendo Switch juga ada kelemahannya ya ternyata.

Terlepas dari fungsionalitas yang agak terbatas dari komponen Nintendo Switch yang baru ditambahkan ini, update Bluetooth Earphone masih merupakan tambahan yang sangat disambut jika seseorang mempertimbangkan alternatifnya: menggunakan speaker built-in yang biasa-biasa saja atau mengharuskan mereka memakai dongle USB. 

Pembaruan besar lainnya dalam patch versi 13.0.0 ini termasuk opsi "Update Dock" di bawah Pengaturan Sistem untuk Nintendo Switch dan Nintendo Switch - sistem Model OLED, "memungkinkan pembaruan perangkat lunak ke Nintendo Switch berlabuh dengan port LAN." 

Perbaikan bug dan sedikit perubahan kualitas Live Streaming pada konektivitasnya juga telah diperkenalkan seperti kemampuan untuk memeriksa apakah koneksi internet sobat menggunakan pita frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz. 

Lalu ada juga penambahan opsi untuk "Mempertahankan Koneksi Internet dalam Mode Tidur" yang akan memungkinkan pengguna untuk membiarkan perangkat mereka tanpa khawatir tentang unduhan konten game atau pembaruan perangkat lunak yang terputus. 

Perubahan ini sangat bertujuan untuk membuat Nintendo Switch semakin menarik karena tanggal rilis model OLED-nya semakin dekat dan benar-benar dinantikan oleh para Gamers di seluruh dunia. 

Itulah panduan bagaimana cara menggunakan Headset Bluetooth di Nintendo Switch cukup pairing perangkat audio terbaik punya sobat entah earphone, headphone atau in-ear wireless headset ke Switch.